SD4 Tema 5.2 draft

 

Indonesia mempunyai pahlawan nasional yang berjuang untuk merebut dan mempertahankan  kemerdekaan. Siapa sajakah mereka? Apa yang telah mereka perjuangkan?

Pahlawan Indonesia.

Pahlawan adalah seseorang yang berjuang untuk negara. Setiap negara mempunyai pahlawan nasional. Ia melakukan sesuatu yang berani dan membanggakan. Indonesia memiliki banyak pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Mereka berjuang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah dari Indonesia.

Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini tidak terlepas dari perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan. Mereka bukan hanya mengorbankan harta, namun juga jiwa dan raga. Karena perjuangan mereka, kita dapat menikmati kebebasan; kebebasan dalam menentukan cita-cita, mendapatkan pendidikan, serta kebebasan mengemukakan pendapat.

Banyak pahlawan dari berbagai wilayah di Indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekarang kamu akan mengenal beberapa pahlawan nasional. Seperti apa perjuangan mereka? Sikap apa yang mereka miliki? Bagaimana strategi mereka dalam berjuang? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.

sd4-pahlawan-indonesia

Berikut adalah nama pahlawan yang dimiliki oleh Indonesia pada masa penjajahan.
– Cut Nyak Dhien dari Aceh,
– Pangeran Antasari dari Banjarmasin,
– Pattimura dari Maluku,
– Sisingamangaraja dari Sumatera Utara,
– Dewi Sartika dari Jawa Barat,
– Pageran Diponegoro dari Yogyakarta,
– Silas Papare dari Papua.

 

KAPITAN PATTIMURA

Pattimura bangkit memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah dan bahkan harus menyerahkan beberapa bahan pangan kepada Belanda.

Kapitan Pattimura adalah pahlawan dari Maluku. Beliau lahir pada tanggal 8 Juni 1783 dan meninggal pada tanggal 16 Desember 1817.

Pada tahun 1817, perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin oleh Pattimura berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Perlawanan Pattimura meluas ke Ambon, Seram, dan tempat- tempat lainnya.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 5.2 - Pahlawanku - Pahlawanku Kebanggaanku

Setelah berulang kali kalah melawan pasukan Pattimura, Belanda akhirnya meminta bantuan pasukan dari Jakarta. Keadaan jadi berbalik, Belanda makin kuat dan rakyat Maluku terdesak. Akhirnya, Pattimura tertangkap Belanda. Pada tanggal 16 Desember 1817, Pattimura menjalani hukuman mati di tiang gantungan.

Pattimura berjuang melawan penjajah Belanda supaya kekayaan alam Indonesia yang berupa rempah-rempah tidak dikuasai oleh mereka. Tahukah kamu mengapa rempah-rempah menjadi daya tarik bagi penjajah? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut!

Cengkih.
Maluku, dahulu dikenal oleh para penjelajah sebagai Spice Islands (Kepulauan Rempah-Rempah). Cengkih mempunyai banyak manfaat. Sebagai bumbu masak, cengkih digunakan dalam bentuk bunga utuh maupun bubuk. Cengkih juga digunakan sebagai bahan dupa oleh bangsa Cina dan Jepang. Selain itu, minyak cengkih digunakan untuk aromaterapi dan sebagai obat sakit gigi.

Lada.
Lada terutama dihasilkan di Pulau Bangka. Lada memiliki manfaat untuk melegakan saluran pernapasan dan melancarkan aliran darah di sekitar kepala. Rasa pedas dan hangat dari lada banyak digunakan untuk mengobati influenza, mual akibat masuk angin, kepala pusing dan perut kembung. Lada juga digunakan sebagai bumbu masakan.

Kegunaan : Ketumbar untuk bumbu masak dan obat, Cengkeh : bumbu pada rokok, juga untuk aroma pada masakan, Lada : bumbu masak dan obat.

Pahlawan Pattimura berjuang agar rempah-rempah Maluku tidak dikuasai oleh Belanda. Kita harus bangga dengan perjuangannya.

Edo, Siti, dan Beni ingin mengetahui lahan cengkih yang ada di Indonesia.

 

No.

 

Provinsi

 

Luas (ha)

Pembulatan luas (ha) menurut Edo Pembulatan luas (ha) menurut Siti Pembulatan luas (ha) menurut Beni
1. Sulawesi Utara 74,844 74,8 74,8 75,0
2. Sulawesi Tengah 44,446 44,5 44,4 44,4
3. Sulawesi Selatan 41,084 41,1 41,1 41,0
4. Jawa Timur 41,004 41,0 41,0 41,0
5. Jawa Tengah 38,280 38,2 38,3 38,0
6. Maluku 35,740      
7. Jawa Barat 32,318      
8. Aceh 22,166      
9. Maluku Utara 17,240      
10. Bali 15,617      
  Lainnya 90,553      
  Jumlah 453,292    

 

Kamu telah mengetahui rempah-rempah adalah salah satu kekayaan alam yang harus disyukuri. Berkat jasa para pahlawan, kekayaan alam tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

 

BACA JUGA :   SD4 1-1 Agama Katolik - Pribadi Peserta Didik

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *