SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 4.

SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 4.

Tuhan menghadirkan malam untuk kita beristirahat.
Tuhan menghadirkan siang untuk kita beraktifitas.
Terima kasih Tuhan yang telah mengatur alam dengan seimbang.
Apa yang terjadi jika tidak ada peristiwa siang dan malam?
Menggunakan waktu sesuai dengan kegiatan yang seharusnya adalah salah satu  contoh sikap adil.
Apakah kamu sudah adil dengan dirimu sendiri?
Coba tuliskan kembali kegiatan yang biasa kamu lakukan dari pagi hingga malam.

Amatilah kegiatan tersebut.
1. Apakah waktu istirahatmu sudah cukup?
2. Apakah waktu belajarmu sudah cukup?
3. Apakah waktu bermainmu sudah cukup?
4. Apakah kamu sudah adil dengan dirimu sendiri?
5. Jika belum, kegiatan mana yang akan kamu perbaiki?

Bersikap adil terhadap diri sendiri adalah contoh pengamalan sila kelima Pancasila.
Berikan contoh lain dari sikap adil yang pernah kamu lakukan di rumah.
1. Setelah bermain, aku mengerjakan pekerjaan rumah.
2.  ….

Berikan contoh lain sikap tidak adil yang pernah kamu lakukan di rumah.
1. Sepulang sekolah, aku menggunakan semua waktuku untuk bermain.
2. … dan seterusnya.

 

Keutamaan Bumi Dibandingkan Planet Lainnya.

Bumi memenuhi semua syarat yang dibutuhkan untuk sebuah kehidupan.
Tidak ada planet lain yang dapat memenuhi syarat kehidupan seperti bumi.
Sebagian besar bagian bumi ditutupi air.

Hewan dan tumbuhan hidup subur untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Suhu bumi sangat sesuai untuk kehidupan makhluk hidup yang ada.
Bumi dilapisi oleh lapisan udara yang disebut atmosfer.
Atmosfer melindungi bumi dan penghuninya dari bagian cahaya matahari yang berbahaya. Atmosfer juga menghalangi bumi dari kemungkinan benturan benda-benda langit yang jatuh ke bumi.
Bumi memiliki gaya gravitasi.
Gaya gravitasi adalah gaya tarik bumi yang menyebabkan benda tidak jatuh meskipun bumi berotasi.
Bumi memiliki satelit yang bernama bulan.

Gaya gravitasi bumi menyebabkan benda-benda yang berada di atasnya akan  elalu tertarik ke bumi.
Contohnya, saat bermain bola, setinggi apapun kita melempar ke atas, bola akan  jatuh ke bawah.

Cobalah bermain memasukkan bola ke dalam keranjang. Berdirilah di depan papan keranjang. Lemparlah bola secara bergantian. Lakukan kegiatan lempar bola menggunakan satu dan dua tangan secara bergantian.
Hitung bola yang dapat kamu masukkan ke dalam keranjang.
Lakukan pemanasan sebelum melakukan permainan tersebut.

Diskusikan bersama temanmu.
1. Siapa yang dapat melempar bola paling tinggi?
2. Sejauh mana jarak yang dapat ditempuh bola tersebut?
3. Ke arah mana bola bergerak setelah dilempar?
4. Apakah terjadi hal serupa pada benda lain? Cobalah menggunakan beberapa benda yang ada di sekitarmu.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar