SD Kelas 4 Tema 9.2.1 – LKS – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

SD Kelas 4 Tema 9.2.1 – LKS – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

A. Perubahan Energi dan Pemanfaatannya.

Potensi sumber daya energi di Indonesia masih cukup besar. Meskipun begitu, kita harus bijaksana dalam memanfaatkan potensi tersebut, terutama sumber energi tak terbarukan. Jika digunakan secara sembarangan, potensi sumber energi tidak terbarukan akan cepat habis. Kita harus mulai berpikir untuk memanfaatkan potensi sumber energi terbarukan yang jumlahnya tidak terbatas. Hingga saat mi masih sedikit sumber energi terbarukan yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan energinya.
Secara umum sumber energi digunakan manusia untuK memenuhi kebutuhan energi di segala aktivitas hidupnya. Energi mempunyai arti kemampuan benda untuk melakukan suatu usaha atau kerja. Energi tidak dapat dimusnahkan. Namun, energi dapat berubah bentuk dan bentuk satu ke bentuk lainnya. Adanya perubahan bentuk dapat memaksimalkan manfaat energi tersebut. Coba perhatikan gambar berikut.

Pada gambar di samping tenlihat pedagang bakso menggunakan sumber energi berupa gas elpiji. Gas elpiji digunakan untuk memanaskan kuah bakso. Gas elpiji mengandung energi yang berupa energi kimia. Gas elpiji dialirkan ke kompor lalu disulut api sehingga kompor menyala. Pada saat menyala, kompor menghasilkan energi panas yang digunakan untuk mendidihkan kuah bakso. Pada peristiwa mi terjadi perubahan energi dan energi kimia menjadi energi panas. Contoh di atas merupakan salah satu manfaat energi kimia dalam gas elpiji sebagai bahan bakar.
Berikut ini bentuk dan manfaat energi dalam kehidupan manusia.

1. Energi panas, adalah energi yang dapat menghasikan panas. Benda yang terbakar aka- menghasilkan panas. Sumber energi panas di bumi adalah matahari. Energi panas dan matahari bermanfaat untuk membantu proses pengeringan (pakaian basah, hasil panen dan benda kerajinan), bahan bakar mobil listrik, dan menghasilkan energi istrik dengan panel surya. Contoh lain energi panas dan kayu bakar dapat digunakan untuk memas makanan, menghangatkan ruangan di musim dingin, dan menghàngatkan badan dengan membuat api unggun.

2. Energi cahaya, adalah energi yang dihasilkan oleh sumber cahaya. Energi cahaya biasanya disertai dengan energi lain yaitu energi panas. Contohnya energi cahaya dan matahari bermanfaat untuk menerangi bumi, membantu proses fotosintesis pada tanarnan, dan
energi listrik dengan panel surya. Sinar ultraviolet dapat digunakan untuk proses pembersihan dengan membunuh kuman. Cahaya pada alat rontgen digunakan untuk
memfoto rangka tubuh.

3. Energi listrik, adalah energi yang tersimpan dalam anus listrik. Energi listrik dapat diubah ke bentuk energi lainnya seperti energi gerak, energi cahaya, dan energi panas. Dengan dernikian, manfaat energi listrik sesuai dengan perubahan energi yang terjadi seperti penghasil cahaya (contoh bohiam lampu), penghasil panas (setrika, solder), penghasil bunyi (radio), penghasil bunyi dan cahaya (televisi), dan penghasil gerak (kipas angin, blender).

BACA JUGA :   SD3 - Ramling - Penggunaan Lahan Di Desa

4. Energi kimia, adalah energi yang timbul dan reaksi kirnia. Energi kirnia terkandung dalarn makanan dan bahan bakar. Energi kirnia akan terlepaskan saatterjadi reaksi kimia. Contohnya makanan menghasilkan energi bagi tubuh melalui proses metabolisme dalarn tubuh. Gas elpiji akan menghasilkan panas saat tersulut dengan api. Dengan demikian energi kirnia berguna untuk penghasil tenaga dalam tubuh, bahan bakar, dan sebagai penyirnpanan energi.

5. Energi gerak, adalah energi yang dihasilkan dan benda yang bergerak. Energi gerak yang dihasilkan air dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dan sebagal sarana olahraga/wisata air (misalnya arung jerarn dan tubing). Energi gerak dan angin dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dan bermain layangan.

6. Energi bunyi, adalah energi yang berasal dan sumber bunyi. Sumber bunyi bermacam seperti alat musik, pita suara manusia, pita suara hewan. Energi.. bunyi dapat dirnanfaatkan untuk pembuatan alat musik, pembuatan speaker, mengukur kedàlarnan laut, dan mendeteksi keretakan logarn.

7. Energi nuklir, adalah energi yang dih$ilkiddari reaksi atom. Contohnya born atom. Sumber energi nuklir adalah bahan radioaktlf, misalnya uranium. Energi nuklir dapat dimanfaatkan untuk rnenghasilkan energi listrik melalul pembangkit listrik tenaga nuklir.

Dengan rnemahami bentuk-bentuk energi dan manfaatnya, kamu dapat menentukan bentuk perubahan energi yang terjadi suatu kejadian.Adanya perubahah bentukenergi akan menjadikan energi sernakin bermanfaat. Untuk mengetahui perubahan bentuk energi dan pernanfaatannya dalam kehidupan, lkukan kegiatan berikut.

Kegiatan.

Ayo, kerjakan dengan baik !

Kerjakan tugás ini bersama kelompokmu. Anggota kelompok terdiri atas 3 – 4 orang. Setiap kelornpok melakukan pengamatan terhadap bentuk perubahan energi dalam berbagal aktivitas masyarakat. Dan aktivitas yang berhubungan dengan energi tersebut lakukan identifikasi bentuk perubahan energinya dan manfaat dad perubahan energi tersebut. Kamu dapat memotret aktivitas masyarakat tersebut sebagal pendukung laporanmu. Tuliskan hasil pengamatan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

1. Potensi Sumber Daya Alam Indonesia.

Perhatikan kembali tukang bakso di pembelajaran tentang perubahan energi dan manfaatnya. Tukang bakso menggunakan kompor berbahan bakar gas elpi. Gas elpiji tersebut dihasilkandari penambangan gas alam. Gas alam termasuk salah satu jenis sumber daya alam (SDA). SDA merupakan segala sesuatu yang beras& darE alam yang dapat dirnanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. SDA di Indonesia menjadi kekayaan alam bangsa Indonesia dan digunakan sepenuhnya kepentingan bangsa Indonesia. Sumber daya alam dapat dibedakan sesuai kategorinya.

Berdasarkan jenis bendanya, SDA dapat dibedakan menjadi dua, yaitu SDA hayati dan SDA nonhayati. SDA hayati terdiri atas semua makhluk hidup, sedangkan SDA nonhayati meliputi SDA yang bukan makhluk hidup.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 8.1.5 - Daerah Tempat Tinggalku - Sub.Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku.

Berdasarkan pembentukan dan kelestariannya, SDA dapat dibedakan menjadi dua sebagai berikut.

  • Sumber daya alam yang dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang dapat diadakan kembali meskipun digunakan terus-menerus. Jenis sumber daya alam ni tidak akan habis jika dikelola dengan baik dan benar. Jenis sumber daya alam ml dapat diperbarui dan didaur ulang sehingga dapat diambil manfaatnya kembali. Contohnya air, udara, tanah, energi matahari, hewan, dan tumbuhan.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam (SDA) yang tidak dapat diadakan kembali setelah digunakan. Jenis sumber daya alam mi akan habis jika digunakan terus-menerus karena jumlahnya terbatas. Untuk menghasilkan kembali dibutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan mencapai ratusan juta tahun. OIeh karena itu, agar SDA mi tidak cepat habis harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana. Jenis SDA ni sebagian berupa bahan tambang dan galian. SDA yang tidak dapat diperbarui bisa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu SDA logam, SDA bukan Logam, dan SDA industri. SDA logam meliputi barang tambang golongan mineral logam seperti emas, perak, tembaga, aluminium, pasir besi, mangan, timbal, dan nikel. SDA bukan logam meliputi barang tambang bukan mineral logam. Contohnya minyak bumi, batu bara, aspal, gas alam, dan bahan radioaktif. SDA industri meliputi bahan tambang untuk keperluan industri. Contohnya belerang, batu kapur, gamping, asbes, gipsum, fosfat, dan yodium.

Berbagai jenis SDA tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia.Setiap daerah mempunyai potensi SDA yang berbeda. Perkebunan sawit dapat dijumpai di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Banyak perkebunan kelapa terdapat di Pulau Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. Potensi ikan dapat dijumpai di Laut Jawa, Selat Karimata, Laut Aru, dan perairan laut Maluku. Persebaran beberapa jenis SDAdapat dilihat pada peta berikut.

Peta persebaran beberapa jenis SDA di Indonesia. (lihat gambar nya).

Sementara itu, cadangan minyak bumi dapat dijumpai di Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Tambang batu bara hanya dijumpai di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua. Untuk mengetahul lebih jelas persebaran SDA dan bahan tambang di Indonesia dapat dilihat pada peta berikut.

SDA memiliki manfaat besar bagi kepentingan bangsa. SDA dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, misalnya untuk diperjualbelikan. Beberapa SDA merupakan produk ekspor, seperti batu bara dan kayu olahan. Selain itu, setiap jenis SDA memiliki manfaat yang berbeda. Produk dan hewan dan tumbuhan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Minyak bumi, batu bara, gas alam, dan bahan radioaktif dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Emas, perak, dan berlian dimanfaatkan dalam pembuatan aneka perhiasan. Batu, pasir, batu kapur, dan tanah urug dimarifaatkan untuk pembangunan permukiman dan jalan raya

BACA JUGA :   SD Kelas 4-2-9 - Ibadat Doa Agama Katolik

Peta persebaran bahan tambang di Indonesia.

 

Menemukan dan Menyajikan Informasi Penting Bacaan

Kamu telah membaca materllbacaan “Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia”. Bacaan tersebut memuat informasi penting yang harus kamu ketahul. informasi penting bacaan disebut juga dengan ide pokok. ide pokok bacaan terdapat dalam kahmat utama bacaan. ide pokok menjadi pokok pengembangan gagasan dalam bacaan.

Setiap paragraf memiliki gagasan pokok. Gagasan pokok dapat ditemukan pada kalimat utama. Kalimat utama merupakan kalimat intl yang menjadi dasar atau pokok suatu permasalahan dalam setiap paragraf. Kalimat utama dikembankan menjadi beberapa kalimat penjelas yang membentuk sebuah paragraf. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, tengah, atau di akhir paragraf.

Langkah-Iangkah menemukan ide pokok atau informasi penting bacaan sebagai berikut.

  1. Bacalah setiap paragraf dalám bacaan dengan saksama.
  2. Perhatikan kalimat demi kalimat.
  3. Perhatikan kata atau frasa yang menjadi pokok pembicaraan.

ide pokok bacaan tersebut dapat disajikan dalam bentuk peta pikiran. Peta pikiran memudahkan pembaca memahami bacaan. Peta pikiran dapat disajikan dalam bentuk diagram atau grafik.

Semua informasi yang dirangkum dalam peta pikiran dapat digunakan untuk membuat wawancara. Kamu dapat bertanya kepada narasumber dengan menggunakan peta pikiran tersebut. Wawancara berdasarkan peta pikiran akan membuat wawancara Iebih terarah.

 

Ayo. kerjakan dengan baik! Bacalah bacaan berikut!

Sumber Daya Alam Modal Pembangunan

Sumber daya alam berperan penting dalam pembangunan nasional. Pembangunan tidak akan berjalan jika tidak ada cukup modal. Salah satu modal pembangunan tersebut adalah sumber daya alam. Sumber daya alam baik yang dapat diperbarul maupun tidak dapat diperbarui dapat dimanfaatkan untuk pembangunan.

Indonesia mememiliki ketersediaan sumber daya alam yang melimpah. Indonesia adalah negara penghasil sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Selain sumber daya alam yang tidak depat diperbarul tersebut, Indonesia kaya akan sumber daya alam yang dapat diperbarui, seperti karet den kopra.

Banyak sumber daya alam ini yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Sumber daya alam yang dimaanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, misalnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan pertambangan. Kegiatan tersebut mendatangkan pendapatan dan membuka lapangan kerja. Dengan demikian, pembangunan dapat berjalan.

Salah satu sumber daya alami yang dimiliki Indonesia adatah karet Indonesia termasuk negara penghasil karet nomor dua di dunia, Karet dimanfaatkan dalarn banyak dura industri, misalnya untuk membuat ban, perangkat elektronik, kemasan makanan dan minuman, dan industri kesehatan. Pemanfeatan karet menjadi beberapa produk tersebut merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *