SD Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

SD Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan.

Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut.

Tampak pada gambar seorang anak perempuan membicarakan seorang yang naik sepeda, dan yang lainnya naik sepeda motor.

1. Aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan? Yang menyehatkan adalah yang mengayuh sepeda. 

2. Benarkah Aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain- lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia? Benar. 

 

Salah satu kegiatan yang disukai Beni saat hari libur adalah bersepeda menyusuri jalan pedesaan. Udara di pedesaan masih segar karena masih banyak pohon dan masih sedikit polusi. Kegiatan Beni ini tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan bersepeda rutin, semua organ gerak yang ada di tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya. Coba perhatikan, pernahkah badanmu terasa pegal dan kaku setelah duduk diam beberapa saat? Ya, karena pada saat duduk diam dalam waktu yang lama, organ-organ gerak pada tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Setelah mengayuh sepedanya beberapa saat, tibalah Beni di sebuah kebun sayur. Beni senang sekali. Ladang sayur luas terbentang laksana permadani hijau. Tanah yang semula dicangkul, dipupuk, dan dibuat bedeng, kini telah tertutupi sayur mayur yang siap dipanen. Yang terlihat hanyalah warna hijau.
Beni pun bergegas turun dari sepedanya dan menghampiri Pak Anto. Pak Anto adalah pemilik ladang sayuran. Pak Anto dibantu beberapa orang dalam mengerjakan ladangnya.
“Selamat pagi, Pak Anto. Sedang sibuk ya, Pak?” sapa Beni ramah. “Selamat pagi, Beni. Iya Beni, bapak sedang memanen sawi dan selada,”
jawab pak Anto.
“Bolehkah saya membantu, Pak?” pinta Beni.
“Oh, tentu saja boleh. Kebetulan sekali, ada satu karyawan Bapak yang sedang sakit. Jadi bapak masih kekurangan orang untuk memanen semua sayur ini,” jawab Pak Anto.

 

Bersepeda.

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain. Sepeda juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak menimbulkan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh. Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja. Bahkan, banyak orang yang menganggap bersepeda hanya dapat mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha saja. Namun sebenarnya, bersepeda merupakan latihan fisik yang hampir melibatkan setiap bagian tubuh. Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.
Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga. Selama bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Efek positif terhadap jantung ini tentunya juga akan membawa efek-efek positif lainnya seperti melancarkan peredaran darah dan oksigen. Dengan demikian kita bisa terhindar dari munculnya gangguan-gangguan yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah dalam tubuh.

Salah satu pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda. Bersepeda secara rutin dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat kamu selalu bugar dan berenergi setiap harinya.
Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, bersepeda dapat menurunkan berat badan. Timbunan lemak-lemak dalam tubuh kita yang menyebabkan kegemukan akan terbakar dan lambat laun akan hilang. Tubuh kita pun akan kembali menjadi ideal.

Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah bisa tinggi karena gula (glukosa) yang kita konsumsi setiap hari dalam tubuh kita berubah menjadi kalori dan tidak mampu kita ubah menjadi energi. Timbunan kalori tersebut akan memicu meningkatnya kadar gula dalam darah. Adapun penyakit diabetes sendiri bisa menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit lainnya, seperti jantung, stroke, kulit, mata, ginjal, dan penyakit lainnya.

Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan. Bersepeda memberikan hiburan tersendiri bagi kita. Pada waktu pagi dan sore hari untuk bersepeda sambil melihat- lihat indahnya pemandangan dan suasana sekitar cukup efektif untuk mengurangi stres.

Disarikan dari : www.artikelkesehatan99.com.

Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.

 

Pembelajaran 2.

1. Kegiatan yang nampak pada gambar di atas adalah : bermain sepakbola, khususnya menendang bola ke arah gol, dan penjaga gawang berusaha menangkap bola tersebut.
2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan alat bola, dan anggota tubuh alat gerak.
3. Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah di lapangan sepak bolah, atau tanah lapang.
4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut? membawa bola, dan pemanasan sebelum bermain.

Selesai membantu mengemas selada, Beni membantu Pak Anto memanen kol. Hasil panen kali ini sangat bagus, bentuknya bulat dan besar.
“Alhamdulillah, Beni. Hasil panen kali ini sangat bagus,” sahut pak Anto. “Benar sekali, Pak. Bentuknya sudah seperti bola saja. Saya seperti ingin
menendangnya saja… he… he…. ” canda Beni. “Ah, bisa saja kamu ini, Ben,” sahut Pak Anto.
“Kamu senang bermain bola, ya?” tanya pak Anto.
“Ya, tentu senang, Pak. Saya jago menendang, menggiring, dan menerima umpan lho, Pak”, sahut Beni.

Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir semua bagian tubuh aktif. Tentunya hal ini mengharuskan semua organ gerak dalam tubuh, baik itu otot ataupun tulang, bekerja dengan baik.
Coba kamu amati aktivitasmu sehari-hari. Saat kita berjalan, mengapa kaki kita bisa bergerak? Mengapa juga tangan kita bisa berayun, memegang, dan menggenggam? Ya, kaki dan tangan kita bisa bergerak karena pada kaki dan tangan kita terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot inilah yang bisa mengerakkan tangan dan kaki kita. Tangan dan otot merupakan alat gerak.
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut melalui gambar berikut.

Tulang pada Lengan Manusia :
• Tulang lengan atas,
• Tulang hasta,
• Tulang pengumpil,
• Tulang pergelangan tangan,
• Tulang telapak tangan.

Tulang pada Kaki Manusia :
• Tulang paha,
• Tulang kering,
• Tulang betis,
• Tulang tempurung lutut,
• Tulang pergelangan kaki,
• Tulang telapak kaki,
• Tulang jari kaki.

Nama Tulang Lengan Fungsinya.
– Tulang hasta
– Tulang atas
– Tulang pengumpil
– Tulang pergelangan tangan
– Tulang telapak tangan
– Tulang paha
– Tulang kering
– Tulang betis
– Tulang pergelangan kaki
– Tulang telapak kaki
– Tulang jari kaki

Nama Tulang Lengan Fungsinya.

– Tulang hasta : Tulang hasta atau tulang ulna bersama dengan jari-jari berfungsi dalam memungkinkan pergelangan tangan untuk memutar. Ulna adalah salah satu dari dua tulang yang membentuk lengan bawah. Ulna terletak di sisi berlawanan dari lengan bawah dari ibu jari, bergabung dengan humerus di ujung yang lebih besar untuk membuat sendi siku, dan bergabung dengan tulang-tulang karpal tangan di akhir yang lebih kecil.

Tulang lengan atas : Fungsi humerus (tulang lengan atas) adalah tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku. Ada beberapa otot yang menempel pada tulang humerus, termasuk pektoralis primer dan deltoid, yang membuatnya menjadi tulang penting untuk lengan dan gerakan bahu. Humerus terletak antara bahu dan sendi siku. Hal ini terhubung ke bahu di tulang belikat dan tulang ulna pada siku.

– Tulang pengumpil :  atau radius adalah tulang lengan bawah yang menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari. Tulang pengumpil terletak di sisi lateral tulang hasta (ulna). Bentuk badan tulang pengumpil semakin ke bawah semakin membesar yang akan membentuk persendian pergelangan tangan.

– Tulang pergelangan tangan : 
Pergelangan tangan adalah sambungan antara lengan bawah dan telapak tangan. Pergelangan tangan yang pada dasarnya adalah dua baris kecil pendek tulang, disebut carpals, untuk membentuk sebuah rumah di sekitar sendi engsel.
Fungsi tulang pergelangan tangan manusia adalah :
– Untuk menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang pangkal tangan (carpals).
– Sebagai tempat menempel otot
– Sebagai alat gerak.

– Tulang telapak tangan : Fungsi dari tulang telapak tangan adalah sebagai penguat dan letak melekatnya otot yang berada di telapak tangan, selain itu sebagai pembentuk tangan jari dan di antara tulang terdapat sendi yang memungkinkan untuk jari dan tangan bergerak leluasa.
Letaknya berada di pangkal telapak tangan serta jari-jari tangan.

– Tulang paha : fungsi tulang paha ,
1) sebagai tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya,
2) merupakan tulang terbesar dan tulang terkuat dalam tubuh ,
3) sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut
4) bersama lutut , tulang paha dapat membuat sendi condilar.

Tulang kering : Fungsi dari tulang kering atau tibia adalah sebagai penghubung lutut ke pergelangan kaki. Selain itu fungsinya adalah membentuk bagian dari kerangka kaki bagian bawah dan tulang ini sebagai pikulan terberat pada tubuh agar dapat tetap berdiri.

– Tulang betis : fungsi tulang betis adalah untuk menopang berat tubuh dan juga untuk mengatur gerak tubuh ketika berjalan.

– Tulang pergelangan kaki : Untuk memungkinkan gerak naik turun kaki, karena adanya sendi engsel;  Untuk melangkah dan dapat berjalan dengancara yang nyaman dan seefisien mungkin.

Tulang telapak kaki : fungsi tulang telapak kaki adalah untuk menopang berat tubuh dan untuk membantu mengatur gerak tubuh ketika berjalan , berlari, melompat

– Tulang jari kaki : fungsi jari kaki adalah membantu tubuh saat berjalan , berlari atau berdiri , agar tubuh tetap seimbang dan tidak terjatuh
jari kaki juga terus menyesuaikan diri dan berubah supaya tubuh tetap seimbang dan tidak terjatuh.

Fungsi organ gerak manusia sangat banyak. Hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja. Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!

Berbagai aktivitas dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tidak terlepas dari karunia Tuhan yang memberikan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi bagian-bagian tubuh kita. Sudahkah kamu bersyukur atas itu semua? Bagaimana caramu bersyukur?

Membaca.

Penyandang Cacat yang Sukses.

Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, dia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan.

Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha melakukan semua aktivitasnya sendiri. Dia juga tidak mau dipapah atau digendong.
“Saya tidak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan karena orang kasihan kepada saya, tetapi karena kerja keras saya,” katanya lugas.

Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain. Dengan bekal ijazah diplomanya, dia diterima di sebuah perusahaan kontraktor sebagai staf personalia. Tapi belum lama dia bekerja, krisis moneter tahun 1998 menghantam dan perusahaannya terpaksa tutup. Maka, dimulailah periode Sidik menjadi pengangguran. Tetapi, dia tak mau lama-lama menganggur, Sidik mulai mengikuti berbagai kursus keterampilan yang diadakan oleh Pemda DKI bagi penyandang cacat. Salah satu kursus yang memikat perhatian Sidik ialah kursus membuat kerupuk dari singkong.

Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah. Bersama istrinya, Sidik kemudian memulai usaha membuat kerupuk dari singkong.
“Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.” katanya.
Pada awal produksi dia memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 ons dari bahan baku singkong sebanyak 10 kilogram.
“Namanya juga pertama, kerupuk dagangan saya baru habis setelah sebulan lebih,” katanya mengenang.
Namun kini, dari hanya mengolah 10 kilogram singkong, Sidik mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya.
Dia juga sudah memiliki merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.
“Saya beri nama merek Cap Gurame, ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan ikan gurame, tetapi gurame adalah singkatan dari Gurih, Renyah, Enak,” katanya tersenyum. “Kalau nanti ada uang lebih, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya.
Beruntung, ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.
“Namanya juga tidak punya kaki, saya sempat bingung juga, bagaimana mengendarainya?” Tetapi Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan. Dengan bantuan tukang las, jadilah sebuah motor dengan tongkat besi tambahan yang ditempel di perseneling dan injakan rem. Tidak lupa dia juga menempelkan gerobak di sampingnya untuk mengangkut muatan.
“Motor itu benar-benar membantu mobilitas dan produktivitas usaha saya.” ujar Sidik.
Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya. Setiap hari dia masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Bahkan saat Kabari mewancarainya, dua kali telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta agar pasokan kerupuk “Cap Gurame” segera dikirim.
Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan. Meski jumlahnya kecil, apa yang diperbuat Sidik termasuk luar biasa. Dengan keadaan yang terbatas, dia menjadi enterpreuner sejati. Meminjam rumusnya Pak Ciputra, pengusaha dan dosen mata kuliah enterpreunership, bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 20 persen penduduknya menjadi enterpreuner, barulah menjadi negara makmur, maka Sidik telah memulainya bertahun-tahun lalu. Jelaslah, Indonesia membutuhkan orang-orang gigih seperti Sidik.

Sumber: https://abriantonugraha.wordpress.com.

Kamu telah membaca bacaan di atas, tentunya kamu pun telah mengetahui dan memahami isinya. Banyaknya informasi yang kamu dapatkan dari bacaan tergantung pada panjang dan bobot bacaan. Tentunya akan berbeda informasi yang kamu dapatkan antara membaca teks berupa karangan dengan membaca buku.

Asyik sekali ya, aktivitas membaca itu? Apalagi jika membaca sebuah buku secara menyeluruh. Pada saat membaca buku, sebenarnya isi dari sebuah buku sudah dapat kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau cover buku tersebut. Karena memang sampul cover buku merupakan bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku.
Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku. Cover atau sampul merupakan bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku.
Cover yang baik adalah yang bisa mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.
1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.
2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.
3. Terdapat nama penulis.
4. Terdapat identitas penerbit.
5. Menyertakan gambar yang menarik.
6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.

 

Pembelajaran 3.

Indonesia merupakan bangsa yang dikaruniai Tuhan dengan sumber daya alam yang sangat beragam dan melimpah. Mulai dari keragaman potensi alamnya, sampai keadaan penduduknya.
Sudahkah semua itu dimanfaatkan secara bertanggung jawab?

Di sela-sela istirahat, Pak Anto dan Beni memerhatikan lingkungan alam sekitar. Di sebelah timur mengalir sungai dengan aliran airnya yang jernih dan deras. Di sebelah barat terbentang luas ladang sayur. Di sebelah utara berbaris perbukitan yang ditumbuhi berbagai pohon. Adapun di sebelah selatan berdiri tegak gunung tempat hidup berbagai tumbuhan dan satwa.
“Pak, saya merasa sangat beruntung lahir dan hidup di Indonesia. Tanahnya subur dan alamnya sangat kaya,” kata Beni
“Beni, kekayaan dan keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia tidak sebatas sumber daya alamnya saja. Namun, juga kondisi kependudukannya. Jumlah penduduk Indonesia sekarang ini sekitar 254 juta jiwa. Penduduk tersebut tersebar hampir di 13.466 ribu pulau yang ada (menurut kepala Badan Informasi Geospasial), dari Sabang sampai Merauke. Masing-masing pulau atau wilayah memiliki beragam suku, adat, budaya, ras, agama, dan golongan. Dari sekian banyak penduduk tersebut juga terdiri atas beragam latar belakang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya,” jelas Pak Anto.
“Wah, saya makin bangga jadi anak Indonesia,” sahut Beni.

Tampak pada peta Pulau Jawa dan Bali yang paling padat penduduknya, yaitu 600 – 1300 penduduk / km persegi. Disusul lampung dan nusa tenggara dengan kepadatan 200-600 pendudukan / km2.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.1.3 - Kayanya Negeriku - Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

1. Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia? Jawab Pulau Jawa dan Bali.

2. Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia? Jawab, Pulau Irian /  Papua.

3. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung? 200-500 orang / km persegi.

4. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat? <10 orang / km persegi.

5. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi tempat tinggalmu? Pulau jawab  600 – 1300 penduduk.

Peta Sebaran Suku bangsa silakan lihat gambar.

Kamu telah mengamati dan memahami persebaran suku-suku bangsa di Indonesia melalui peta di atas. Sekarang sebutkan dan tunjukkan suku-suku yang mendiami pulau-pulau yang ada di Indonesia berikut.

Selain keberagaman suku bangsa, Indonesia juga dianugerahi keberagaman agama. Saat ini ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah untuk dianut oleh masyarakat, yakni Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Adapun Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar di Indonesia.
Coba diskusikan dengan temanmu, daerah-daerah persebaran agama di Indonesia.

Wah, beragam sekali ya penduduk Indonesia. Untuk mengetahui keberagaman kondisi penduduk Indonesia bisa kamu mulai dengan mengamati lingkungan tempat tinggalmu.
Kamu dapat mengetahuinya dengan melakukan wawancara dengan orang tua, perangkat RT dan RW, Kepala Desa, ataupun tokoh masyarakat.
Lakukan wawancara dengan kelompok belajarmu.
Sebelum memulai wawancara lakukan dulu berbagai persiapan di antaranya:
1. tentukan tempat dan waktu wawancara,
2. tentukan korespondennya,
3. tentukan tugas masing-masing anggota,
4. tiapkan peralatan, dan
5. tusunlah pertanyaan-pertanyaan dengan baik.

Beni ingin sekali menjadi anak yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Namun, Beni bingung ingin memulainya dari mana. Karena lingkungan tempat tinggalnya sangat beragam, baik dari sosial, budaya, agama, suku, profesi, maupun sumber daya alamnya. Walaupun demikian semua warga hidup dengan rukun. Mereka saling membantu, terutama dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan umum. Kepedulian mereka juga sangat tinggi apabila ada salah satu warga yang sedang mengalami kesusahan, seperti saat ada orang yang sakit, ada orang meninggal, dan lain-lain.

 

Bacaan : Kerukunan Umat Beragama di Indonesia.

Kerukunan umat beragama merupakan bentuk hubungan antarmanusia yang damai berkat adanya toleransi beragama. Toleransi beragama adalah suatu sikap saling mengerti dan menghargai tanpa adanya sikap membeda-bedakan dan mengecilkan umat agama lain.
Kerukunan umat beragama sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan hidup. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki keragaman yang begitu banyak, salah satunya adalah agama. Meskipun mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, namun ada beberapa agama lain yang juga dianut, yakni Buddha, Hindu, Kristen, Katholik, dan Konghucu. Setiap agama tentunya memiliki aturan masing-masing dalam menjalankan ajaran agamanya. Namun, perbedaan ini bukanlah alasan menjadi pemecah belah, namun justru menjadi pemersatu dan memperkaya nilai-nilai dalam masyarakat. Sebagai satu saudara dalam tanah air yang sama, kita harus menjaga kerukunan umat beragama agar bangsa dan negara kita tetap menjadi satu kesatuan yang utuh.
Tri Kerukunan Umat Beragama merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk menciptakan kehidupan beragama damai dan rukun. Program ini menghendaki adanya kerukunan antarumat beragama dalam satu agama (intern umat beragama), kerukunan antara umat beragama yang satu dengan agama lain, dan kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah munculnya konflik dalam kehidupan beragama.
Tri Kerukunan Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa hidup dalam kebersamaan, meskipun banyak perbedaan. Program ini harus diwujudkan agar tidak terjadi pengekangan dan pengurangan hak-hak dalam menjalankan ajaran agama, seperti dalam pendirian rumah ibadah, pelaksanaan ibadah dan hari besar keagamaan, serta penyiaran agama.
Tri Kerukunan Umat Beragama dimulai dengan kerukunan antarumat beragama dalam satu agama (intern umat beragama). Perbedaan pandangan dalam satu agama dapat memicu terjadinya konflik dalam agama itu sendiri. Oleh karena itu perbedaan pandangan ini haruslah diupayakan agar tidak saling merasa bahwa pandangannya adalah yang paling benar.

Tri Kerukunan Umat Beragama selanjutnya adalah kerukunan antarumat beragama yang memiliki pengertian kehidupan yang rukun antar masyarakat meskipun berbeda agama dan keyakinan. Dalam hal ini tidak terjadi sikap saling curiga mencurigai serta selalu menghormati agama masing-masing. Selain itu juga tidak saling memaksakan agama kepada orang lain.

Adapun Tri Kerukunan Umat Beragama yang terakhir adalah kerukunan antarumat beragama dengan pemerintah mengandung pengertian bahwa tiap-tiap umat beragama dapat bekerja sama dan bermitra secara baik dengan pemerintah dalam menjaga kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam hal ini para tokoh agama dan pemerintah sangat diperlukan perannya dalam mencari solusi yang baik tanpa merugikan pihak manapun.

Disarikan dari: www.fauzanazima.wordpress.com.

Penjaga kerukunan beragama merupakan perilaku yang baik yang harus dilakukan oleh siapa pun. Hal tersebut juga mencerminkan penerapan nilai- nilai luhur yang terkandung dalam sila Pancasila, terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pada hakikatnya Pancasila telah di bentuk melalui proses yang cukup panjang oleh para pendiri bangsa. Pancasila sebagai ideologi terbuka mencerminkan keterbukaan pemikiran yang mampu menerima segala iklim perubahan yang terjadi agar mampu melaksanakan nilai-nilai Pancasila yang luhur secara mendasar. Berikut diantaranya nilai-nilai luhur pancasila yang terkandung di dalam Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia:

1. Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.

Nilai luhur yang tercermin dalam sila pertama Pancasila, yang mengandung sebuah keyakinan terhadap adanya Tuhan dengan sikap yang mencerminkannya, antara lain sebagaimana berikut.

  1. Bangsa Indonesia memberikan sebuah pernyataan bahwa memiliki sebuah kepercayaan dan ketakwaan serta keyakinan terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Setiap warga negara Indonesia memiliki iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang diyakini serta kepercayaan masing-masing yang berdasarkan pada kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Meningkatkan sikap saling menghormati dan bekerja sama di antara umat beragama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI..
  4. Menciptakan kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam mengurangi dampak ketimpangan sosial di masyarakat.
  5. Agama dan juga kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan sebuah hubungan pribadi antara manusia dengan Tuhan, yang mencerminkan peran akhlak dalam pembentukan karakter bangsa.
  6. Menciptakan sikap saling menghargai kebebasan antar umat bergama dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan serta kepercayaan masing-masing.
  7. Tidak memaksakan orang lain untuk memeluk atau pun meyakini suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan jalan kekerasan.

2. Sila Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Nilai keluhuran yang terrefleksi di dalam sila kedua Pancasila yang menjadi landasan hukum persamaan kedudukan warga negara dalam negara Indonesia, sebagaimana berikut diantaranya.

  1. Memberi pengakuan serta mempertahankan kedudukan setiap warga negara memiliki harkat maupun martabat yang sama sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengakui adanya persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban warga negara secara mendasar pada setiap warga negara tanpa membedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit yang bisa saja menjadi penyebab lunturnya Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Meningkatkan sikap maupun perilaku untuk saling mencintai antara sesama manusia.
  4. Meningkatkan sikap maupun perilaku tenggang rasa dan toleransi maupun tepasalira dalam kehidupan sosial.
  5. Meningkatkan sikap adil serta tidak semena-mena terhadap orang lain yang dapat memicu pelanggaran hak warga negara.
  6. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dengan cara gemar melaksanakan kegiatan kemanusiaan.
  7. Memiliki keberanian dalam membela kebenaran dan keadilan.
  8. Bangsa Indonesia merasa bahwa dirinya bagian dari seluruh umat manusia.
  9. Meningkatkan sikap untuk saling menghormati dan mampun bekerja sama dengan bangsa lain.

 

3. Sila Ketiga, Persatuan Indonesia.

Persatuan bangsa merupakan hal yang penting dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara, sebab bangsa yang besar ialah bangsa memiliki persatuan yang kokoh dari aspek manapun. Nilai luhur yang tercermin dalam sila ketiga ialah berkut diantaranya.

  1. Dapat menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan maupun keselamatan bangsa dan negara menjadi kepentingan pribadi dan juga golongan.
  2. Memiliki kesanggupan untuk rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara saat dibutuhkan.
  3. Menciptakan perasaan nasionalisme atau cinta kepada tanah air dan bangsa.
  4. Meningkatkan rasa bangga dalam berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
  5. Menjaga ketertiban dunia yang berdasar pada perdamaian abadi serta keadilan sosial.
  6. Menciptakan serta meningkatkan persatuan Indonesia yang berdasar pada semboyan Bhineka Tunggal Ika.
  7. Meningkatkan hubungan sosial dalam kemajemukan bangsa demi menjaga persatuan dan kesatuan.

4. Sila Keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Nilai kerakyatan ialah berdasar pada ciri ciri demokrasi Pancasila yang memiliki nilai luhur dan tercermin melalui kehidupan bermasyarakat berbangsa maupun bernegara. Nilai nilai keluhuran dalam sila keempat amat penting sebagai membangun karakter bangsa di era globalisasi, sebagaimana berikut diantaranya:

  1. Sebagai seorang warga negara dan warga masyarakat, kedudukan warga negara dalam negara adalah sama dalam hal hak dan kewajiban.
  2. Dalam mengambil sebuah keputusan tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
  3. Mengedepankan adanyan musyawarah saat mengambil sebuah keputusan demi kepentingan bersama.
  4. Musyawarah demi mencapai kemufakatan harus diisi oleh semangat kekeluargaan.
    Menghargai serta menjunjung tinggi setiap keputusan yang diperoleh dalam hasil musyawarah.
  5. Memiliki sebuah iktikad baik serta rasa tanggung jawab untuk menerima serta melaksanakan hasil keputusan dalam musyawarah.
  6. Di dalam pelaksanaan musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas segala kepentingan pribadi maupun golongan.
  7. Musyawarah dilaksanakan dengan menggunakan akal sehat yang sesuai dengan hati nurani yang luhur.
  8. Setiap keputusan yang diambil dalam musyawarah haruslah dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia yang memiliki nilai-nilai kebenaran dan keadilan serta mendahulukan persatuan dan kesatuan demi kepentingan masyarakat luas.
  9. Memberi kepercayaan kepada wakil-wakil yang duduk dalam lembaga dewan perwakilan untuk melaksanakan permusyawaratan demi kepentingan rakyat.
    rs Link

5. Sila Kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Nilai keadilan sosial yang diperuntukan bagi seluruh rakyat Indonesia sangatlah penting dalam kaitannya penerapan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, yang tercermin dalam nilai nilai keluhuran dalam sila kelima, berikut penjelsannya :

  1. Meningkatkan perilaku serta perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sebuah sikap maupun suasana kekeluargaan dalam gotong royong di masyarakat.
  2. Meningkatkan perilaku yang berkeadilan terhadap sesama warga negara yang menunjukan sistem demokrasi di Indonesia.
  3. Mengatur keseimbangan antara hak maupun kewajiban dalam hubungan negara dengan warga negara.
  4. Menghargai hak yang orang lain miliki.
  5. Memberikan pertolongan kepada orang lain agar dapat berlaku adil bahkan pada diri sendiri.
  6. Menggunakan hak milik secara bijak dan bukan untuk hal-hal yang bertentangan dengan undang-undang maupun merugikan kepentingan umum.
  7. Menghargai hasil karya orang lain yang memiliki manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
  8. Meningkatkan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan globalisasi yang merata dan berkeadilan sosial.

Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, maka dari itu perilaku dan sikap masyarakatnya haruslah mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila. Meskipun demikian, sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari perilaku orang-orang sekitar kita yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Berikut beberapa contoh perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Di Sekolah Sekolah, Hal-hal yang tidak sesuai dengan Pancasila adalah :
• Memilih teman hanya yang kaya saja,
• Tidak mau meminjamkan peralatan sekolah kepada teman.
• Menyontek,
• Berkelahi,
• Tidak mau mengikuti upacara bendera,
• Mengejek teman.

Di Rumah, hal yang tidak sesuai dengan Pancasila :
•Tidak melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya,
• Tidak mau berbagi makanan dengan anggota keluarga yang lain,
• Bermalas-malasan,
• Membantah orang tua,
• Memaksakan kehendak kepada anggota keluarga,
• Berbohong.

Di Masyarakat, hal yang tidak sesuai dengan Pancasila  :
• Tidak mau menjenguk tetangganya yang sakit,
• Melarang orang lain melakukan peribadahan sesuai dengan agamanya,
• Minum-minuman keras dan berjudi,
• Tidak mau mengikuti kegiatan kerja bakti, ronda, dan rapat lingkungan,
• Suka pamer kekayaan,
• Mencuri,
• Menganiaya teman,
• Melakukan kekerasan.

Banyak faktor yang membuat bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar yang bisa disandingkan dengan bangsa-bangsa besar lainnya di dunia. Banyak faktor pula yang menjadikan kita semakin bangga menjadi warga negara Indonesia. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat.
2. Wilayahnya yang luas dan berupa kepulauan.
3. Letak geografis dan strategisnya.
4. Besarnya jumlah penduduk.
5. Beragamnya suku, agama, ras, dan golongan.
6. Beragamnya budaya, sosial, dan ekonomi.

Keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia tidak terlepas dari pengaruh luasnya wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia berupa kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Meskipun demikian, keberagaman ini bukanlah menjadi pemecah, justru menjadi pemersatu bangsa dengan berlandaskan Pancasila.

Dengan mempelajari kondisi kependudukan dan geografis alam Indonesia, kita makin bangga dan bersyukur menjadi warga negara Indonesia.
Sudahkah kamu mencintai bangsamu? Tuliskan sikap dan perilakumu yang menunjukkan bahwa kamu cinta tanah air.

Pembelajaran 4.

Kenampakan alam pada bentang alam Indonesia merupakan salah satu yang terlengkap di dunia. Kenampakan alam itu meliputi laut, pantai, dataran rendah, lembah subur, padang rumput, sungai, danau, bukit, pegunungan, hingga gunung. Lalu, kenampakan alam yang seperti apakah yang ada di wilayah tempat tinggalmu?

Beni dan Pak Anto masih beristirahat sambil menikmati suasana alam di sekitar ladang. Warna menghijau sejauh mata memandang. Udaranya pun bersih dan sangat segar. Membuat mereka betah beristirahat.

Sambil istirahat mereka berbincang-bincang tentang kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Kebetulan wawasan Pak Anto akan bentang alam Indonesia sangat luas. Beni pun antusias sekali menyimak setiap yang dijelaskan oleh Pak Anto.

Kenampakan alam adalah kenampakan yang ada di lingkungan, dimana kenampakan tersebut terbentuk akibat dari tindakan yang dilakukan oleh alam sendiri.

Tampak pada gambar Kenampakan Lingkungan Sawah, Lingkungan sawah termasuk lingkungan buatan dengan saluran irigasinya, lingkungan sawah buatan manusia tetapi dijaga agar masih sesuai dengan dengan alam aslinya. 

Kenampakan alam sungai dan danau adalah kenampakan alam asli, sedangkan bendungan merupakan kenampakan alam buatan.

Alam Indonesia dikenal sangat indah dan kaya akan berbagai sumber daya alam. Tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara tertarik dan datang ke Indonesia. Kegiatan pariwisata ini pun berkembang di sejumlah wilayah seperti Bali, Yogyakarta, Lombok, dan Raja Ampat di Papua, dan lain- lain sehingga mendatangkan keuntungan ekonomi yang tidak sedikit.
Tuhan telah menganugerahi negara ini berupa hutan, sungai, danau, gunung, pegunungan, lembah, dan padang rumput yang sangat memesona. Ingatlah keindahan dan kekayaan ini tidaklah semua negara memilikinya. Banyak negara yang sebagian wilayahnya hanya berupa padang pasir, hamparan es, atau padang rumput.
Kenampakan alam pada bentang alam Indonesia merupakan salah satu yang terlengkap di dunia. Laut, pantai, dataran rendah, lembah subur, padang rumput, sungai, danau, bukit, pegunungan, hingga gunung dapat ditemukan di Indonesia.
Bentang alam di Indonesia sangat bervariasi. Masing-masing wilayah memiliki karakteristik masing-masing yang membedakan dengan wilayah lain di Indonesia. Ayo, kenali negerimu lebih dekat lagi.

Bentang Alam Pulau Papua Secara Umum.

Pulau Papua adalah pulau berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Pulau Papua merupakan bagian dari wilayah Indonesia timur. Pulau Papua juga merupakan pulau terbesar di Indonesia dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia setelah Pulau Greenland.
Sebagian besar daratan Papua masih berupa hutan belantara. Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus, karena terdiri atas lembah-lembah yang curam dan pegunungan tinggi. Puncak tertinggi di Indonesia berada di Papua, yakni puncak Jayawijaya, yang sebagian puncaknya ditutupi salju.

Nama Pulau dan Bentang Alam Secara Umum.

Bentang Alam meliputi : Gunung, Lembah, Bukit, Sungai, Dataran rendah, Pantai, dan sebagainya.

Pulau Jawa .

Pembahasan : bentang alam adalah suatu bagian geografi yang menjadi pemandangan alam atau daerah di permukaan bumi yang merupakan satu kesatuan.

bentang alam pulau jawa :

Jawa memiliki luas sekitar 139.000 km2 .

Gunung yang ada di pulau jawa banyak kira-kira Terdapat tiga puluh delapan gunung yang terbentang dari timur ke barat pulau ini, yang kesemuanya pada waktu tertentu pernah menjadi gunung berapi aktif. Adapun Gunung berapi tertinggi di Jawa adalah Gunung Semeru dengan krtinggian 3.676 m, sedangkan gunung berapi paling aktif di Jawa dan bahkan di Indonesia adalah Gunung Merapi dengan ketinggian 2.968 m.

Nama-nama gunung di pulau jawa , diantaranya :
Gunung Halimun 1089 meter di Kabupaten Garut.
Gunung Bangkok 1144 meter di Kabupaten Tasikmalaya.
Gunung Gunung Kancana 1233 meter di KabupatenCianjur.
Gunung. Limbung 1250 meter di Kabupaten Garut.
Gunung Arjuno 3329 meter di Kabupaten Malang.
Gunung Lawu 3265 meter di Kabupaten Ngawi.
Gunung Kelud 1781 meter di Kabupaten Blitar.
Gunung Bromo 2393 meter di Kabupaten Probolinggo.
Gunung Merapi 2911 meter di Kabupaten Klaten.
Gunung Merbabu 3,142 meter di Kabupaten Boyolali.

Sungai yang ada di bentang alam pulau jawa juga banyak , namun Sungai yang terpanjang ialah Bengawan Solo, yaitu sepanjang 600 km. Sungai ini bersumber di Jawa bagian tengah, tepatnya di gunung berapi Lawu. Aliran sungai kemudian mengalir ke arah utara dan timur, menuju muaranya di Laut Jawa di dekat kota Surabaya.

Adapun sungai yang ada di pulau jawa diantaranya  :
– sungai Ci Asem sumber dari gunung Segalagerang bermuara di Teluk Ciasem; Laut Jawa melintasi ciasem,

Tanjung, di pulau jawa terdapat banyak tanjung , kira” ada 28 tanjung , diantaranya yang terkenal adalah :
-Pada Propinsi DKI Jakarta di Daerah Jakarta Terdapat Tanjung Priok
-Pada Propinsi Jawa Timur di Daerah Surabaya Terdapat Tanjung Pangkah atau tanjung perak
-Pada Propinsi Jawa Timur di Daerah Banyuwangi Terdapat Tanjung Capil

Lembah adalah daerah yang rendah di antara dua tempat yang lebih tinggi.
Lembah di kiri kanan gunung di sebut Ngarai.

Lembah yang terdapat di pulau jawa :
1) Lembah Grand Canyon, Jawa Barat,
Lembah ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.
2) Lembah Cilengkrang, Jawa Barat,
Lembah Cilengkrang adalah salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Pejambon, Kecamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan.
3) Lembah Dieng, Jawa Timur,
Lembah Dieng, yang terletak di Jl. Wisata No. 99 Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
4) Lembah Bendo
Lembah Bendo terletak Jl.Kaliurang KM 22 Dusun Bendosari (Sleman)

Dataran tinggi adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl.
dataran rendah adalah hamparan luas tanah dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah (sampai dengan 200 m dpl).

Dataran tinggi yang ada di jawa timur , jawa tengah dan jawa barat :
1) Dataran Tinggi Kidul di Jawa Timur.
2) Dataran Tinggi Malang di Jawa Timur.
3) Dataran Tinggi Tengger di Jawa Timur.
4) Dataran Tinggi Grobongan di Jawa Tengah.
5) Dataran Tinggi Magelang di Jawa Tengah.
6) Dataran Tinggi Sumedang di Jawa Barat.
7) Dataran Tinggi Priangan di Jawa Barat.
8) Dataran Tinggi Cianjur di Jawa Barat.

Jadi kota yang termasuk dataran tinggi adalah kota : Cianjur , Priangan , Sumedang , Magelang , Grobogan , tengger , malang , batu , pandaan

Dataran rendah yang ada di jawa timur , jawa tengah dan jawa barat :
1) Dataran rendah Madiun
2) Dataran rendah pantai utara jawa barat
3) Dataran rendah Surakarta

Kota yang masuk dataran rendah di jawa diantaranya : Surabaya , Sidoarjo , Madiun , Gresik , Lamongan , Babat , Rembang , Pati , Juwono, Surakarta ,ngawi , blitar , pacitan, anyer, balai kambang malang , peh pulo malang , banten , kaliurang, tuban, banyuwangi yang dekat pantai , kebumen , kukup jogja, jepara yang dekat pantai ombak mati , atau jepara yang dekat pantai kartini, dan masih banyak lagi kota yang termasuk dataran rendah , biasanya kota yang berada di pesisir pantai

Bentang Alam Pulau Sumatera.

Gunung :
Gunung Kerinci, Sumatera Barat dan Jambi (3.805 m) (tertinggi di Sumatera, kedua di Indonesia dan gunung berapi tertinggi di Indonesia).
Gunung Bandahara, Aceh (3.030 m).
Gunung Burni Telong, Aceh (2.600 m).
Gunung Geureudong, Aceh (2.885 m).
Gunung Leuser, Aceh (3.404 m).
Gunung Perkison, Aceh (2.828 m).
Gunung Seulawah Agam, Aceh (1.726 m).
Gunung Sibayak, Sumatera Utara (2.212 m).
Gunung Sibuaten, Sumatera Utara (2.457 m).
Gunung Sinabung, Sumatera Utara (2.475 m).
Gunung Sorik Marapi, Sumatera Utara (2.145 m).
Gunung Ambun, Sumatera Barat (2.060 m).
Gunung Kelabu, Sumatera Barat (2.179 m).
Gunung Mande Rabiah, Sumatera Barat (2.430 m).
Gunung Marapi, Sumatera Barat (2.891 m).
Gunung Pasaman, Sumatera Barat (2.190 m).
Gunung Rasan, Sumatera Barat (2.039 m).
Gunung Sago, Sumatera Barat (2.261 m).
Gunung Singgalang, Sumatera Barat (2.877 m).
Gunung Talamau, Sumatera Barat (2.913 m).
Gunung Talang, Sumatera Barat (2.572 m).
Gunung Tambin, Sumatera Barat (2.271 m).
Gunung Tandikat, Sumatera Barat (2.438 m).
Gunung Dempo, Sumatera Selatan (3.159 m).
Gunung Seblat, Bengkulu (2.383 m).
Gunung Daik, Kepulauan Riau (1.165 m).
Gunung Jantan, Kepulauan Riau (700 m).
Gunung Ranai, Kepulauan Riau (1.035 m).
Gunung Krakatau, Lampung (0.813 m).
Gunung Pesagi, Lampung (2.262 m)
Gunung Rajabasa, Lampung (1.281 m)
Gunung Seminung, Lampung (1.881 m)
Gunung Tanggamus, Lampung (2.102 m)

–  Lembah di Sumatera :  Ngarai sianok, Lembah anai, Lembah harau.

– Bukit di Sumatera :
Dataran Tinggi Alas di Provinsi Aceh,
Bukit Pasai di Aceh,
Dataran Tinggi Batak di Provinsi Sumatera Utara,
Bukit Miinangkabau di Provinsi Sumatera Barat,
Bukit Kerinci di Provinsi Sumatera Barat,
Dataran Tinggi Rejang di Provinsi Bengkulu,
Bukit Lebong di Bengkulu,
Bukit Barisan di Bengkulu.

– Sungai di Sumatera:

Batang Anai.
Batang Arau.
Batang Agam.
Batang Ombilin.
Batang Selo.
Batang Tabik.
Batang Kuantan.
Batang Kasang.
Batang Sinamar.
Batang Hari.
Batang Tarusan.
Batang Alahan Panjang.
Batang Sangir.
Batang Pasaman.
Batang Kinali.

Sumatera Selatan
Sungai Komering.
Sungai Keruh.
Sungai Lakitan.
Sungai Lematang.
Sungai Mesuji.
Sungai Musi.
Sungai Ogan.
Sungai Rambang.
Sungai Rawas.

Sumatera Utara :
Sungai Angkola.
Sungai Asahan.
Sungai Belawan.
Sungai Singkuang.

NAMA-NAMA GUNUNG

1. Gunung Leuser (3423 mdpl).
2. Gunung Kerinci (3800 mdpl).
3. Gunung Marapi (2891 mdpl).
4. Gunung Singgalang (2877 mdpl).
5. Gunung Sinabung (2451 mdpl).
6. Gunung Sibayak (2094 mdpl).
7. Gunung Dempo (3173 mdpl).

NAMA-NAMA DANAU DI SUMATERA :
Danau Laut Tawar jenis Tektonik.
Danau Toba jenis Vulkanik / tektonik.
Danau Maninjau jenis Kaldera.
Danau Diatas jenis Tektonik.
Danau Dibawah jenis Tektonik.
Danau Singkarak jenis Tektonik.
Danau Gunung Tujuh jenis Kaldera.
Danau Kerinci jenis Tektonik / vulkanik.
Danau Ranau jenis Tektonik / vulkanik.

Dataran rendah Sumatera :

– Bagian timur Sumatra adalah sebagian besar berupa hutan rawa dan merupakan dataran rendah yang sangat luas yang merupakan dataran terpanjang yang tertutup rawa di daerah tropik di Asia Tenggara. Wilayah ini selalu mengalami perluasan sebagai hasil pengendapan material yang terbawa oleh aliran sungai dari sayap Timur Zone Barisan.

– dataran rendah di Sumatera Utara yaitu Melaboh dan Singkel/Singkil dengan lebar ±20 km. Sisi timur dari pantai Sumatra ini terdiri atas lapisan tersier yang sangat luas yang berbukit-bukit dan merupakan tanah rendah aluvia

Pantai di Sumatera.

1. PANTAI LAMPUUK, NANGROE ACEH DARUSALLAM.
2. PANTAI SORAKE, SUMATERA UTARA.
3. Pantai Rupat di Riau.
4. BINTAN, KEPULAUAN BINTAN.
5. KEPULAUAN MENTAWAI, SUMATERA BARAT.
6. PULAU BERHALA, TANJUNG JABUNG TIMUR, JAMBI.
7. PANTAI TANJUNG TINGGI, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG.
8. PANTAI PANJANG, BENGKULU.
9. PANTAI TAPAK TUAN, SUMATERA SELATAN.
10. PANTAI PASIR PUTIH, LAMPUNG.

Bentang Alam di Pulau Kalimantan.

#bentang alam berupa gunung dan pegunungan di kalimantan selatan = Gunung Halau -halau, Gunung pamatun, Pegunungan meratus.

#bentang alam berupa sungai di kalimantan selatan = sungai barito, sungai kuin, sungai martapura, sungai tabalong, sungai kayutangi

#bentang alam berupa pulau di kalimantan selatan = pulau Alalak, pulau Anyar, pulau Bakumpai, pulau Bakut, pulau Datu, pulau Kaget , pulau Kembang , pulau Kelayan, pulau Lari-larian, pulau Laut dll.

#bentang alam berupa pantai di kalimantan selatan = pantai Batakan , pantai Angsana , pantai Pagatan , pantai swarangan.

Bentang Alam di Sulawesi .

( Pulau Sulawesi )
1. Gunung :
-Klabat
-Soputan
-Lokon
-Karangetang
-Latimojong
-Mahawu
-Mekongga
-Ambang
-Tondano
-Tumpu

2. Lembah di Sulawesi :
– Bada,
– Ramma,
– Megalitikum Besoa,

3. Bukit di Sulawesi:
– Luwu,
– Bone,

– Barui,
– Dataran Tinggi Waji,
– Dataran Tinggi Penreng,
– Dataran Tinggi Bingkoku.

4. Sungai di Sulawesi :
– Girirang,
– Karana,
– Malasa,
– Mandar,
– Batui,
– Buol,
– Poso,
– Ayong,
– Bone.

5. Dataran rendah di Sulawesi :
– Maros,
– Barru,
– Pangkep,
– Bulukumba,
– Selayar,
– Bantaeng,
– Jeneponto,
– Gowa,
– Ujungpandang.

6. Pantai  di Sulawesi :
– Pulisan,
– Malalayang,
– Talise,
– Tanjung Bira,
– Losari,
– Dato,
– walengkabola,
– Kamali,
– Lakeba,
– Nirwana.

( Pulau Papua)
1. Gunung  di Papua :
-Idenburg,
– Dom,
– Derabaro,
– Yamin,
– Yaramamafaka,
– Redoura,
– Togwomeri,
– Foja.

2. Lembah  di Pulau Papua :
– Lembah Baliem.

3. Bukit di Pulau Papua :
– Bukit Arfak, 
– Dataran Tinggi Charles Louis,
– Dataran Tinggi Jaya Wijaya,
– Dataran Tinggi Sudirman,

4. Sungai di Pulau Papua :
– Warenoi,
– Torasi,
– Sircanden,
– Noordwese,
– Merauke,
– Mayu,
– Baliem,
– Bian.

5. Dataran rendah :
– Pesisir Selatan Papua,
– Pesisir Arafura,
– Pesisir Trans-Fly,
– Pesisir Teluk Papua.

6. Pantai :
– Yen Beba,
– Bakaro,
– Kaironi,
– Pantai Pulau UM,
– Pantai Teluk Triton,
– Pantai Pulau Venue,
– Pantai Tanjung Kasuari,
– Harlem,
– Raja Ampat.

( Kepulauan maluku )
1. Gunung di Kepulauan Maluku :
– Gamsunoro,
– Kapalamadan,
– Sahuwai,
– Waloolon,
– Hiri,
– Dukono.

2. Lembah di Kepulauan Maluku:
– Aliamato,
– Argo.

3. Bukit di Kepulauan Maluku:
– Bukit Durian,
– Bukit Foramadiahi,
– Bukit Tidore.

4. Sungai di Kepulauan Maluku:
– Yalua,
– Togorala,
– Sarafo,
– Sapulawa,
– Ruate,
– Castelo.
– Apu.

5. Dataran rendah di Kepulauan Maluku:
– Dat.Rendah wilayah ambon pesisir pantai,
– Dat.Rendah wilayah kabupaten Maluku Tenggara,
– Dat.Rendah di Pulau Seram bagian Timur.

6. Pantai di Kepulauan Maluku:
– Liang,
– Natsepa Beach,
– Sopapei,
– Ora,
– Jikumerasa,
– Ngurtafur.

( Pulau Bali )
1. Gunung di Pulau Bali:
– Agung,
– Batur,
– Bratan,
– Egon,
– Patuha,
– Merbuk.

2. Lembah di Pulau Bali:
– Pantunan
– Tukad Melangit

3. Bukit di Pulau Bali:
– Abah,
– Buluh,
– Lingga,
– Jambul,
– Sambong,
– Canggah.

4. Sungai di Pulau Bali:
– Melangit,
– Oos,
– Yeh Empas,
– Balian,
– Telaga Waja,
– Unda,
– Badung,
– Ayung,
– Petanu,
– Penet.

5. Dataran rendah di Pulau Bali:
– Tabanan,
– Gianyar,
– Buyan,
– Batur,
– Buleleng.

6. Pantai di Pulau Bali:
– Nusa Dua Bali,
– Kuta Bali,
– Jimbaran,
– Pandawa,
– Sanur,
– Karma Kandara,
– Tanah Lot.

( Kepulauan Nusa Tenggara )
1. Gunung di Kepulauan Nusa Tenggara :
– Kelimutu,
– Egon,
– Rokatenda,
– Lewotobi,
– Rinjani,
– Tambora.
– Sirung.

2. Lembah di Kepulauan Nusa Tenggara ;
– Rinjani,
– Hijau Lombok,
– Paundoa,
– Bola Palelo,
– Jerebu’u.

3. Bukit di Kepulauan Nusa Tenggara :
– Batu Hidung,
– Mando’o,
– Merese,
– Pengasingan,
– Cinta.

4. Sungai di Kepulauan Nusa Tenggara :
– Wano kaka,
– Tuasene,
– Powu,
– Kau Bele,
– Bukapiting,
– Waikomo,
– Bama.

5. Dataran rendah di Kepulauan Nusa Tenggara :
– Lombok,
– Sumbawa,
– Flores.

6. Pantai di Kepulauan Nusa Tenggara :
– Pink Beach,
– Selong Belanak,
– Senggigi,
– Gili Trawangan,
– Sekotong,
– Koka,
– Mandorak.

Bentang alam wilayah Indonesia yang bervariasi tidak terlepas dari keadaan iklim di Indonesia. Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang relatif lama. Adapun cuaca adalah keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, dan sinar matahari pada waktu pendek dan tempat tertentu.
Letak astronomis Indonesia yang berada di wilayah tropis membuat Indonesia beriklim tropis. Ciri iklim tropis adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun, dengan rata-rata tidak kurang dari 180C, yaitu sekitar 270C Di daerah tropis tidak ada perbedaan yang jauh antara suhu pada musim hujan dengan suhu pada musim kemarau. Ciri iklim tropis lainnya adalah lamanya siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam.

Selain iklim, tanah, dan air yang merupakan faktor abiotik, ada juga faktor biotik yang mempengaruhi kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia, yakni manusia. Manusia dengan ilmu dan pengetahuan serta teknologi yang dimilikinya dapat mengembangkan varietas atau jenis-jenis flora dan fauna baru. Begitu juga dengan tingkat mobilitasnya (pergerakan), manusia bisa membawa dan menyebarkan flora dan fauna dari daerah satu dengan yang lain.

Di sisi lain, manusia juga mempengaruhi keberlangsungan hidup flora dan fauna. Pembangunan rumah, pembukaan lahan, penebangan besar- besaran, perburuan liar serta pencemaran lingkungan adalah contoh perilaku dan sikap manusia yang bisa mengancam keberadaan dan keberlangsungan hidup flora dan fauna.

Faktor biotik selain manusia adalah hewan dan tumbuhan itu sendiri. Hewan dan tumbuhan juga dapat mempengaruhi keragaman flora dan fauna. Misalnya, dilihat dari rantai makanan dan sistem penyerbukannya.

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf  bacaan di  atas.

Persebaran Flora di Indonesia di kelompokkan menjadi 2 , yaitu :
– Indo Malayan.
– Indo Australian.

Indo Malayan Meliputi kawasan Indonesia Bagian Barat :
1. Kalimantan,
2. Sumatra,
3. Jawa,
4. Bali.

Karakteristik:
1.      Jenis meranti-merantian sangat banyak.
2.      Terdapat berbagai jenis rotan.
3.      Tidak terdapat hutan kayu putih.
4.      Jenis tumbuhan matoa sedikit jumlahnya.
5.      Jenis anggrek sedikit jumlahnya.
6.      Terdapat berbagai jenis nangka.
7.      Tidak banyak tumbuhan sagu.

Indo-Australian, Meliputi kawasan Indonesia Bagian Timur :
1.      Sulawesi,
2.      Maluku,
3.      Nusa Tenggara,
4.      Papua.

Karakteristik Indo-Australian :
1.      Jenis meranti-merantian hanya sedikit.
2.      Tidak terdapat berbagai jenis rotan.
3.      Terdapat hutan kayu putih.
4.      Terdapat berbagai Jenis tumbuhan matoa.
5.      Jenis anggrek banyak.
6.      Tidak terdapat jenis nangka.
7.      Banyak terdapat tumbuhan sagu.

Bentang alam yang bervariasi dan luas yang terpisahkan ke dalam pulau-pulau juga membuat beragamnya fauna di Indonesia.

Amatilah bagan persebaran fauna di Indonesia berikut ini.

Iklim, kenampakan alam, serta kekayaan flora dan fauna yang dimiliki bangsa Indonesia harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab. Tiap kali pemanfaatannya juga harus memikirkan mengenai dampak yang ditimbulkan disertai dengan upaya pelestariannya. Selain itu pemanfaatannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Kita tidak boleh memanfaatkan kekayaan potensi alam yang dimiliki Indonesia secara sembarangan. Ada sebagian kekayaan alam yang tidak bisa diperbarui, misalnya saja berbagai  macam  bahan  tambang  seperti  emas,  batu bara, minyak bumi, timah, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut memiliki keterbatasan jumlah yang suatu saat akan habis. Dalam pemanfaatan  kayu hutan kita juga tidak boleh melakukannya sembarangan. Kita tidak boleh menebang pohon dan membakar hutan secara tidak bertanggung jawab. Jika penebangan hutan dilakukan terus menerus tanpa adanya usaha pelestarian maka yang terjadi adalah perubahan iklim yang memicu terjadinya global warming (meningkatnya suhu bumi), hilangnya habitat hidup berbagai flora dan fauna, punahnya jenis-jenis flora dan fauna tertentu, menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor. Adapun pembakaran hutan yang dilakukan secara tidak bertanggung jawab akan mengakibatkan terjadinya bencana kabut asap serta hilangnya habitat hidup berbagai flora dan fauna dan punahnya jenis- jenis flora dan fauna   tertentu.

Oleh karena itulah kita harus mengembangkan sikap dan perilaku yang baik yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Nilai-nilai tersebut dapat kita terapkan dan kembangkan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam memanfaatkan potensi kekayaan alam Indonesia, maupun pada saat melakukan interaksi dan sosialisasi dengan sesama.

Menurut coraknya , fauna Indonesia dikelompokan menjadi tiga, yaitu Fauna Bagian Barat, Fauna Bagian Tengah, dan Fauna Bagian Timur. Fauna Bagian Barat dan Tengah dipisahkan oleh Garis Wallace. Fauna Bagian Timur dan Tengah dipisahkan oleh Garis Weber.

  • Fauna Indonesia Bagian Barat (Tipe Asiatis).
  • Fauna Indonesia Bagian Tengah (Tipe Peralihan).
  • Fauna Indonesia Bagian Timur (Tipe Australic).

 

BACA JUGA :   SD Kelas 5 - IPA - SISTEM PEREDARAN DARAH PADA HEWAN DAN MANUSIA - RANGKUMAN

Fauna Indonesia Bagian Barat (Tipe Asiatis) :

Mencakup wilayah Jawa, Sumatra, Bali, dan Kalimantan. Banyak ditemui mamalia yang berukuran besar seperti gajah, badak bercula satu, banteng, macan, tapir, kerbau, rusa, orang utan, monyet, babi hutan, bekantan, dan lain- lain.
Banyak juga ditemui reptil seperti ular, kadal, tokek, buaya, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling.
Berbagai jenis burung yang banyak dijumpai di daerah ini antara lain burung hantu, elang, merak, gagak, jalak, kutilang, dan berbagai macam unggas.
Adapun berbagai macam ikan tawar dapat dijumpai di wilayah ini, seperti pesut.

 

Fauna Indonesia Bagian Tengah (Tipe Peralihan) :
Wilayah ini juga sering   disebut dengan   wilayah fauna kepulauan wallace. Mencakup wilayah Sulawesi, Timor, Maluku, dan Nusa Tenggara serta sejumlah pulau-pulau kecil di sekitarnya.
Fauna yang menghuni wilayah ini antara lain babi rusa, anoa, kuda, monyet saba, babi,beruang, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, tarsius, sapi, dan banteng.
Reptil yang menghuni wilayah ini antara lain biawak, komodo, buaya, dan ular.
Berbagai jenis burung yang banyak dijumpai di daerah ini antara lain maleo, mandar, raja udang, burung dewata,  rangkong, dan  kakatua  serta nuri.

Fauna Indonesia Bagian Timur (Tipe Australic).

Mencakup wilayah Halmahera, Papua, dan Kepulauan Aru. Mamalia yang banyak ditemui di wilayah ini antara lain beruang, kanguru, walabi, landak irian, kuskus, kanguru pohon, pemanjat berkantung, dan kelelawar. Di wilayah ini tidak ditemukan kera.
Banyak juga ditemui jenis reptil seperti ular, kadal, buaya, dan biawak.
Berbagai jenis burung yang banyak dijumpai di daerah ini antara lain cenderawasih, kasuari, nuri, raja, udang, dan namudur Adapun jenis ikan air tawar relatif sedikit.

Pancasila.

Segala perbuatan yang kita lakukan haruslah bisa dipertanggungjawabkan, baik kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, maupun Tuhan Yang Maha Esa. Kita pun harus siap menerima akibat-akibat dari setiap perbuatan yang kita lakukan, seperti pujian atau cemoohan, hadiah atau hukuman, pahala atau dosa. Contohnya, jika kita membuang sampah ke sungai, maka kita juga harus siap menerima akibatnya, yakni banjir. Jika kita menebang hutan sembarangan, maka kita pun harus siap menerima akibatnya, yakni tanah longsor. Dengan demikian kita harus menjaga perilaku kita terhadap alam. Jika alam terjaga dengan baik, maka hidup kita pun juga akan baik.

Perilaku manusia terhadap alam berbanding lurus dengan bencana yang timbul dan berdampak pada manusia. JIka berperilaku baik terhadap alam, maka hidup akan nyaman. Namun jika berperilaku buruk terhadap alam, maka bencana yang akan datang.

 

BACA JUGA :   Pelajaran 5 - Panas dan Perpindahannya - SD Kelas 5 Tema 6 - Sub Tema 1 - K2013 Rev 2017

Pembelajaran 5.

“Wah, hebat sekali Pak Bejo itu. Sudah tua tetapi masih kuat mencangkul. Tulang dan otot-otot tangannya masih kuat mengayun cangkul yang berat. kakinya pun masih kukuh berdiri dan berjalan di lumpur yang pekat,” puji Beni.

“Betul sekali, Beni. Pak Bejo sudah terbiasa melakukan hal tersebut sejak remaja. Dia pun melakukannya sebatas dengan kekuatan dan kemampuannya. Dia tidak pernah memaksakan untuk melakukan kegiatan yang di luar batas kemampuannya. Jika kita paksa bisa-bisa tangan atau kaki kita bisa cedera,” jawab Pak Anto.

Otot memiliki peran penting dalam setiap gerak manusia. Sama halnya dengan tulang. Otot merupakan organ gerak aktif manusia dan hewan.

Coba kamu amati aktivitas sehari-harimu. Pada saat memegang sebuah benda, organ tubuhmu yang paling berperan adalah otot.

Tahukah kamu apa itu otot?

Otot adalah jaringan yang ada di dalam tubuh manusia, berupa alat gerak aktif yang menggerakkan tulang sehingga menyebabkan suatu organisme atau indvidu dapat bergerak. Otot bekerja dengan cara berkontraksi dan berelaksasi.

Fungsi Otot pada Manusia :
•       Menjalankan dan melaksanakan kerja contohnya berjalan, mengangkat, dan memegang.
•       Menggerakkan jantung.
•       Mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat yaitu nutrisi, oksigen, dan lain- lain.

Macam-Macam Otot Manusia :

1. Otot Polos.

Otot Polos adalah otot yang bekerja tanpa kesadaran kita yang dipengaruhi oleh sistem saraf tak sadar atau saraf otonom, otot polos dibentuk oleh sel-sel yang berbentuk gelendong dimana kedua ujungnya runcing dan mempunyai 1 inti sel.

Ciri-ciri Otot Polos

• Waktu kontraksi antara 3 sampai 180 detik.
•       Bentuk dari otot polos adalah gelendong.
•       Terletak pada organ dalam.
•       Memiliki satu inti sel yang berada di tengah.
•       Pergerakannya dari otot polos lambat dan mudah lelah.
•       Dipengaruhi oleh saraf otonom.
•       Otot polos biasanya berada pada bagian usus, saluran peredaran darah, dan otot di saluran kemih.
•       Tidak    diperintah     oleh    otak    atau tidak dipengaruhi oleh otak.

 

2.  Otot Lurik .
Otot lurik adalah otot yang menempel pada rangka tubuh manusia yang digunakan dalam pergerakan. Otot lurik adalah otot yang bekerja di bawah kesadaran. Otot lurik juga dinamakan otot rangka, Mengapa? karna menempel pada rangka. Dinamakan otot lurik karena adanya sisi gelap dan terang yang berselang seling.

Ciri-ciri Otot Lurik :

  • Bentuk silindris dengan garis gelap,
  • Melekat pada,
  • Bekerja secara sadar dengan perintah,
  • Cepat dan mudah,
  • Bentuk yang panjang dan memiliki banyak inti sel (multisel).
  • Mempunyai pigmen,
  • Inti sel yang berada di tepi.

Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang bekerja secara terus-menerus tanpa istirahat atau berhenti. Otot jantung merupakan perpaduan antara otot lurik dan otot polos karna adanya persamaan yang ada pada otot jantung misalnya, memiliki sisi gelap terang dan inti sel yang berada di tengah. Otot jantung berfungsi dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Otot Jantung bekerja di bawah kesadaran manusia. Saraf yang memengaruhi otot jantung adalah saraf simpatik dan parasimpatik.

Ciri-ciri Otot Jantung :

  • Otot jantung berbentuk
  • Memiliki
  • Otot jantung terletak pada
  • Memiliki satu inti sel yang berada di
  • Bekerja tanpa kesadaran
  • Bekerja terus menerus dan tidak membutuhkan istirahat.

Dengan mengetahui macam dan fungsi otot dalam tubuh manusia, kita jadi tahu betapa pentingnya peran otot dalam kehidupan manusia. Coba kamu bayangkan seandainya kamu tidak memiliki otot? Ataukah otot- ototmu mengalami gangguan dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Membaca.

Otot Manusia.

Otot-otot dalam tubuh manusia memiliki beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama adalah untuk bergerak. Adapun fungsi-fungsi yang lain antara lain untuk mendukung tubuh, menjaga postur tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Semua fungsi otot tersebut dapat dilakukan apabila otot dalam keadaan sehat, tanpa terjadi gangguan atau kelainan.

Otot dalam tubuh manusia berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja. Gerak yang disengaja berarti dilakukan secara sadar dan membutuhkan usaha tersendiri pada tiap-tiap bagian otot. Contoh gerak yang disengaja antara lain berjalan, membungkuk, memutar, memegang, dan mengangkat.

Selain itu, otot dalam tubuh manusia juga berperan dalam gerakan manusia yang tidak disengaja. Gerak manusia yang tidak disengaja adalah gerakan yang terjadi secara otomatis. Contoh gerak yang tidak disengaja antara lain pernapasan, gerak pencernaan makanan melalui sistem pencernaan, dan detak jantung.

Otot dalam tubuh juga berfungsi memberikan dukungan. Otot-otot dalam tubuh manusia, khususnya otot-otot pada rangka bekerja untuk mendukung tubuh. Misalnya ketika duduk dan berdiri, otot-otot rangka ini akan melakukan penyesuaian gerakan dengan memperkuat sendi dengan menopang tulang sehingga berada pada posisi yang tepat. Selain itu otot rangka juga memegang peranan penting dalam menentukan kekuatan tubuh secara keseluruhan dan kemampuan untuk melakukan aktivitas fisik. Dengan otot yang kuat maka kesehatan tubuh kita juga akan terjaga dan kita pun akan bisa melakukan berbagai gerakan.

Fungsi lain dari otot adalah untuk mempertahankan postur tubuh. Otot-otot rangka membantu manusia misalnya untuk berdiri dan mempertahankan sikap tegak. Dalam hal ini otot-otot tersebut juga membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Otot juga berperan dalam menjaga suhu tubuh secara keseluruhan. Sistem otot dapat merespon jika tubuh mengalami penurunan dan peningkatan suhu tibuh. Contoh respon otot ketika terjadi penurunan suhu tubuh adalah menggigil. Menggigil adalah respon tidak sengaja dimana otot berkontraksi secara tepat untuk menghasilkan panas. Otot yang menggigil tersebut menuntut peningkatan darah yang mengandung oksigen untuk meningkatkan suhu tubuh.

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.

 

Ketrampilan.

Buatlah gambar cover bacaan di atas. Masih ingatkah kamu pengertian dan unsur-unsur yang harus ada dalam cover?
Agar dapat menghasilkan gambar cover yang baik, kamu harus benar-benar memahami isi bacaan terlebih dahulu. Setelah itu kamu harus menentukan terlebih dahulu desain background (latar).

Ada dua macam desain dalam membuat cover,  yakni:
1. Cover dengan latar berwarna putih dan tulisan sederhana.
2. Desain penuh warna dan gambar.

 

 

1.Penjelasan  Cover dengan latar berwarna putih dan tulisan sederhana.

Pada jenis ini, tidak ada gambar yang memenuhi halaman. Bahkan terkadang hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak dominan adalah warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan sebagai ruang yang lega agar mata tidak sesak terpenuhi oleh gambar.

2.Penjelasan Desain penuh warna dan gambar :
Pada jenis ini, bagian yang dominan adalah gambar ilustrasi dan judul. Selain itu juga disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.

Nah sekarang giliranmu membuat gambar cover buku. Buatlah cover buku dari bacaan yang berjudul Otot Manusia. Gambar yang kamu buat haruslah memperhatikan unsur-unsur dalam membuat cover seperti yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

Pembelajaran 6.

Pak Anto dan Beni kaget, tiba-tiba terdengar suara teriakan minta tolong. Mereka berdua pun segera mencari dan menghampiri sumber suara tersebut. Oh, ternyata kaki salah satu pekerja keseleo karena terpeleset saat melangkah keluar dari sawah. Dia nampak kesakitan sekali.

“Kenapa dengan Pak Bejo, Pak?” tanya Beni khawatir.

“Oh, kaki Pak Bejo keseleo. Rasanya sakit sekali,” jawab Pak Anto. “Apa itu keseleo, Pak?” tanya Beni penasaran.

“Keseleo merupakan gangguan atau cedera yang terjadi pada otot. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya gerakan dadakan, kekurangsiapan otot untuk melakukan suatu gerakan, juga karena adanya paksaan gerakan pada otot,” jelas Pak Anto.

“Oh, begitu ya, Pak” sahut Beni.

“Beni, keseleo bisa terjadi kapan saja dan dimana saja serta dalam kegiatan apa saja, misalnya saat berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang rentan terjadi keseleo atau cedera otot adalah sepak bola. Karena dalam sepak bola, kerja otot sangat diforsir. Tubuh harus bergerak dan berlari dalam waktu yang lama.” jelas Pak Anto.

“Oleh karena itu, untuk memperkecil kemungkinan terjadinya cedera, sebelum melakukan permainan sepak bola dan olahraga lainnya harus menguasai teknik-tekniknya terlebih dulu. Selain itu, kita harus melakukan pemanasan agar tulang dan otot-otot kita dalam keadaan siap,” tambah Pak Anto.

“Oh, menguasai tekhnik berarti sangat penting ya, Pak. Agar kita dapat melakukan permainan dengan baik, juga untuk memperkecil resiko terjadinya cedera,” kata Beni.

Setelah dirawat dan diobati, kaki Pak Bejo yang keseleo berangsur-angsur membaik. Dari yang sebelumnya tidak bisa digerakkan dan sakit, kini sudah bisa digerakan tanpa terasa sakit. Kaki Pak Bejo sudah bisa ditekuk, diluruskan dan diputar-putar. Pak Anto dan Beni pun senang melihatnya.

Sekarang kaki Pak Bejo pun bisa digerak-gerakkan kembali. Pak Bejo pun dapat melakukan berbagai aktivitas yang memanfaatkan kerja otot.

Macam-Macam Gerak Otot :
1.      Gerak meluruskan contohnya meluruskan lutut, siku dan ruas jari.
2.      Gerak menekan ke bawah atau menurunkan.
3.      Gerak memutar lengan sehingga telapak menelungkup.
4.      Gerak menjauhkan, contohnya gerak tungkai menjauhkan dari sumbu tubuh.
5.      Gerak yang memutar lengan sehingga tangan menegadah.
6.      Gerak yang mendekatkan sumbu tubuh contohnya gerak yang mendekatkan tungkai dengan sumbu tubuh.
7.      Gerak yang membengkokkan contohnya membengkokkan siku, ruas jari  dan lutut.

Banyak fungsi dari jaringan otot pada tubuh manusia. Namun terkadang orang kurang memperhatikan cara menjaga kesehatan otot. Oleh karena itu sering terjadi kram, nyeri, atau cedera otot yang cukup menyakitkan. Bagaimanakah cara menjaga kesehatan otot?

Cara menjaga dan merawat otot pada manusia adalah sebagai   berikut :

1. Menghindari gerakan yang membebani kerja otot secara berlebihan.
Agar terhindar dari gangguan atau cedera pada otot, maka kita harus menghindari kegiatan atau gerakan yang dipaksakan, gerakan tiba-tiba, dan kegiatan-kegiatan yang terlalu membebani kerja otot.

2. Melakukan peregangan.
Lakukan beberapa gerakan peregangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu yang memanfaatkan kerja otot dalam jangka waktu yang lama seperti saat melakukan olah raga, berjalan jauh, dan berlari.

3. Melakukan latihan rutin.
Banyak latihan fisik yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan otot. Latihan rutin ini dapat dilakukan dengan beban maupun tanpa beban, bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Misalnya jogging, bersepeda, latihan kebugaran di pusat kebugaran, dan lain-lain.

4. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Sedikitnya mengonsumsi 6 gelas air sehari agar dapat menjaga kesehatan tubuh. Cairan dapat membantu otot melemas setelah berkontraksi serta dapat melembabkan sel-sel otot, sehingga tidak mudah mengalami ketegangan.

5. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi otot.
Banyak jenis makanan yang mengandung gizi yang baik bagi otot, khususnya untuk pembentukan otot. Makanan-makanan tersebut antara lain putih telur, susu, ikan tuna, sayur brokoli, dada ayam, daging sapi, minyak ikan, keju, kacang almond dan kacang arab, dan bayam.

6.  Meringankan nyeri otot.
Gunakan krim khusus otot untuk menimbulkan rasa hangat sehingga otot yang kram menjadi lebih rileks.

Membaca :

Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia.

Ade Rai adalah sosok pria perkasa yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Sebagai binaragawan Indonesia, banyak sudah prestasi yang diraihnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Saat ini Ade Rai telah pensiun sebagai atlet binaraga, meskipun demikian, ia tetap aktif menjadi pembina dan membuka tempat kebugaran di beberapa daerah di Indonesia.

Pada waktu kecil, Ade Rai hanya seorang anak kecil yang memiliki tubuh kurus, bahkan bisa dibilang sangat kurus. Pada umur 10 tahun, Ade Rai hanya memiliki berat badan 25 kg. Bahkan, hingga mencapai remaja dengan tinggi 183 cm, berat badan Ade Rai hanya 55  kg.

Ade Rai, dia memiliki minat yang tinggi dalam bidang olahraga. Pada awalnya dia menggeluti bidang olahraga bulu tangkis. Namun, Ade Rai tidak begitu lama menggeluti bulu tangkis, hingga pada akhirnya dia lebih memilih untuk menjadi seorang atlet binaraga.

Prestasi pertama Ade Rai dalam bidang binaraga diraih pada tahun 1995. Prestasi tersebut memicunya untuk terus aktif mengikuti berbagai kejuaran, mulai dari lingkup kecil hingga besar, mulai dari lokal, nasional, hingga internasional. Hingga akhirnya Ade Rai terus berkembang dan meraih prestasi demi prestasi dari berbagai kejuaraan.

Masalah prestasi yang diraih Ade Rai tidak perlu diragukan lagi. Dari berbagai kejuaraan yang diikutinya selalu membuahkan hasil yang mengagumkan. Salah satunya kemenangannya di Musclemania World (Kejuaraan Dunia Binaraga ) kelas berat ringan. Dari situlah kemudian membawa Ade Rai menuju ke kejuaraan multi-event Asia Tenggara (Sea Games) pada tahun 1997. Pada kejuaraan tersebut Ade rai pun mampu mempersembahkan emas bagi bangsa Indonesia. Bahkan, setelah itu masih banyak piala dan medali yang dia raih dari berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

Berkat prestasi-prestasinya itulah, Ade Rai turut mempromosikan binaraga di Indonesia. Dari sebelumnya yang sepi peminat, hingga akhirnya olahraga binaraga menjadi olahraga yang banyak diminati di Indonesia, baik oleh pria maupun wanita.

Setelah pensiun sebagai atlet pun, Ade Rai masih berkecimpung dalam dunia binaraga. Dia membuka beberapa pusat latihan dan kebugaran   di beberapa daerah. Selain itu, Ade Rai juga menjual suplemen dan melakukan perlatihan sertifikasi untuk para profesional di bidang fitness. Ade juga aktif mengampanyekan hidup sehat melalui fitness dengan menerbitkan buku dan majalah serta menjadi pembicara di berbagai seminar dan acara.

Disarikan dari wikipedia.

Seorang atlet binaraga memerlukan latihan yang rutin, terukur, dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam membentuk otot-ototnya. Selain itu, mereka juga menjaga sekali pola makannya. Tentunya dengan pola makan yang sehat. Mereka sangat memperhatikan asupan makanannya mulai dari gizi, komposisi, porsi, dan kebersihannya. Jadi, untuk menjadi seorang binaragawan tidak bisa dilakukan secara instan dengan hanya minum obat-obatan atau suplemen penambah massa otot saja. Apalagi sampai mengkonsumsi bahan-bahan berbahaya hanya sekedar ingin cepat mendapatkan otot yang besar.

 

 

 
 

 

 

1 thought on “SD Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *