SD – Kisi-Kisi UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

SD – Kisi-Kisi UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL.

Materi Dapat di Download di sini ! SD UASBN 2018 (irisan)

Bahasa Indonesia – Membaca Non Sastra :

  • Peserta didik dapat: menentukan makna kata/istilah pada teks menentukan antonim/sinonim menggali informasi tersurat teks menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas).
  • Peserta Didik dapat menentukan ide pokok teks menggali informasi tersirat teks menentukan pernyataan sesuai isi teks mengidentifikasi jenis teks .
  • Peserta didik dapat: memprediksi kejadian berdasarkan isi teks membandingkan isi
    teks melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks.

Bahasa Indonesia – Membaca Sastra :

  • Peserta didik dapat: menentukan informasi tersurat pada karya sastra menentukan unsur
    intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) menentukan makna kata/simbol/kias.
  • Peserta didik dapat: menggali informasi tersirat dalam karya sastra  (menyimpulkan /
    memaknai bagian teks ) menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat,
    tema).
  • Peserta didik dapat: memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita menentukan nilai-
    nilai cerita menentukan keteladanan tokoh cerita .

Bahasa Indonesia – Menulis Terbatas :

  • Peserta didik dapat melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa .
  • Peserta didik dapat : menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat
    sesuatu) menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi) melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato) melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan .
  • Peserta didik dapat: memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata memperbaiki tata kalimat dalam paragraf.

Bahasa Indonesia –  Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca.

  • Peserta didik dapat: menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan menunjukkan kesalahan
    penggunaan tanda baca.
  • Peserta didik dapat : menggunakan ejaan menggunaan tanda baca.
  • Peserta didik dapat: memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca.

Matematika – Bilangan :

  • Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang:  operasi hitung bilangan cacah, operasi hitung bilang bulat, operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga, KPK dan FPB, pecahan, perbandingan.
  • Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
    – operasi hitung bilangan cacah,
    ˗ operasi hitung bilangan bulat,
    ˗ operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar  pangkat dua dan tiga ,
    ˗ KPK dan FPB,
    ˗ pecahan,
    ˗ perbandingan.
  • Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
    ˗ operasi hitung bilangan cacah,
    ˗ operasi hitung bilangan bulat,
    ˗ KPK dan FPB,
    ˗ pecahan,
    ˗ perbandingan.

Matematika – Geometri dan Pengukuran.

  • Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang:
    – satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan
    volum.
    – waktu, jarak, dan kecepatan,
    – keliling dan luas segiempat,
    – keliling dan luas lingkaran,
    – sifat-sifat bangun datar,
    – sifat-sifat bangun ruang,
    – koordinat Kartesius,
    – simetri dan pencerminan.
  • Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
    – satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum,
    – waktu, jarak, dan kecepatan,
    – keliling segiempat,
    – keliling dan luas lingkaran
    – luas permukaan kubus, balok, dan tabung
    – volume kubus, balok, dan tabung
    – koordinat Kartesius
    – simetri dan pencerminan
  • Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
    ˗ satuan ukuran,
    ˗ waktu, jarak, dan kecepatan,
    ˗ keliling dan luas segiempat
    ˗ keliling dan luas lingkaran
    ˗ luas permukaan kubus, balok, dan tabung
    ˗ volume kubus, balok, dan tabung.

Matematika – Pengolahan Data :

  • Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang:
    penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
    rata-rata hitung dan modus
  • Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
    ˗ penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
    ˗ rata-rata hitung dan modus
  • Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
    ˗ penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
    ˗ rata-rata hitung dan modus.

 

BACA JUGA :   Alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia - SD Kelas 5 Rangkuman

IPA – Makhluk Hidup dan Lingkungannya.

  • Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
    ˗ hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
    ˗ penyesuaian diri makhluk hidup
    ˗ pelestarian  lingkungan.
  • Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
    ˗ hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya,
    ˗ penyesuaian diri makhluk hidup.
  • Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
    ˗ hubungan antarmakhluk hidup,
    ˗ upaya manusia dalam pelestarian lingkungan.

IPA – Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup :

  • Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
    ˗ bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
    – daur hidup hewan,
    ˗ alat gerak dan fungsinya,
    ˗ sistem pernapasan pada manusia/hewan,
    ˗ sistem pencernaan pada manusia,
    ˗ sistem peredaran darah pada manusia,
    ˗ perkembangbiakan makhluk hidup,
    ˗ perkembangan dan pertumbuhan manusia,
    ˗ pemeliharaan kesehatan organ.
  • Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
    ˗ daur hidup hewan,
    ˗ mekanisme sistem gerak,
    ˗ mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah),
    ˗ pemeliharaan kesehatan organ.
  • Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
    ˗ hubungan antara system organ dan gangguan yang ditimbulkan,
    ˗ percobaan pada system organ hubungan antara daur,
    ˗ hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup.

IPA – Benda dan Sifatnya :

  • Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
    ˗ sifat benda,
    ˗ perubahan wujud benda.
  • Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
    ˗ sifat benda,
    ˗ perubahan wujud benda.
  • Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
    ˗ perubahan wujud benda.

 

IPA – Energi dan Perubahannya :

  • Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
    ˗ gaya dan gerak,
    ˗ bentuk energi dan perubahannya,
    ˗ suhu dan kalor,
    ˗ bunyi dan cahaya,
    ˗ listrik dan magnet.
  • Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
    ˗ gaya dan gerak,
    ˗ bentuk energy dan perubahannya,
    ˗ suhu dan kalor,
    ˗ bunyi dan cahaya,
    ˗ listrik dan magnet.
  • Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
    ˗ gaya dan gerak,
    ˗ bentuk energi dan perubahannya,
    ˗ suhu dan kalor,
    ˗ bunyi dan  cahaya,˗ listrik dan magnet.

IPA – Bumi dan Alam Semesta :

  • Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
    ˗ sumber daya alam,
    ˗ daur air,
    ˗ sistem tata surya.
  • Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
    ˗ sumber daya alam,
    ˗ daur air,
    ˗ sistem tata surya.
  • Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
    ˗ sumber daya alam,
    ˗ daur air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *