SD Kelas 4 Tema 8.3.6 – Daerah Tempat Tinggalku – Sub.Tema 3 – Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku

SD Kelas 4 Tema 8.3.6 – Daerah Tempat Tinggalku – Sub.Tema 3 – Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran 6.

Udin, Siti, Edo, dan Lani berkumpul. Mereka akan membuat karya tiga dimensi berbagai benda yang
nantinya akan digunakan sebagai bahan pembuatan maket lingkungan tempat tinggal. Apa saja yang dibuat oleh Udin dan teman-teman? Pelajari uraian berikut.

Pada pembelajaran 2 kamu sudah pernah mengamati berbagai gambar karya tiga dimensi berupa gerabah. Saat ini, perhatikan gambar berbagai karya tiga dimensi berupa benda lainnya.

Saat ini sudah banyak karya seni rupa yang disukai oleh banyak kalangan misalnya saja karya seni rupa 3 dimensi yang mana karya seni rupa 3 dimensi ini merupakan karya seni yang mempunyai dimensi terdiri dari panjang, lebar dan juga tinggi atau lebih mudahnya disebut dengan karya seni yang mempunyai volume dan menempati sebuah rungan. Karya seni rupa 3 dimensi inui biasanya digunakan untuk hias yang menghiasi kota, rumah dan lain sebagainya. Selain itu karya seni rupa 3 dimensi juga berupa benda pakai dan mempunyai nilai praktis sekaligus nilai keindahan. Karya seni rupa 3 dimensi ini juga merupakan karya seni yang banyak ditemui baik di jalan dirumah dan di tempat-tempat lain hampir ada karya seni rupa 3 dimensinya.

Seni Patung.
Seni patung merupakan seni rupa yang murni yaitu karya seni yang hanya memiliki kreativitas dan ekspresi saja. Karya seni patung ini tidak memiliki fungsi atau dibuat dengan tujuan untuk keindahan saja. Karya seni patung biasanya terbuat dari batu, kayu ataupun juga bisa menggunakan logam.

Benda hias.
Karya seni ini merupakan karya seni kriya yang hanya dibuat sebagai pajangan atau hiasan saja. Jenis ini lebih mementingkan aspek keindahan dibandingkan dengan fungsinya.

Keramik.
Seni keramik ini merupakan seni 3 dimensi yang memiliki tujuan dan fungsi yang mana seni kermik ini juga memprioritaskan keindahan akan tetapi juga bisa digunakan dan memiliki fungsi seperti vas bunga, guci dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.1.4 - Kayanya Negeriku - Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

Arsitektur.
Arsitektur merupakan karya seni yang merancang suatu bentuk dari bangunan. Arsitektur ini tidak hanya merancang suatu bangunan akan tetapi juga membangun bangunan tersebut.
5 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Kursi.
Kursi merupakan seni 3 dimensi yang memiliki tujuan dan fungsi yang mana seni kermik ini juga memprioritaskan keindahan akan tetapi juga bisa digunakan dan memiliki fungsi.

Dengan kita mengetahui 5 contoh karya seni rupa 3 dimensi yang telah kita jelaskan tadi membuat kita lebih tau tentang perbedan dari seni rupa 3 dimensi dengan seni rupa 2 dimensi.

Karya tiga dimensi dapat dibuat dari berbagai bahan. Ada karya berbentuk rumah dari bahan kertas yang dibuat dengan cara menggunting dan menempel. Ada karya dari berbentuk binatang dari bahan tanah liat dan plastisin yang dibuat dengan cara membentuk. Ada karya berupa bentuk meja kursi dari bahan kayu yang dibuat dengan cara digergaji dan disatukan dengan paku. Pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah menggambar benda dimensi mengenai lingkungan tempat tinggal. Benda apa yang sudah kamu gambar? Untuk membuat karya tiga dimensi sebaiknya memang harus membuat gambar rancangan karya yang akan dibuat. Berikut gambar rancangan karya tiga dimensi yang telah dibuat oleh Udin dan teman-teman.

Setelah membuat gambar rancangan karya seni rupa tiga dimensi, Udin dan teman-teman membuat karyanya. Berikut langkah-langkah udin dalam membuat karya tiga dimensi berupa pohon jagung.

1. Menyiapkan alat dan bahan.

2. Membentuk atau membuat bagian-bagian Pohon Jagung.

3. Hasil jadi bentuk bagian-bagian Pohon Jagung.

4. Menyatukan bagian-bagian pohon jagung.

5. Karya tiga dimensi berupa pohon jagung sudah jadi.

Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Cobalah membuat karya tiga dimensi berupa bentuk pohon jagung seperti langkah-langkah di atas. Setelah itu, buatlah karya tiga dimensi berupa benda-benda di lingkungan tempat tinggal. Setiap anak dalam satu anggota kelompok harus membuat karya berbeda. Karya tiga dimensi yang telah dibuat nantinya akan digunakan sebagai bahan pembuatan maket lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, pertimbangkanlah benda yang akan dibuat. Tuliskan karya yang akan dibuat beserta bahan dan alat yang akan digunakan dalam kolom berikut.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 8.2.1 - Daerah Tempat Tinggalku - Sub.Tema 2 - Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Setelah membuat karya tiga dimensi, Udin dan teman-teman akan mengumpulkan karya-karyanya sebagai bahan pembuatan maket. Udin dan teman-teman berencana membuat maket lingkungan tempat tinggal berupa rumah pohon. Berikut contoh sketsa untuk maket rumah pohon. Berbicara mengenai rumah pohon, berikut ada sebuah cerita mengenai taman rumah pohon. Bacalah bacaan berikut.

 

Taman Rumah Pohon.

Devina memiliki sebuah rumah pohon. Rumah pohon itu terletak di batang pohon jambu yang berada di taman rumahnya. Rumah pohon itu lumayan luas. Di dalam rumah pohon itu ada lemari kecil tempat buku- buku cerita, 5 buah bantal besar, 2 buah tikar, sebuah selimut, 3 buah foto keluarga, dan kotak perlengkapan. Jika sedang murung, Devina lebih memilih berdiam diri di rumah pohonnya itu sampai sore. Kadang, dia juga menginap di rumah pohonnya bersama teman-temannya sambil mengadakan pesta.

Suatu siang, Devina mengajak Ira, Ovi, Tata, dan murid baru di kelasnya, Jenny, untuk mengadakan pesta di rumah pohonnya. Tentu saja mereka menerima ajakan itu dengan senang hati. Kebetulan, besok sekolah libur karena para guru akan rapat. Sore hari, teman-teman Devina datang. Mereka pun mengadakan pesta jambu sampai malam berganti pagi. Teman-teman Devina segera pulang ke rumahnya masing-masing. Sebelum pulang, mereka berbincang-bincang dulu. ”Rasanya, aku ingin memiliki rumah pohon yang banyak,” ucap Jenny.
“Ya, aku juga. Bagaimana kalau kita membuat taman yang berisi banyak pohon. Di setiap pohon disediakan rumah pohon untuk para pengunjung. Ya, semacam tempat wisata,” usul Ira ”Kita tidak bisa melakukannya. Kita butuh orang dewasa. Misalnya, orang tua kita. Nanti aku akan bicara kepada Mama dan Papa,” balas Devina.
Seperti janjinya, Devina mengutarakan usul Ira tadi kepada kedua orang tuanya. Orang tuanya pun setuju dan segera membeli sebuah tanah yang tidak terlalu besar, tapi cukup untuk beberapa pohon.Tak hanya itu, orang tua Devina juga membeli alat-alat untuk membuat rumah pohon serta bibit pohon. Orang tua Devina hanya membantu mengeluarkan uang. Sedangkan urusan tata menata dan membangun rumah pohon, itu urusan Devina dan teman-temannya.
1 tahun kemudian ….
Taman Rumah Pohon resmi dibuka untuk umum. Tanahnya diperbesar dan barang-barang lain juga ditambahkan. Tentu saja bukan hanya orang tua Devina. Tapi juga orang tua masing-masing teman Devina. Di hari pertama, Taman Rumah Pohon tidak memungut biaya apapun karena itu adalah hari di mana Taman Rumah Pohon diresmikan. Banyak orang berdatangan ke Taman Rumah Pohon karya Devina dan teman-temannya.
“Harapanku, Taman Rumah Pohon akan semakin terkenal dan semakin banyak pengunjungnya,” ucap Devina.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.2.4 – LKS - Kayanya Negeriku – Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Klinik-Cerita/Cerita-Kamu/Taman-Rumah-Pohon

Bagaimana sifat Devina tokoh dalam cerita di atas? Tuliskan jawabanmu pada kotak berikut.

Apa saja yang sudah kamu pelajari dan kamu lakukan pada pembelajaran ini. Apakah kamu mengalami kesulitan saat melakukan kegiatan? Jika kamu mengalami kesulitan , tuliskan kesulitan yang kamu alami. Jika kamu tidak mengalami kesulitan, tuliskan penyebab kamu dapat sukses mengikuti pembelajaran kali ini.

Tanyakan kepada orang tuamu mengenai keadaan lingkungan tempat tinggalmu pada waktu kamu masih bayi. Apakah lingkungan tempat tinggalmu sama seperti saat ini? Jika berbeda, mintalah orang tua untuk menceritakan perbedaannya. Kemudian, tanyakan kepada orang tuamu, “Apakah ayah dan Ibu bangga terhadap lingkungan tempat tinggal?”. Tuliskan jawaban orang tuamu pada kotak berikut. Tuliskan juga perasaanmu mengenai tempat tinggalmu.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *