SD Kelas 4 Tema 9.2.1 – Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

SD Kelas 4 Tema 9.2.1 – Kayanya Negeriku – Sub Tema 2 – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

Pembelajaran 1. (Halaman 55).

Banyak sumber energi di sekitar kita. Kesemuanya memiliki banyak manfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Berbagai sumber energi dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi manusia jika diolah dengan baik.

Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG yang diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak.
Seperti yang telah kita ketahui, energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi yang lainnya

Daftar Kegiatan manusia, sumber energi serta perubahan energi yang terjadi :

  • Bermain layang-layang ; sumber energi angin dan energi otot ; energi otot menjadi energi gerak.
  • Seterika Listrik : sumber energi listrik ; dari energi listrik menjadi energi panas.
  • Kipas-kipas membakar sate : sumber energi otot : energi otot / gerak menjadi energi panas (nyala api).
  • Pemanenen Garam : sumber energi matahari : energi panas matahari menguapkan air, dan tersisa garam.
  • Blender listrik : sumber energi listrik : listrik menjadi energi gerak yang memutar blender.

Pengertian/penjelasan agak rincinya sebagai berikut :
1. Energi Panas- yaitu energi dalam bentuk panas, sumbernya antara lain: matahari, api, dan benda panas lainnya;
2. Energi Listrik- yaitu energi yang dimiliki arus listrik. Sumber energi listrik antara lain: nuklir, sel surya, dinamo dan generator, baterai, aki. Peralatan rumah tangga banyak yang memerlukan energi listrik, antara lain: kipas angin listrik, strika listrik, kulkas, televisi, radio, mesin cuci, alat pijat, blender, alat penanak nasi, dan lain sebagainya;
3. Energi Kimia-yaitu energi yang timbul karena reaksi kimia. Sumber energi kimia antara lain: makanan, aki, baterai, solar, bensin. Contoh ; Energi kimia di dalam tubuh manusia dan dalam bahan bakar;
4. Energi Cahaya-yaitu energi yang dimiliki oleh cahaya. Contoh: pemotongan logam menggunakan sinar,cahaya laser. Sumber energi cahaya antara lain: sinar matahari, lampu, dan laser;
5. Energi Nuklir- yaitu energi yang terdapat pada inti atom, contohnya yakni bom atom. Sumber energi nuklir: unsur kimia radioaktif;
6. Energi Gerak ( Kinetik )- yaitu energi yang timbul karena adanya gerak, contohnya: orang yang berjalan/berlari, kendaraan yang melaju, benda yang terlontar, dan semua benda yang bergerak;
7. Energi Potensial- yaitu energi yang dimiliki oleh benda saat benda tersebut diam( tidak bergerak ) contohnya energi potensial gravitasi dan energi potensial pegas;
8. Energi Bunyi- Energi yang dimiliki oleh bunyi, contohnya petir dapat menggetarkan kaca jendela. Sumber energi bunyi antara lain: alat-alat musik, radio, pita suara manusia.

 

Berikut ini beberapa contoh Perubahan Energi :
1. Perubahan energi panas menjadi energi gerak, contohnya kertas yang dibentuk spiral bergerak saat dipanaskan di atas lilin;
2. Perubahan energi gerak menjadi energi panas. Contoh : tangan kanan dan kiri kita ketika digosok-gosokkan terasa hangat, ban sepeda/sepeda motor setelah perjalanan cukup jauh maka menjadi panas;
3. Perubahan energi panas menjadi energi listrik. Contoh: Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal ( panas bumi );
4. Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik. Contoh: panel surya
5. Perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Contoh: kereta uap(menggunakan bahan bakar dari batu bara), kendaraan bermotor ( menggunakan bahan bakar bensin, solar, atau avtur), gergaji mesin;
6. Perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Contoh:dinamo, kincir angin, generator (PLTA)
7. Perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Contoh: mixer, AC, pompa air, mobil mainan, kipas angin listrik;
8. Perubahan energi listrik menjadi energi kimia. Contoh: pengisian accumulator/aki, charger batu baterai;
9. Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi. Contoh : ketika kita bertepuk tangan maka akan terdengar bunyi;
10. Perubahan energi kimia menjadi energi panas. Contoh: energi makanan akan berubah menjadi panas setelah dimakan;
11. Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia. Contoh: pada proses fotosintesis tumbuhan;
12. Perubahan energi kimia menjadi energi listrik. Contoh: menyalakan senter dengan baterai, handphone;
13. Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Contoh: penggunaan setrika listrik, solder, kompor listrik, oven, microwave;
14. Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. Contoh : bola lampu, tabung lampu ( lampu neon ), layar televisi, layar monitor komputer;
15. Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Contoh: radio, bel listrik, sirine, dan alarm;
16. Perubahan energi potensial menjadi energi gerak. Contoh: benda yang jatuh seperti mangga jatuh, rambutan jatuh, dan lain-lain.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 3 - Peduli terhadap Makhluk Hidup - Bagian 3 - Ayo Cintai Lingkungan

 

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang di- karuniai sumber daya alam yang sangat banyak dan beragam. Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kekhasan sumber daya alamnya masing-masing.

Sumber daya alam dapat dibedakan men- jadi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Seperti telah di- jelaskan pada pembelajaran sebelumnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun kita telah menggunakannya. Sumber daya alam ini tidak akan habis jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan lagi setelah kita menggunakannya.

Sumber daya ini memiliki jumlah yang terbatas. Miunyak bumi, batu bara, gas, dan barang-barang tambang lainnya merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu kita haru smengelolanya dengan baik.

Di bawah ini tabel contoh-contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui :
– Sumber Daya Alam Bukan Logam : Aspal, Batu bara, Minyak bumi, Gas alam.
– Sumber Daya Alam Logam : Emas, Perak, Mangan, Nikel, Pasir besi, Platina, Timbal, Timah.
– Sumber Daya Alam Industri : Berlian, Belerang, Fosfat, Gamping, Batu kapur, Yodium, Asbes, Gipsum.

1. Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Contohnya, hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu).

  • Contoh hasil pertanian :  Jagung, padi, cabe, kol, kubis, gandum, jagung, bawang, kacang, buncis, dll.
  • Hasil Perkebunan : Kelapa sawit, karet, tebu, tembakau , teh , kelapa, kapas, kopi, kayu manis, sagu, pala dll.
  • Hasil Hutan adalah : Aneka macam kayu ;  Rotan, Damar, Kapur Barus, Kemenyan, Gambir, Kopal, Kulit pohon Bakau, Gondorukem, Terpentin, Bambu, Sutra Alam, Minyak Kayu Putih, Madu.
  • Hasil Peternakan : sapi, kerbau, kambing, unggas, dll.
  • Hasil Perikanan : Ikan Laut, ikan air tawar, ikan hias, dll.

 

2. Agar menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, buatlah daftar yang memuat contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, propinsi).

  • contoh bahan tambang organik : aspal, batu bara, gas bumi, minyak bumi .
  • contoh bahan tambang logam : alumunium, tembaga, timah, belerang, batu bara.
  • contoh bahan tambang untuk industri : minyak bumi, gas alama atau gas bumi dan batu bara, nikel dan juga timah, emas, perak, platina, tembaga, intan, belerang, besi dan bauksit.

Bahan tambang organik adalah bahan tambang yang berasal dari tumbuhan atau makhluk hidup kecil yang terpendam selama jutaan tahun lamanya.

Negara kita dikenal sebagai penghasil barang-barang tambang. Minyak bumi, gas alam, tembaga, dan emas merupakan sebagian dari hasil kekayaan alam kita. Setelah diolah, barang-barang tambang tersebut dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan. Namun demikian, hasil tambang tidaklah merata persebarannya, baik jumlah maupun jenisnya.

Kalian telah mengetahui kekayaan dan persebaran sumber daya alam. Berdasarkan jenis bendanya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu sumber daya hayati dan sumber daya nonhayati. Sumber daya alam hayati dan non hayati adalah sumber daya alam yang bukan berupa makhuk hidup.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 8.2.4 - Daerah Tempat Tinggalku - Sub.Tema 2 - Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

 

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Hayati.

Secara bahasa, hayati berarti mahluk hidup. Oleh karenanya, sumber daya alam hayati adalah setiap sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup. Dalam bahasa asing, sumber daya alam hayati disebut juga dengan biotic resource atau sumber daya alam biotik. Berdasarkan sifat keterbaruannya, sumber daya alam hayati juga termasuk ke dalam jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Terdiri dari :
1. Sumber Daya Hewan.
2. Sumber Daya Tumbuhan.
3. Mikroorganisme.

Contoh-contoh sumber daya alam hayati selalu kita manfaatkan setiap hari. Mereka cukup banyak terdapat di sekitar lingkungan kita.

1. Sumber Daya Hewan.
Contoh yang pertama misalnya sumber daya hewan. Hewan menghasilkan berbagai macam produk yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang kehidupannya. Produk-produk tersebut antara lain :
Daging, dihasilkan ikan, mamalia, dan hewan lainnya dan digunakan sebagai sumber protein hewani bagi manusia.
Susu, dihasilkan oleh hewan mamalia dan digunakan sebagai minuman bergizi bagi manusia. Contoh susu yang umum dikonsumsi misalnya susu sapi, susu kambing, dan susu kuda.
Telur, dihasilkan hewan-hewan ovipar seperti unggas (aves), reptil, dan ikan. Telur dikonsumsi manusia sebagai sumber protein hewani. Contohnya telur ayam, telur bebek, telur burung puyuh, dan telur angsa.
Kulit, dihasilkan oleh semua hewan dan digunakan sebagai bahan baku sandang bagi manusia. Contohnya kulit domba yang dibuat sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, dan lain sebagainya.
Bulu, dihasilkan oleh domba dan digunakan manusia sebagai bahan baku pembuatan jaket wol yang menghangatkan saat cuaca dingin.
Madu, dihasilkan oleh lebah dan digunakan sebagai bahan obat herbal.
Kotoran, dihasilkan semua hewan dan digunakan sebagai pupuk tanaman.

2. Sumber Daya Tumbuhan.
Tumbuhan juga termasuk contoh sumber daya hayati karena ia juga merupakan jenis mahluk hidup. Tumbuhan menghasilkan beragam produk yang dapat dimanfaatkan manusia untuk menunjang kebutuhan hidupnya. Produk-produk tersebut antara lain:
Sayur, dihasilkan tanaman sayuran dan digunakan manusia sebagai bahan pangan. Contohnya sawi, kangkung, bayam, dan daun singkong.
Buah, dihasilkan tanaman dan digunakan sebagai bahan pangan.
Kayu, dihasilkan tanaman kayu dan digunakan sebagai material pembuatan rumah.
Umbi, sebagai sumber bahan pangan karbohidrat. Contohnya singkong, ketela, dan kentang.
Bunga, sebagai sarana hobi, keindahan, dan penghormatan. Contohnya bunga mawar, melati, dan tulip.
Biji, sebagai sumber pangan. Contohnya padi, jagung, dan gandum.

3. Mikroorganisme.
Beragam mikroorganisme yang terdapat di alam bisa dimanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia melalui penerapan bioteknologi. Bioteknologi adalah suatu teknologi yang memanfaatkan mikroorganisme sebagai agen perubahannya. Contoh bioteknologi sendiri terjadi dalam proses pembuatan tempe, cuka, keju, yogurt, dan minuman anggur. Pembuatan semua produk tersebut, dalam prosesnya ditambahkan mikroorganisme menguntungkan seperti jamur, kapang dan bakteri.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh sumber daya alam hayati yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat dalam pembelajaran biologi Anda di sekolah! Salam.

 

Sumber Daya Alam Non Hayati.

Sumber daya alam non hayati adalah setiap sumber daya alam yang berasal dari benda-benda mati. Sumber daya alam ini juga disebut dengan istilah sumber daya alam abiotik atau abiotic resource.

Sumber Daya Alam Non Hayati

Ada banyak contoh sumber daya alam non hayati yang kita telah manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. di antaranya adalah sumber daya fosil, sumber daya mineral, sinar matahari, angin, air, dan tanah. Nah, berikut ini akan dijelaskan contoh-contoh sumber daya alam non hayati tersebut beserta pemanfaatannya.

1. Sumber Daya Alam Non Hayati – Fosil.
Yang pertama yaitu sumber daya fosil. Sumber daya ini juga sering disebut sumber energi fosil karena dalam pemanfaatannya ia memang lebih sering digunakan sebagai bahan baku energi.
Ada 3 jenis sumber daya fosil yang menjadi contoh sumber daya alam non hayati, yaitu minyak bumi, gas alam, dan batu bara.
Minyak bumi adalah sumber daya fosil yang ditemukan dalam bentuk cair saat ditambang. Minyak bumi diolah menjadi bahan bakar seperti bensin, solar, kerosin, oli, aspal, lilin, dan avtur (bahan bakar pesawat terbang).
Gas alam adalah sumber daya alam yang ditemukan dalam bentuk gas saat ditambang. Gas alam diolah menjadi 2 bentuk yaitu LPG dan LNG. Baik LPG maupun LNG keduanya digunakan sebagai bahan bakar. Ketika memasak menggunakan kompor gas, kita menggunakan LPG yang ada di dalam tabung sebagai sumber energinya.
Batu bara adalah sumber daya fosil yang ditemukan dalam bentuk padat saat ditambang. Batu bara digunakan sebagai bahan baku pembuatan energi listrik di pembangkit-pembangkit listrik tenaga uap. Listrik yang kita gunakan untuk menonton TV, mencas hp, dan menyalakan lampu setiap hari sebetulnya berasal dari sumber daya ini.
2. Sumber Daya Alam Non Hayati – Mineral.
Contoh sumber daya alam non hayati selanjutnya adalah sumber daya mineral. Ada yang tahu apa itu sumber daya mineral? Ia adalah suatu bahan yang tersusun dari struktur kimia tertentu yang terdapat di bumi biasanya diperoleh dengan cara ditambang untuk kemudian diolah sebagai bahan baku peralatan hidup manusia. Contoh sumber daya alam mineral misalnya bijih besi, bijih emas, bijih timah, bijih nikel, bijih perak, dan batuan mulia seperti permata, batu safir, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.1.2 - Kayanya Negeriku - Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

3. Sumber Daya Alam Non Hayati – Sinar Matahari.
Sinar matahari juga termasuk contoh sumber daya alam non hayati karena berasal bukan dari mahluk hidup. Sinar matahari dimanfaatkan sebagai sumber energi utama bagi kehidupan. Mahluk hidup autotrof seperti tumbuhan menggunakan sumber daya ini untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan sumber energi yang bisa dimanfaatkan manusia dan hewan.

4. Sumber Daya Alam Non Hayati –  Angin.
Angin juga termasuk contoh sumber daya alam non hayati. Angin dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik. Di zaman dahulu, angin juga digunakan sebagai energi penggerak kapal laut yang menggunakan layar.

5. Sumber Daya Alam Non Hayati – Air.
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa air adalah elemen penting yang sangat dibutuhkan manusia, hewan, dan tumbuhan untuk bertahan hidup. Air juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan bagi manusia.

 

Bacalah bacaan berikut!

Sumber Daya Alam Sebagai Modal Pembangunan.

Sumber daya alam yang kita miliki, baik hayati maupun nonhayati menjadi modal utama pembangunan. Selain dari pajak, modal utama pembangunan juga berasal dari penjualan sumber daya alam. Misalnya bahan-bahan tambang dan hasil pertanian yang dijual atau diekspor ke negara lain. Dari situlah kita mendapatkan uang untuk membiayai pembangunan.

Banyak sekali sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Beberapa yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi misalnya, hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan, dan lain-lain.
Salah satu sumber daya alam yang kita miliki berupa kelapa sawit. Kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng, margarin, dan bahan baku sabun. Pemanfaatan kelapa sawit menjadi beberapa produk tersebut merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi. Masih banyak contoh lain tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi.

Mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal utama pembangunan?  Karena dengan Sumber daya tersebut dapat di olah untuk mencukupi kebutuhan hidup masyarakat; juga dapat di jual untuk membiayai pembangunan negara Indonesia.

Berikan contoh pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi. Tambang emas, tambah minyak, hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil pertanian dll.

Apakah kegiatan ekonomi orang tuamu berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam? Jika ya, jelaskan pada kolom berikut. Namun jika tidak, jelaskan juga kegiatan ekonomi yang dilakukan orang tuamu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *