SD Kelas 4 – Tema 6.2 – Hebatnya Cita-citaku – Pembelajaran 3

SD Kelas 4 – Tema 6.2 – Hebatnya Cita-citaku.

Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Patih Kerajaan Majapahit bernama Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai cita-cita sangat besar pada saat itu, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada pada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara!

Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!
1. Apakah cita-cita Patih Gajah Mada terlalu tinggi saat itu?
2. Tahukah kamu usaha apa saja yang dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut?
3. Tahukah kamu bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan cita- citanya?

Setelah melakukan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan tentang Gajah Mada berikut!

 

Cita-Cita Besar Patih Gajah Mada.

Gajah Mada diperkirakan lahir pada awal abad 14, di lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan. Sejak kecil, dia memiliki bakat kepemimpinan yang sangat kuat melebihi orang-orang sebaya di masanya. Konon, dia terus menempa dirinya agar dapat masuk ke lingkungan pasukan kerajaan.

Gajah Mada yang memiliki arti “Gajah yang cerdas, tangkas, dan energik.” Memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara. Karena kemampuannya, ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara dengan tugas memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja. Pengabdian Gajah Madakepadanegaradimulaipadamasa pemerintahan Raja Jayanegara (1309 – 1328). Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani.

Pada saat hendak dilantik menjadi patih, Gajah Mada membuat janji yang sangat terkenal hingga kini. Sebuah ikrar atau janji yang dikenal dengan nama Sumpah Palapa.
Ia berjanji tidak ingin menikmati buah palapa kecuali dapat mempersatukan daerah-daerah seperti Seram, Tanjungpura, Haru,

Pahang (Semenanjung), Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik (Singapura). Janji atau ikrar yang ia upayakan untuk terwujud dengan menyatukan wilayah tersebut menjadi wilayah Nusantara. Saat itu wilayah Nusantara bahkan lebih besar dari kawasan Negara Indonesia saat ini. Saat itu wilayah Nusantara meliputi Seluruh semenanjung Malayu (Malaysia dan Singapura), Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sunda kecil, Bali, Maluku, Papua, hingga wilayah Darwin (Australia).

Sumber: www.kompasiana.com/nur_haryono dengan penyesuaian.

 

BACA JUGA :   Download Buku Tematik Revisi 2018

Kamu telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!

Maha Patih Gajah Mada
Karya: D. Karitas Wahai Maha Patih Gajah Mada

Sejarah telah mengukir nama besarmu
Sejarah telah mengakui kepemimpinanmu
Sejarah telah mencatat keberanianmu
Maha Patih Gajah Mada

Tak akan hilang dari benak kami para pemuda bangsa
Kisah kepahlawananmu
Semangat pantang menyerahmu
Dan usaha keras untuk mewujudkan cita-citamu

Maha Patih Gajah Mada,
Kami akan terus membangun bangsa ini
Kami akan terus menjaga persatuan dan kesatuan negara ini
Dan kami akan terus menghormatimu, pahlawan kami.

 

Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut!
a. Ceritakanlah pendapatmu tentang puisi tersebut. Baca kembali bacaan tentang Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi di atas.
b. Salinlah puisi di atas di buku tulismu dengan menggunakan pensil.
c. Perhatikan baris-baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri.
d. Kamu dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kamu ganti.
e. Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.
f. Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki jika kamu menemukan kata- kata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.
g. Lakukan hal yang sama dengan bait-bait berikutnya.
h. Setelah selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.
i. Bacakan puisimu di depan kelas.

Saya suka sekali dengan kisah Patih Gajah Mada. Sangat membanggakan usaha beliau untuk meraih cita-citanya. Betapa bahagianya beliau melihat Nusantara telah bersatu dibawah NKRI dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Wah saya sudah bisa membuat puisi! Ternyata tidak sulit ya!

BACA JUGA :   SD6 Kelas 6 - IPA - Pelestarian Makhluk Hidup

Usaha Patih Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara memang telah terwujud, meskipun wilayahnya tidak seluas yang ia cita-citakan. Usaha mempersatukan wilayah dan masyarakat di dalamnya tentu bukan hal yang mudah. Oleh karenanya, bangsa Indonesia harus memelihara persatuan dan kesatuan dengan sungguh-sungguh.

Amatilah kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu! Apakah mereka berasal dari daerah yang sama? Apakah nenek moyang mereka berasal dari daerah yang sama? Bagaimana dengan suku asal mereka? Bagaimana juga dengan bahasa daerah mereka?

Lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompok!
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga orang.
2. Carilah informasi dari dua orang teman di sekolahmu tentang suku asal atau daerah asal mereka.
3. Carilah gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya dari suku asal salah satu temanmu tentang hal-hal berikut.
a. Pulau asal dan daerahnya
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Rumah adat
e. Kebiasaan adat
4. Dengan menggunakan sebuah karton ukuran A3, tuliskan semua informasi yang kamu dapatkan dengan cara yang menarik dan rapi.
5. Lakukan wawancara untuk mengetahui kedua temanmu tersebut tentang:
a. cara mereka bekerja sama
b. cara mereka menghadapi perbedaan, dan
c. manfaat yang diperoleh dengan bekerja sama dengan orang yang berasal dari suku atau daerah yang berbeda.
6. Gunakan contoh bagan berikut ini untuk membantumu menyusun keterangan yang telah kamu dapatkan.
7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas!

Usaha keras Patih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara sangatlah beralasan. Mengingat Nusantara memiliki sumber daya alam yang beragam dan kaya. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan sumber daya alam?

Kamu telah mempelajari berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 6.1 - Cita-citaku - Aku dan Cita-citaku - Bagian 2

Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seperti sungai, danau, laut, tanah persawahan, tanah hutan, dan sebagainya. Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.

Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu.

 

Berdasarkan tabel di atas, Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Sumber daya alam mana saja yang paling banyak tersedia di daerah tempat tinggalmu?
2. Bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkannya?
3. Bagaimana usaha masyarakat sekitar menjaga dan memeliharanya?

1. Nilai-nilai apa saja yang dapat kamu pelajari dari Patih Gajah Mada?
2. Adakah usaha yang telah kamu lakukan untuk mulai mewujudkan cita- citamu?
3. Sebutkan hal-hal baru yang kamu dapatkan pada hari ini!

Ceritakan bagaimana keluargamu memanfaatkan sumber daya air yang ada di lingkungan sekitar rumahmu. Jelaskan cara keluargamu memanfaatkannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *