SD5 Tema 7-3-5 Peristiwa Kehidupan – Peristiwa Mengisi Kemerdekaan


 

SD Kelas 5 Tema 7 Peristiwa Kehidupan –
Sub Tema 3 : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan.

Pembelajaran 5.

Kamu telah belajar membuat surat undangan resmi. Kali ini, kamu akan membuat sebuah surat undangan yang dipadukan dengan motif seni lukis daerah. Bagaimana hasilnya?

Mengisi kemerdekaan dapat kita lakukan dengan berbagai hal yang positif. Mengisi waktu dengan berlatih dan mengasah kreativitas dan keterampilan adalah salah satunya. Keterampilan yang didukung dengan kreativitas akan mampu menghasilkan karya atau produk-produk yang berkualitas, indah, dan berguna.

Masih ingatkah kamu apa itu undangan setengah resmi? Ingatlah kembali dan tuliskanlah di buku catatanmu !

Tentunya, kamu juga masih ingat bukan arti dan ciri seni lukis daerah itu. Tuliskanlah di tempat yang tersedia di bawah ini!

Kedua keterampilan ini, yakni keterampilan menulis surat undangan dan keterampilan melukis, jika dipadukan, akan menjadi sebuah karya yang indah dan menarik. Untuk memadukan kedua keterampilan ini, dibutuhkan kreativitas dan ketekunan yang baik.

Amati contohnya berikut ini!

Buatlah surat undangan setengah resmi dengan dihiasi lukisan daerah. Tema surat undangan yang dapat kamu pilih antara lain sebagai berikut.
1) Pertunjukan kesenian,
2) Pentas seni,
3) Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia,
4) Perlombaan olahraga,
5) Kerja bakti.

Ceritakan pengalamanmu membuat undangan yang dipadukan dengan seni lukis daerah pada kolom berikut!

Cerita Pengalamanku :

  • Nama kegiatan ?
  • Bagian yang paling menarik ?
  • Kesulitan yang dialami ?
  • Pendapat saya tentang kegiatan ini ?
  • Saya menyarankan/tidak menyarankan kegiatan ini karena.

Berbicara mengenai pengalaman, banyak peristiwa yang terjadi di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan bahan cerita.

Tahukah Kamu? Pernahkah kamu mengalami peristiwa berikut ini? Pada saat meminum air es, kamu akan menjumpai adanya titik-titik air di dinding tempat air es tersebut. Tahukah kamu bahwa titik-titik air tersebut terjadi karena adanya peristiwa pengembunan udara yang berada di sekitar tempat es tersebut? Udara mengalami peristiwa pengembunan karena udara di sekeliling gelas atau plastik melepaskan kalor atau panas kepada es di dalam wadahnya. Hal tersebut karena suhu udara di luar gelas atau plastik lebih besar atau tinggi dibandingkan dengan suhu es dalam gelas atau plastik.

Peristiwa pengembunan lain yang sering kita jumpai, yaitu ketika pada pagi hari, kita melihat ada titik-titik air di dedaunan. Sekitar rumah kita pun basah. Air sering menetes dari atas genting. Titik-titik air tersebut merupakan embun yang berasal dari uap air yang mengembun menjadi titik-titik air.

PERCOBAAN 1.

Mengamati perubahan wujud benda
Alat dan Bahan :
1) Es batu,
2) Gelas kaca,

Cara Kerja :
1) Siapkan alat dan bahan.
2) Masukkan es batu ke dalam gelas.

Pangamatan :
Amatilah perubahan yang terjadi pada es batu tersebut selama percobaan berlangsung dan catatlah dari waktu ke waktu.

Waktu : 1 Menit; 5 Menit; 10 Menit; 15 Menit; 20 Menit; 25 Menit.

Berbagai peristiwa telah kita alami. Peristiwa-peristiwa tersebut menjadi sebuah pengalaman bagi kita. Entah itu menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan. Orang bijak berkata bahwa “Orang yang beruntung adalah orang yang belajar dari pengalaman”. Kemukakanlah satu peristiwa atau pengalaman yang pernah kamu alami dan sebutkan pelajaran apa yang dapat kamu ambil dari peristiwa tersebut!

 

BACA JUGA :   Sejarah Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *