SD5 Tema 7-1-1 Peristiwa Kehidupan – Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

SD5 Tema 7 Peristiwa Kehidupan – Sub Tema 1 : Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.

Banyak peristiwa dalam kehidupan. Ada peristiwa pribadi, peristiwa keluarga, peristiwa masyarakat, bahkan ada juga peristiwa yang dialami oleh bangsa dan negara.
Peristiwa dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama, peristiwa yang menyenangkan (peristiwa yang membuat kita senang). Kedua, peristiwa yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih).

 

 

Amati gambar-gambar berikut!
Berikan tanda centang (V) pada peristiwa menyenangkan. Berikan tanda silang (X) pada peristiwa tidak menyenangkan.

  • Peristiwa Menang dalam Lomba : Menyenangkan.
  • Peristiwa sakit : tidak menyenangkan.
  • Peristiwa Jatuh dari sepeda : tidak menyenangkan.
  • peristiwa merayakan ulang tahun : menyenangkan.
  • peristiwa Rumah Kebanjiran : tidak menyenangkan.
  • peristiwa tamasya ke kebun binatang : menyenangkan.

 

Pembelajaran 1.

Tampak gambar Buah cengkih sebelum dikeringkan dan gambar Cengkih kering buah cengkih setelah dikeringkan.

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah- rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

 

  • Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah- rempah? Karena bangsa eropa ingin menguasai indonesia dan ingin memiliki Kejayaaan dan kekayaan, juga mereka ingin memiliki keuntugan besar dari rempah rempah yang mereka jual ke negara-negara asalnya.
  • Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa- bangsa Eropa? Sangat tinggi.karena bangsa indonesia kaya akan rempah2 selain itu rempah2 kaya akan khasiatnya untuk menghangatkan tubuh makanya bangsa eropa banyak yg datang ke indonesia untuk mengambil rempah2 tsb dan diolah menjadi minuman penghangat.
  • Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia? Dengan menguasai dan menjajah Indonesia maka bangsa eropah tadi bisa mengeruk kekayaan Indonesia pada masa itu.
  • Salah satu peristiwa tidak menyenangkan yang dialami oleh bangsa Indonesia adalah penjajahan yang berlangsung cukup lama.

Bersama ayahnya, Beni berkunjung ke kebun cengkih milik Pak Rudi. Kebun cengkih Pak Rudi sangat luas. Pohon cengkihnya pun banyak dan tumbuh subur. Sebagian besar pohon cengkih di kebun itu sudah memasuki masa panen.
Tahukah kamu hubungan antara cengkih dan penjajahan yang dialami oleh bangsa kita?

Cengkih memiliki banyak manfaat. Sebagai bumbu masak, cengkih digunakan dalam bentuk bunga utuh atau dalam bentuk bubuk. Cengkih juga dimanfaatkan oleh bangsa China dan Jepang sebagai dupa. Selain itu, minyak cengkih digunakan sebagai aroma terapi dan obat sakit gigi.
Pohon cengkih banyak manfaatnya sehingga menjadikannya bernilai ekonomis tinggi. Oleh karena itulah, cengkih merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang menjadi buruan bangsa-bangsa Eropa. Hal itu memicu terjadinya penjajahan di Indonesia.

Bangsa kita mengalami penjajahan cukup lama. Selama masa penjajahan, bangsa kita mengalami penderitaan akibat adanya penindasan.
Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, datanglah orang-orang Eropa yang mengadakan pelayaran samudra. Kedatangan orang- orang Eropa di Nusantara mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia. Namun, ketika orang-orang Eropa itu berusaha menguasai Nusantara, mereka mendapat reaksi keras berupa perlawanan-perlawanan di berbagai daerah.

Lalu, apa sebenarnya yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa tersebut datang ke Indonesia dan akhirnya menjajah bangsa Indonesia? Ayo, kita cari tahu faktor-faktor yang melatarbelakangi kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia!

Judul Bacaan : Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat.

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain sebagai berikut.

a, Adanya keinginan mencari kekayaan (gold).
Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Sekitar abad XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan memasak.

b, Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel).
Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

c, Adanya keinginan mencari kejayaan (glory).
Di Eropa, ada suatu anggapan bah- wa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negara- negara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak- banyaknya.

d, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang cepat seperti :
– Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas; Ditemukannya mesiu untuk persen- jataan.
– Senjata dapat digunakan untuk melindungi pelayaran dari ancaman bajak laut dan sebagainya.
– Ditemukannya kompas. Kompas digunakan sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk menentukan arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga jika angkasa tertutup awan, mereka tidak dapat meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

 

BACA JUGA :   SD5 Penjaskes Basket

1, Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat? Belanda, Inggris, Portugis.

2, Apa faktor yang melatar- belakangi bangsa Barat melakukan penjajahan di Indonesia? Mencari Kekayaan, Kejayaan, Menyebarkan Agama, Perkembangan Teknologi.

3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra? Abad 15.

4.Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia? Portugal mendarat di Malaka; Spanyol di Sumatera Utara; Inggris di Ternate dan Tidore; Belanda mendarat pertama kali di Banten.

5.Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra? teknologi perkapalan yang sudah maju dan ditemukan kompas; mencari kekayaraan, kejayaan, dan penyebaran agama.

6.Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan? Menderita karena hasil di bawa ke negara penjajah.

Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangku- mu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.

Ulasan Teks :

  • Judul teks
  • Bagian yang paling menarik
  • Informasi penting
  • Pendapat saya tentang teks ini
  • Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!

Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia.

  • Tahun kedatangan:
  • Tempat/Daerah:
  • Tujuan:
  • Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi:
  • Reaksi masyarakat

Kedatangan Bangsa Spanyol di Indonesia :

  • Tahun kedatangan:
  • Tempat/Daerah:
  • Tujuan:
  • Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi:
  • Reaksi masyarakat.

Kedatangan Bangsa Belanda di Indonesia :

  • Tahun kedatangan:
  • Tempat/Daerah:
  • Tujuan:
  • Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi:
  • Reaksi masyarakat.

 

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

Gold artinya : …

Gospel artinya …

Glory artinya …

 

Tuliskan pendapatmu mengenai Semboyan 3G tersebut.

Alasan: …
Setuju atau  Tidak Setuju …

Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa- bangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan … (menerima/ menolak) kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
Penjajah … (membantu/ menyengsarakan) kehidupan rakyat Indonesia.
Sikap para penjajah awalnya … (baik/ jahat). Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu …. (ramah dan suka menolong/menindas dan kejam).

Cengkih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak manfaatnya. Harganya pun cukup tinggi sehingga sampai kini masih banyak masyarakat yang membudidayakannya.
Untuk dapat mengambil manfaat cengkih secara maksimal, setelah dipetik, cengkih kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Selama proses penjemuran, terjadi perubahan warna pada cengkih, dari yang semula kuning dan merah menjadi hitam dan cokelat.

Pada proses pengeringan cengkih, terjadi perubahan benda yang disebabkan kalor (panas). Dari proses tersebut, kita ketahui pengaruh kalor atau energi panas (dalam hal ini sinar matahari) pada benda.
Pernahkah kamu mengamati benda-benda yang ada di sekitarmu? Benda- benda yang ada di sekitarmu memiliki sifat dan wujud yang berbeda- beda. Masih ingatkah kamu wujud-wujud benda? Tahukah kamu cara membedakannya? Salah satu cara membedakan wujud benda adalah dengan mengetahui sifat setiap benda itu.

 

BACA JUGA :   Materi Ramah Lingkungan - Ramling Kelas 5 SD

Judul Bacaan : Sifat-Sifat Benda.

Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas. Ketiganya memiliki sifat yang berbeda. Mengapa kamu perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifat- sifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita.

Salah satu wujud benda adalah padat. Kamu pasti memiliki banyak benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu dapat memegangnya, dapat memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat yang ada di sekitarmu dapat diubah dengan beberapa perlakukan seperti diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.

Wujud berikutnya adalah cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan mudah di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kamu melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari tepat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.

Wujud benda yang lain adalah gas. Manusia dapat memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas. Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan cara meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kamu juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu dapat mencium bau napasmu sendiri. Kamu pun dapat mencium bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, manusia menciptakan parfum atau minyak wangi untuk menyebarkan bau dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kamu dapat melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kamu mengubah bentuknya?

Lakukanlah percobaan-percobaan berikut bersama dengan teman sekelompok- mu yang terdiri atas 3–4 orang.

Percobaan 1.

Alat dan Bahan :
•dua buah pensil
•penghapus pensil
•peraut pensil
•buku catatan

Langkah Kegiatan :
1, Ambillah pensil yang masih utuh. Perhatikan bentuknya dan gambarlah.
2, Dengan menggunakan penyerut pensil, rautlah bagian ujung pensil hingga dapat digunakan untuk menulis. Perhatikanlah, gambarlah dan bandingkan gambar ini dengan gambar pensil yang utuh sebelumnya.
3, Ambil penghapus pensil, amati bentuknya dan gambarlah.
4, Gosokkan penghapus tersebut ke permukaan meja yang rata dan halus selama beberapa saat. Amati bentuknya, terutama pada bagian yang digosokkan. Gambarlah dan bandingkan dengan gambar sebelumnya.

Diskusikan :
1, Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
2, Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
3, Apakah kesimpulanmu?

 

BACA JUGA :   Buku Siswa Kelas 5 Tematik 8 Kurikulum 2013 Rev 2017 - Lingkungan Sahabat Kita

Percobaan 2.

•gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
•wadah lain yang transparan
•nampan atau papan kayu

Langkah Kegiatan :
1, Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.
2, Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah. Bandingkan dengan gambar sebelumnya.
3, Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.
4, Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.

Diskusikan
1, Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum dan sesudah dimiringkan?

2, Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?

3, Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?

4, Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?

5, Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?

6, Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?

7. Apakah kesimpulanmu?

 

Percobaan 3.
Alat dan Bahan :
•gelas plastik,
•ember,
•air,
•buku catatan.

Langkah Kegiatan :

1, Isilah ember air sampai 3/4-nya.
2, Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.
3, Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.

Diskusikan :
1, Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa?
2, Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
3, Apakah kesimpulanmu dari percobaan ini?
4, Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster. Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri.

1, Kamu telah memahami konsep dan pengetahuan mengenai latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia. Kemukakan pendapatmu, sesuaikah perilaku dan latar belakang orang-orang Eropa tersebut dengan nilai-nilai budaya kita?

2.Kamu telah memahami konsep dan pengetahuan mengenai perubahan wujud benda. Jelaskan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah wujud benda- benda di rumahmu. Identifikasilah, lalu tuliskan benda berwujud padat, benda berwujud cair, dan benda berwujud gas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *