SD5. Tema 1 – Wujud Benda dan Cirinya – Pembelajaran 3

SD Kelas 5 Sub Tema 1 Wujud Benda dan Cirinya.

Pembelajaran 3.

Tahukah kamu bahwa selain sebagai makhluk individu, manusia juga sebagai makhluk sosial. Artinya, manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Coba sebutkan kebutuhan sehari- harimu yang memerlukan bantuan atau campur tangan orang lain:

Hari ini merupakan hari yang menyedihkan bagi Lani dan seluruh warga kampung. Setelah dilanda hujan deras beberapa hari, kampung Lani kebanjiran. Tinggi air yang menggenangi kampung Lani lebih dari 1 meter.
Peralatan dan perlengkapan sekolah Lani pun ikut terendam banjir. Begitu juga dengan peralatan dan perlengkapan hidup warga yang lain. Bahkan ada beberapa rumah yang roboh diterjang banjir.
Semua warga kampung pun tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Jangankan untuk saling memenuhi kebutuhan antarsesama warga, mereka pun mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Kebutuhan dibedakan menjadi 3 jenis sebagai berikut.
1. Primer: kebutuhan yang pokok, misalnya makanan, pakaian, dan tempat tinggal.
2. Sekunder: kebutuhan tambahan, misalnya hiburan, dan rekreasi.
3. Tersier: kebutuhan untuk memenuhi kepuasan yang berupa kemewahan, seperti mobil.

kebutuhan ayah .
– primer : makan & minum, tempat tinggal, pakaian pekerjaan.
– sekunder : speda motor, alat-alat bekerja ( sesuai profesi pekerjaan ayah).
– tersier : mobil , rumah megah.

kebutuhan ibu.
– primer : makan, minum, belanja,
– sekunder : alat-alat dapur , alat-alat pekerjaan ( jika ibu bekerja juga perkantoran).
– tersier : perhiasan, getjet mewah, mobil.

kebutuhan anak ( jika sekolah ) .
– primer : sekolah, makan, minum, tempat tinggal.
– sekunder : sepeda, alat-alat sekolah.
– tersier : perhiasan, gedjet.

2. Apa yang akan terjadi jika kebutuhan masing-masing anggota keluargamu ada yang tidak terpenuhi, khususnya kebutuhan primer dan sekunder? masing masing anggota keluarga akan mengalami kesulitan karena kebutuhan primer maupun sekunder adalah kebutuhan pokok manusia yg harus terpenuhi.

3. Bagaimana sikapmu jika ada kebutuhanmu yang belum atau tidak bisa dipenuhi oleh orang tuamu? 
Karena Kebutuhan keluarga juga banyak, maka jika kebutuhan belum terpenuhi harus bisa memakluminya, karena orangtua pasti akan mengutamakan kebutuhan yang primer terlebih dahulu, setelah itu baru kebutuhan skunder dan tersier.

4. Menurutmu, apakah kasih sayang sesama anggota keluarga juga termasuk kebutuhan? Jelaskan! Ya, karena tanpa kasih sayang maka akan terjadi banyak perselisihan dan menyebabkan pertengkaran.

Banjir benar-benar telah melumpuhkan aktivitas warga. Warga tidak bisa ke sekolah, bekerja, dan berinteraksi satu sama lain seperti biasa. Namun ada satu hal yang membanggakan ketika terjadi banjir. Dalam suasana keprihatinan karena banjir, jiwa solidaritas di antara sesama warga cenderung meningkat. Mereka saling membantu, saling memenuhi kebutuhan terutama sandang dan pangan. Bahkan solidaritas itu juga ditunjukkan warga dari daerah lain yang tidak dilanda banjir. Mereka memberikan bantuan berupa makanan, obat-obatan, pakaian, dan merelakan rumahnya untuk tempat pengungsian.

Setiap daerah tidak dapat memenuhi sendiri kebutuhan untuk masyarakatnya. Kamu juga sering membeli barang atau produk dari daerah lain. Buatlah daftar nama barang kebutuhan rumah tangga yang dibeli dari daerah lain dalam bentuk tabel!

Nama Kebutuhan / Daerah Asal.
1. Sepatu dari Jawa Barat.
2. Beras dari Jawa Timur.
3. Mebel dari Jepara.
4. Televisi dari Tanggerang.
5. Radio dari Jakarta.
6. Pakaian dari Jakarta.
7. Sepeda dari Sidoarjo.
8. Tas dan jaket kulit dari Sidoarjo.
9. Mangga dari Situbondo.
10. Laptop dari Jakarta.
11. Lemari es dari Jakarta.
12. Makanan ringgan dari Bekasi.
13. Kentang dari daerah Tengger, Bromo.
14. Sayuran dan Bunga dari Batu-Malang.
15. Apel dari Batu-Malang.

Banjir di kampung Lani kali ini adalah yang terparah dibanding dengan banjir- banjir yang terjadi sebelumnya. Hujan deras yang berlangsung selama berhari-hari adalah penyebabnya.

Menurutmu, bisakah perilaku manusia menyebabkan banjir? Pembuangan sampah sembarangan, penggunaan lahan yang mempersempit sungai. penggundulan hutan

Coba sebutkan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan banjir! buang sampah di sungai, membangun rumah dan pinggir sungai. penebangan liar.

Menurutmu, bagaimanakah cara mencegah terjadinya banjir? membuang sampah pada tempatnya, membersihkan aliran sungai, reboisasi.

Ada sebagian warga menganggap terjadinya banjir karena adanya perubahan musim yang tidak menentu. Bagaimana pendapatmu terhadap pernyataan sebagian warga kampung Lani tersebut? Jelaskan! Perubahan musim memang bisa menjadi faktor banjir, tetapi jika alam bisa menampung air hujan dengan baik, hutan sebagai penyangga air masih melimpah, dan sungai masih lebar dan tidak tertutup sampah maka air bisa disalurkan dengan baik dan tidak terjadi banjir.

Judul Bacaan : Kesuburan Lahan Terkuras, Kembalikan dengan Pupuk Organik.

Selama puluhan tahun sekitar 350.000 hektar atau 50 persen dari total luas lahan pertanian di Jawa Barat dieksploitasi secara berlebihan. Selama kurun waktu itu pula para petani menggunakan pupuk kimia tanpa penyeimbang. Jenuhnya lahan akibat penggunaan pupuk kimia mengakibatkan tanah lebih sensitif terhadap perubahan cuaca yang ekstrem. Kondisi ini akhirnya memicu penurunan produktivitas padi dari tahun ke tahun.

Namun, sebagian petani di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat melakukan hal berbeda. Mereka meninggalkan penggunaan pupuk kimia dan menggantinya dengan pupuk organik. Saat ini terdapat 320 hektar sawah yang dikelola secara organik. Pertanian organik ini sudah berlangsung lebih dari lima tahun. Dari sawah inilah beras organik diekspor ke Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Jerman, dan Uni Emirat Arab.

Disadur dari: indonesiacompanynews.wordpress.com.

1. Berdasarkan bacaan di atas, temukan informasi mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi alam!

2. Perhatikan kembali bacaan “Kesuburan Lahan Terkuras, Kembalikan dengan Pupuk Organik”. Carilah Informasi berkaitan dengan perubahan wujud benda. Tuliskan pada kolom berikut!

 

BACA JUGA :   SD Kelas 5 Tema 6 - Pahlawan Buku - Penulis Ganda Rudolf - Literasi 2

Hari itu banyak warga dari daerah lain yang memberikan bantuan. Salah satunya bibi Lani. Bibi Lani sengaja datang dari Medan dan membawakan banyak bahan makanan. Ada bahan makanan, pakaian, dan obat-obatan. Salah satunya makanan siap saji berupa kue yang khusus dibawa untuk Lani. Bibi Lani membawa kue bika ambon. Kue itu makanan khas dari Medan. Lani memberikan 1/2 bagian kue itu ke tetangganya. Lani membagikan bagian sisa kuenya untuk kedua orang tuanya dan adiknya. Berapa bagian kue yang dibagikan dari keseluruhan kue itu kepada kedua orang tuanya?

1 kue di bagi 2, maka masing-masing adalah 1/2 bagian.
1/2 bagian bila di bagi 3 lagi maka masing-masing mendapat 1/6 bagian.

Mengidentifikasi kebutuhan anggota keluarga dan masyarakat.

Sembilan Bahan Pokok atau sering disingkat Sembako adalah sembilan jenis kebutuhan pokok masyarakat menurut keputusan Menteri Industri dan Perdagangan no. 115/mpp/kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998. Kesembilan bahan itu adalah:

  1. Beras, Sagu, dan Jagung.
  2. Gula pasir.
  3. Sayur-sayuran dan Buah-buahan.
  4. Daging Sapi, Ayam, dan Ikan.
  5. Minyak goreng dan Margarin.
  6. Susu.
  7. Telur.
  8. Minyak Tanah atau gas ELPIJI.
  9. Garam berIodium dan berNatrium.

Kebutuhan masyarakat primer, seperti :

  1. Jalan raya dan Transportasi.
  2. Lapangan olahraga.
  3. Pasar dan Tempat perbelanjaan lainnya.
  4. dan lain-lain.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *