SD5 Tema 1 Sub 2 Manusia dan Lingkungan LKS

SD Kelas 5 Tema 1 Sub 2 Manusia dan Lingkungan LKS.

Di antara kamu mungkin sudah ada yang terbiasa melakukan aktivitas bersepeda; Bersepeda termasuk kegiatan yang menyenangkan. Kamu dapt beràngkat ke sekolah dengan naik sepeda. Kamu dapat berkeliling kampung dengan sepeda. Kegiatan tersebut akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman.

Selain menyenangkan, bersepeda juga menyehatkan. Anggota tubuh ikut bergerak saat mengendarai sepeda.. Bersepeda melibatkan organ gerak dalam tubuh, di antaranya kaki dan tangan. Kegiatan mi sebaiknya dilakukan di pagi had. Udara pagi yang bersih sangat baik bagi kesehatan. Dengan rutin bersepeda, organ gerak dalam tubuh aican bekerja sebagaimana mestinya. Tubuh pun menjadisehat. Organ gerak yang sehat akan mendukung semua aktivitas keseharianmu.

Pembelajaran 1.

A. Aktivitas Sehari-hari yang Memanfaatkan Kerja Organ Gerak.

Amatilah ilustrasi di bawah. Tampak gambar orang naik sepeda motor dan anak naik sepeda. Aktivitas pada gambar manakah yang bisa membuat tubuh sehat? Sepeda dan sepeda motor sama-sama merupakan alat transportasi yang memudahkan kita bepergian ke suatu tempat. Akan tetapi, penyebab kedua benda tersebut bergerak berbeda. Sepeda motor bergerak karena adanya mesin. Sementara itu,sepeda digerakkan dengan cara dikayuh pedalnya.

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak. Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh. Bersepeda tidak hanya melibätkan bagian kaki. Banyak orang yang beranggapan bersepeda hanya mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha. Namun, sebenarnya bersepeda merupakan latihan fisik yang melibatkan hampir setiap bagian tubuh. Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin dapat mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.

Ayo. kerfakan dengan balk?
Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan aktivitas fisik sederhana. seperti berjalan, berlari (jogging). dan bersepeda. Lakukan aktivitas-aktivitas tersebut secara rutin bersama teman atau keluargamu. Selanjutnya. ceritakan pengalamanmu melakukan aktivitas fisik sederhana tersebut di depan kelas.

Isilah !

1. Bersepeda merupakan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ ? jawab : gerak.
2. Dalam melakukan gerakan, manusia menggerakkan organ gerak yang terdiri atas Tangan  dan Kaki.
3. Dalam kehidupan sehari-hari otot disebut dengan ? jawab : daging.
4. Tulang-tulang dalam tubuh manusia tersusun dengan sistem tertentu disebut ? jawab Rangka tubuh manusia.
5. Melatih kekuatan otot tubuh harus dilakukan secara ?  Jawab : Rutin.

Jawablah :

1. Apa saja penyusun sistem gerak manusia?
Jawab : rangka (tulang), persendian, dan otot.

2. Tuliskan fungsi sistem gerak pada manusia!
Jawab : Fungsi sistem gerak pada manusia ialah untuk memberikan betuk tubuh, memudahkan manusia untuk melakukan aktivitas, seperti berlari, berjalan, menari dsb. Sistem gerak pada manusia terdiri dari persendian, otot dan tulang-tulang yang bergabung membentuk rangka.

3. Sebutkan tiga contoh aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh kérja organ gerak! berlari, berjalan, makan, bekerja.

4. Mengapa melakukan kegiatan fisik! bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat badan kita Iebih sehat? Jelaskan! Dengan melakukan kegiatan fisik maka otot-otot dan tulang menjadi kuat dan sehat.

5. Kegiatan melempar bola, maka organ gerak yang dominan adalah tangan.

 

BACA JUGA :   SD5.1 Wujud Benda dan Cirinya - Olahraga Kesehatan

Ayo Membaca!

Manfaat Bersepeda.

Bersepeda pada pagi han sangat menyenangkan dan menyehatkan tubuh. Bersepeda pada pagi han menyenangkan karena udara masih sejuk: Selain itu, kita masih bisa menikmati keindahan di sekitar jalan yang kite Ialui. Bersepeda pada pagi han sangat bagus bagi kesehatan tubuh jika kita melakukannya secara-rutin.

Bersepeda mampu membakar kalori dalam tubuh. Bersepeda dapat membakar kaloni sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang. Sementara itu, bersepeda dengan kecepatan relatifcepatdapat membakar 400 kaloni per jam.

Bersepeda mampu membuat kerangka tubuh menjadi kuat dan tegak. Banyak. orang mengira apabila tenlalu sening bersepeda akan membuat postur tubuh sedikit membungkuk. Fakta menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin mampu membuat tubuh menjadi kuat dan tegak.

Bersepeda mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina: Dengan bersepeda, tubuh menjadi Iebih kebal terhadap serangan penyakit seperti batuk dan pilek. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan stamina. Bersepeda dapat memperkuat jantung dan peru-paw sehingga akan membuat kamu bekerja Iebih efisien.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bersepeda juga ramah terhadap Iingkungan. Dengan bersepeda, kite mendukung gerakan go green. Kita ikut menyelamatkan kelestarian bumi yang sudah semakin panas. Bersepeda ramah Iingkungan karena tidak menggunakan bahan baker yang dapat menimbulkan polusi udara. Dengan demikian, udara mehjadi Iebih bersih.

Disadur dan: http://bIog.cozmeed.com

 

Ayo Membaca.

Kampung Nenekku.

Aku dan keluarga menghabiskan libur akhir pekan dirumah nenek. Rumah nenek berada di lereng Gunung Lawu. Daerah tempat tinggal nenek sangat subur dan berhawa dingin. Selain itu, suasana di rumah nenek masih asri.
Ketika berada di rumah nenek, aku dan kakakku selalu meluangkan waktu untuk bersepeda. Kami biasanya .bersepeda bersama sepupu kami yang tingga( bersama nenek. Ada kalanya kami hanya berjalan kaki menyusuri jalan setapak di area ladang yang ditanami sayuran.

Pagi ini kami bersepeda melewati ladang wortel. Aku sangat bahagia ketika melewati ladang wortel. Aku sangat ingin mencoba memanen wortel. Aku ingin mencabut wortel yang siap panen. Namun, keinginan itu belum pernah tercapai sejak dahulu. Setiap berlibur aku tidak pernah menemui petani memanen wortel. Oleh sebab itu, aku belum pernah memanen wortel.

Kami melanjutkan perjalanan bersepeda mengelilingi kampung. Jalan kampung yang kami lalui sangat bersih. Penduduk di kampung nenek rajin menjaga kebersihan Iingkungan. Mereka bekerja bakti setiap bulan sekali. Sungai kecil yang mengalir di depan rumah pun tampak bersih.

 

BACA JUGA :   Pengaruh Kalor - Panas pada Kehidupan - SD Kelas 5 Tema 6 - Sub Tema 3-2 - K2013 Rev 2017

 

Pembelajaran 2.

Pada saat kita berjalan, mengapa kaki kita bisa bergerak? Mengapa juga tangan kita bisa memegang, menggenggam, dan berayun? Kaki dan tangan kita bisa bergerak karena pada kaki dan tangan kita terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot iniIah yang bisa menggerakkan kaki dan tangan kita. Tulang dan otot merupakan alat gerak.

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak mi bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut sebagal alat gerak pasif.karena tulang merupakan bagian yang digerakkan. Sebaliknya, otot disebut sebagai alat gerak aktif karena qtot dapat berkontraksi bertindak sebagai penggerak. Tulang-tulang dalam tubuh manusia bersambungan dan tersusun secara teratur membentuk rangka. Perhatikan gambar rangka tubuh manusia berikut.

Rangka tubuh manusia terdiri atas tiga bagian, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.

1. Rangka Kepala (Tengkorak).

Tulang tengkorak berguna untuk melindungi otak da bela mata yang merupakan organ lemah. Tulang-tulang pembentuk tengkorak dibedakan atas tulang tengkorak wajah (muka) dan tengkorak pelindung otak.
Tengkorak wajah terdiri atas tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang atas, tulang rahang bawah, tulang air mata, tulang langit-langit, dan tulang Iidah. Sementara itu, tengkorak pelindung otak terdiri atas tulang dahi, tulang pelipis, tulang ubun-ubun, tulang baji, tulang tapis, dan tulang kepala belakang.

 

2. Rangka Badan.

Rangka badan terdiri atas lima bagian.
a. Tulang Belakang : Tulang belakang terdiri atas 33 ruas, yaitu 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.
b. Tulang Dada : Tulang dada terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian hulu, badan, dan taju pedang.
c. Tulang Rusuk : Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang, yaitu 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.
d. Tulang Gelang Bahu : Tulang gelang bahu tersusun atas sepasang tulang belikat yang berbentuk segitiga pipih dan sepasang tulang selangka berbentuk seperti huruf S.
e. Tulang Gelang Panggul : Tulang gelang panggul terdiri atas sepasang tulang usus yang berguna untuk menopang usus, sepasang tulang duduk yang berguna untuk menopang tubuh saat duduk, dan sepasang tulang kemaluan yang berguna untuk tempat menempelnya alat kemaluan.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 5 Tema 6 - Kisah Kakak beradik Nelayan - Literasi 3

3. Rangka Anggota Gerak.
Rangka anggota gerak meliputi tangan dan kaki.

a. Lengan.
Tangan (anggota gerak atas) tersusun atas tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang ruas-ruas Jan Ia ngan
b. Tungkai.
Kaki (anggota gerak bawah) tersusun atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kiring, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, dan tulang ruas-ruas Jan kaki.

Berdasarkan bentuknya, tulang manusia dikelompokkan menjadi empat sebagal berikut.
1. Tulang pipa, berbentuk bulat panjang seperti pipe. Contoh tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang paha, tulang kering, tulang betis, ruas-ruas jari tangan, dan ruas-ruas jari kaki.
2. Tulang pipih, berbentuk pipih atau gepeng. Contoh tulang usus, tulang rusuk, tulang dada, tulang belikat, dan tulang tengkorak.
3. Tulang pendek, berbentuk bulat pendek. Contoh tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki, dan ruas-ruas tulang belakang.
4. Tulang tidak beraturan, bentuknya tidak beraturan. Contoh tulang rahang.

Secara umum fungsi rangka tubuh manusia sebagai berikut.
1. Memberi bentuk-tubuh.
2. Menegakkan dan menopang tubuh.
3. Tempat melekatnya otot.
4. Melindungi organ dalam tubuh.
5. Tempat pembentukan sel darah merah.
6. Sebagai-alat gerak pasif.

  • Rangka dapat digerakkan karena adanya Otot dan Persendian.
  • Otak dilindungi oleh tulang tengkorak.
  • Rangka kepala (tengkorak) terbagi menjadi dua bagian, yaltu.Tulang Wajah dan Pelindung Otak.
  • Tulang gelang bahu dibentuk oleh selangka dan tulang belikat.

Perhatikan gambar benikut!

  

    

1. Mengapa tulang disebut sebagal alat gerak pasif? Jawab : Karena tulang baru dapat bergerak jika ada tarikan dari otot.

2. Sebutkan tulang yang menyusun tengkorak wajah! Jawab : Tulang Dahi, Tulang Baji, tulang air mata, tulang hidung, tulang rahang atas dan bawah, tulang lidah, tulang pipi.

3. Tuliskan fungsi dan:
a. tulang usus fungsinya s adalah melindungi sistem ekskresi,sistem pencernaan /usus.
b. tulang duduk : tulang duduk adalah tulang yang menjadi tumpuan pada saat kita duduk
tulang inii terdapat pada bagian bawah tubuh .
c. tulang kemaluan. Untuk melindungi organ organ dalam kemaluan
4. Sebutkan tulang-tulang yang menyusun anggota gerak atas!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *