SD Kelas 4 – Tema 6.1 Cita-Citaku – LKS Intan

SD Kelas 4 – Tema 6.1 Cita-Citaku – LKS Intan.

Pembelajaran 1 – Aku dan Cita-citaku.

  • Seorang arsitek bekerja merancang bangunan, menata letak bangunan; dan mengolah tata ruang bangunan. Arsitek juga bekerja menentukan penataan bagian dalam suatu bangurián.
  • Kegiatan dokter hewan berhubungan dengan kesehatan hewan. Contohnya memeriksa kesehatan hewan dan mengobati penyakit pada hewan.
  • Seorang pelukis bekerja menghasilkan lukisan. Pelukis umumnya memiliki bakat menggambar atau melukis.
  • Seorang pilot bertugas menerbangkan pesawat. Pilot harus men)alankan dan mengendalikan paangkat pesawat terbang.

Adakab dan gambar-gambar pekerjaan tersebut menjadi cita-citamu? Apa yang kamu persiapkan untuk menggapai cita-citamu tersebut? Keahlian apa yang perlu kamu kuasai untuk meraih cita-cita tersebut?
B. Sikius Hidup Makhluk Hidup.

Apakah cita-citamu? Apakah kamu bercita-cita menjadi dokter hewan? Pekerjaan seorang dokter hewan berhubungan dengan hewan di sekitar kita.

Caba perhatikan makhluk hidup yang ada di sekitarmu! Cntohnya ayam dan pohan pisang. Di Iingkungan sekitar kamu dapat menjumpai anak ayam, ayam muda, dan ayam dewasa, balk ayam jantan maupun ayam betina. Kamu juga dapat menjumpal ayam betina menghasilkan telur Telur hanya dihasilkan oleh ayam betina dewasa. .Telur akan menetas setelah dierami menjadi anak ayam. Adanya telur, anak ayam, ayam muda, dan ayam dewasa menjadi bukti bahwa ayam mengalarni perubahan bentuk selama hidupnya.

Sekarang perhatikan tanaman pisang yang ada di sekitarmu! Apa yang kamu temukan? Ya, tanaman pisang biasanya hidup bergerombol yang disebut rumpun. Dalam satu rumpun terdiri atas beberapa tanaman pisang. Ada tanaman pisang yang berbuah, yang belum berbuah, dan anakan pisang yang disebut tunas pisang. Adanya tunas pisang, pisang muda, dan pisang dewasa yang berbuah menunjukkan pisang mengalami perubahan bentuk selama hidupnya. Tanarnan pisang mengalami perubahan bentuk dan tunas, pisang muda, dan pisang dewasa. Tanaman pisang dewasa inilah yang akan menghasilkan buah pisang. Pisang dewasa juga menghasilkan tunas untuk melangsungkan hidupnya.

Perubahan bentuk tidak hanya dialami oleh ayam dan tanaman pisang. Semua jenis makhluk hidup mengalami perubahan bentuk sejak lahir hingga dewasa. Manusia juga mengalami perubahan bentuk, mulal dan bayi, anak-anak, muda, dan dewasá. Setelah dewasa, makhluk hidup akan bereproduksi untuk menghasilkan keturunan baru. Keturunan ni berguna untuk menjaga kelestarian hidupnya. Cantohnya ayam akan menghasilkan telur, sedangkan tanaman pisang akan menghasilkan tunas. Tahapan perubahan bentuk yang dialami makhluk hidup sepanjang hidupnya ni dinamakan sikius hidup atau daur hidup.

Sikius hidup menunjukkan adanya pertumbuhan yang dialarni makhluk hidup. Adanya tunas pisang pisang muda, dan pisang dewasa menunjukkan pertumbuhan yang dialami tanaman pisang. Sementara adanya telur, anak ayam, ayam muda, dan ayam dewasa menunjukkan pertumbuhan yang dialami ayam. Apakah makhluk hidup lain juga memiliki sikius hidup? Ayo, lakukan kegiatan berikut!

1. Telur yang dierami akan menetas menjadi apa? anak ayam.
2. Ayam dewasa memiliki bentuk tubuh yang Iebih Besar daripada anak ayam..
3. Tanaman pisang menghasilkan tunas baru untuk melangsungkan hidupnya.
4. Anakan pisang mempunyai bentuk batang yang iebih  kecil daripada tanaman pisang dewasa.
5. Siklus hidup menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan adanya yang dialami makhluk hidup. Makhluk hidup yang semuia kecil akan menjadi besar setelah beberapa waktu.

 

Pembelajaran 2.

A. Tanda Tempo dan Tinggi Rendah Nada.

Perhatikan dua lagu berikut! 

Dalam dua lagu tersebut terdapat tanda tempo dan tinggi rendah nada. Apa yang dimaksud tempo dan tinggi rendah nada? Man kita bahas bersama. Tempo adalah cepat Iambatnya ketukan lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Istilah tempo biasanya ditulls dalam bahasa Itali. Namun, ada pula yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Berikut contoh istilah tempo lagu.
1. Tempo lambat: adagio, lento, dan largo.
2. Tempo sedang: andante dan moderato.
3. Tempo cepat: allegro, presto, dan vivace.

Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut tangga nada dengan notasi angka.

Semakin ke kanan, nada semakin tinggi. Sebaliknya, semakin ke kin, nada semakin rendah. Nada bertitik di bawah berénti nada rendah. Nada tidak bertitik berarti nada sedang: Selanjutnya, nada bertitik di atas berarti nada tinggi.

Nada-nada yang bertitik di bawah disebut tangga nada oktat rendah. Nada-nada yang tidak bentitik disebutjangga nada oktaf sedang. Sementara itu, nada-nada yang bertitik di atas disebut tangga nada oktaf tinggi. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Susunan nada disebut tangga nada jika memiliki delapan tingkatan, misalnya 1 2 3 4 5 6 7 1. (do, re, mi, fa, sol, la, si, do ).

 

B. Rima dalam Puisi.

Rima adalah bunyi akhir setiap lank pada puisi. Rima akhir bisa terdiri atas vokal atau konsonan. Contoh rima teratur dalam puisi yaitu a-a-a-a-, u-u-u-u, ng-ng-ng-ng, a-i-a-i, dan a-b-a-b.
Puii baru atau modern membebaskan rima terakhir dalam setiap lank. Rima tersebut tergantung kreativitas penyair. Sementara itu, nima a-i-a-i atau a-b-a-b terdapat pada puisi lama, seperti pantun. Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdini atas empat bans dengan nima akhir a-b-a-b.

Pemain Gitar.
Karya Nirwasita.

Kupetik senar hasilkan nada.
Tiap senar punya nada berbeda.
Nada indah yang memesona.
Nada-nada yang membentuk irama.

Kusuka alat musik berdawai tu.
Aku ingin meniadi gitaris.
Itulah cita-citaku.
Menjadi gitaris legendaris.

Aku akan wujudkan impianku.
Menjadi gitaris kebanggaan ayah ibu.
Semua rintangan akan kujalani.
Agar cita-citaku tercapai.

1. Apakah judul puisi tersebut? Pemain Gitar.
2. Judul lain apa yang sesuai dengan isi puisi tersebut? Cita-citaku.
3. Berapakah jumlah bait pada puisi tersebut? 3 bait
4. Berapakah jurnlah larik pada setiap bait puisi tersebut? 4 larik.

 

C. Siklus Hidup Kupu-Kupu.

Pada pembelajaran 1 kamu telah mengetahui sikius hidup hewan dan tanaman piaraan seperti ayam, kelinci, kucing, dan pohon pisang. Sebagian besar makhluk hidup tersebut tidak mengalami perubahan bentuk dalam sikius hidupnya. Bentuk tubuh individu baru yang terlahir sama seperti induknya. Makhluk hidup tersebut hanya mengalami perubahan ukuran tubuh. Perubahan mi terjadi karena setiap makhluk mengalami perfumbuhan, dan ukuran kecil menjadi besar. Sentuk anak ayam, anak kucing, dan anak kelinci yang baru lahir sama seperti induknya, hanya berbeda ukuran. Bentuk tunas pisang sama seperti pohon induknya, hanya.berbeda ukuran batangnya. Makhluk-makhluk hidup tersebut mengalami sikius hidup tanpa metamorfosis (perubahan bentuk).

Adakah makhiuk hidup yang mengalami metamorfosis dalam sikius hidupnya. Tenth saja ada. Coba perhatikan gambar di samping.
Gambardi samping menunjukkan sikius hidup kupu-kupu. Kupu-kupu dewasa bertelur Telur biasanya diletakkan di bagian bawah daun. Telur akan menelas menjadi ulat (larva). Ulat akan berubah menjadi kepompong (pupa). Pupa akan menetas menjadi kupu-kupu muda. Kupu-kupu muda akan tumbuh dan berkembang menjadi kupu-kupu dewasa dan slap untuk bertelurSikius hidup kupu-kupu akan berjalan lagi seperti semula. Dengan demikian, kelestarian kupu-kupu dapat terus terjaga.

Dalam sikius hidupnya, kupu-kupu berperan penting bagi kehidupan. Kupu-kupu turut membantu penyerbukan tanaman bunga yang dihinggapinya. Meskipun begitu, kupu-kupu juga merugikan petani, pada saat berupa ulat. Ulat memakan daun-daun tanaman sehingga tanaman akan mati. Ulat mernakan daun-daun untuk persiapan menjadi kepompong. Makanan diperlukan sebagai persediaan energi selama proses perubahan ulat merijadi kupu-kupu. Proses tersebut terjadi dalam kepompong.

Perhatikan kembali perubahan bentuk pada sikius hidup kupu-kupu! Kamu akan melihat bentuk yang berbeda dan tahàp ke tahap, mulai dan telur, ulat, kepompong, dan kupu-kupu. Perubahan bentuk inilah yang dimaksud metamorfosis. Metamorfosis pada sikius hidup kupu-kupu meliputi empat tahap yaitu telur, ulat, kepompong, dan kupu-kupu. Bentuk hewan yang baru lahir (menetas) sahgat berbeda dengan hewan dewasa. Metamorfosis mi disebut metamorfosis sempurna. Contoh hewan Iainnya yang mengalami metamorfosis sempurna yaltu katak.

Lantas, adakah metamonfosis yang tidak sempurna? Bagaimana tahapanna? Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Siklus Belalang :
1. Belalang dewasa siap bertelur.
2. Telur Belalang.
3. Nimfa tak bersayap.
4. Nimfa bersayap.
5. Menjadi Belalang Dewasa yang siap bertelur .

Siklus Hidup Katak :
1. Katak Dewasa Bertelur.
2. Telur.
3. Kecebong.
4. Katak Muda.
5. Kata Dewasa.

 

1. Telur Katak.

Katak menghasilkan begitu banyak telur, tetapi tidak semua telur dapat menetas. Hal ini disebabkan karena faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal sendiri dipengaruhi dari gen dari sang induk. Jadi jika gen dari sang induk baik maka telur akan bagus dan tidak mudah rusak. tekstur telur katak berupa bulatan yang kenyal dan mudah rusak, dan di dalamnya dilengkapi dengan kuning telur sebagai sumber makanan telur katak satu-satunya.

Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh predator pemangsa telur katak, arus air, dan ulah manusia.
Untuk katak yang hidup di pohon, telurnya memiliki cangkang busa untuk melindungi telur dari suhu panas. Dan untuk katak yang hidup di hutan biasanya telur di letakkan pada punggung si jantan untuk melindungi bahaya.

Telur katak akan menetas menjadi larva setelah 21 hari.

2. Kecebong
Setelah telur katak menetas menjadi larva dan disebut dengan nama kecebong atau berudu. Sebelum berusia 7-10 hari kecebong mengandalkan sisa kuning telur sebagai sumber makanan mereka.
Setelah berusia 7-10 hari kecebong sudah memiliki organ tubuh yang sempurna dan mulai berenang mencari makanannya sendiri yaitu berupa alga air. Dan bernafas menggunakan insang hingga pada minggu keempat, setelah itu insang kecebong akan mulai tertutup oleh kulit dan masuk kedalam tubuh. Sehingga secara lambat laun kecebong akan berubah menjadi katak dan bernafas menggunakan paru-paru, serta mulai terbentuk gigi yang tipis.

Pada minggu ke 6 kecebong sudah mulai berubah menjadi katak , karena mulai terbentuk empat kaki. Yaitu dua kaki depan dan dua kaki belakang dengan ukuran lebih panjang. Dalam fase ini katak ini memakan makanan berupa serangga yang sudah mati dan tumbuhan yang masuk dalam air. Hingga minggu ke 9 kecebong sudah berubah wujud menjadi katak muda, hanya saja dengan ekor yang masih panjang.
3. Katak muda

Pada minggu ke-12 katak muda masih memiliki ekor tetapi sangat pendek. Pada fase ini katak muda mulai meninggalkan perairan dan mulai ke daratan. Perubahan tidak hanya terjadi di luar tubuh, tetapi juga di dalam tubuh. Insang yang digunakan untuk bernafas hilang dan digantikan dengan paru-paru. Paru-paru digunakan untuk bernafas katak muda dan katak dewasa, selain itu katak dewasa berubah selera makannya menjadi pemakan serangga hidup (karnivora)

4. Katak dewasa

Pada minggu ke-12 sampai minggu ke-16 katak muda telah sempurna kehilangan ekornya . dan berubah menjadi katak dewasa. Katak dewasa sudah mulai aktif di daratan dan mencari makanan di daratan sebagai predator serangga-serangga kecil, memakan mangsanya dengan lidahnya yang mampu memanjang. Katak dewasa akan kembali ke perairan saat masa perkawinan dan meletakkan telur-telurnya. Itulah daur hidup katak secara lengkap, semoga dapat menambah wawasan anda tentang dunia katak, dan cara katak melakukan metamorfosis.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.1.6 - Kayanya Negeriku - Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

Daur Hidup Kupu-kupu.

1. Telur –
Kupu-kupu betina dewasa biasanya akan terbang kesana-kemari untuk mencari tempat atau daun tertentu yang kaya akan nutrisi yang digunakan untuk menempatkan telur, seperti daun jeruk, daun jambu, daun pari, batang sorgum atau daun-daun lain yang dipercaya mempunyai sumber makanan yang lain.
Setelah itu telur diletakkan pada bagian bawah daun, dan beberapa induk kupu-kupu akan meletakkan lebih dari satu telur. Telur kupu-kupu berkuran sangat kecil dan berwarna putih. Telur kupu-kupu akan menetas antara 3 hingga 5 hari kemudian.

2. Ulat (Larva).
Setelah telur kupu-kupu menetas maka keluarlah bayi larva, atau sering kita sebut dengan Ulat. Ulat yang baru saja menetas akan langsung memakan cangkangnya, karena kaya akan nutrisi. Dan selanjutnya mereka akan memakan daun- daunan dimana mereka hidup.
Semasa hidupnya ulat akan berganti kulit setiap kali mereka akan tumbuh besar sebanyak 4 hingga 6 kali. Selama fase menjadi ulat kegiatannya sehari-hari adalah makan terus. Hal ini di lakukan untuk mempersiapkan diri menjadi kepompong, karena pada fase ini, kepompong akan istirahat. Setelah ulat mencapai perubahan ukuran yang paling besar maka ulat akan berubah menjadi kepompong.

3. Pupa (kepompong)
Dalam fase ini ulat (larva) akan melepas delapan pasang kakinya, dan kapsul kepalanya yang memiliki 6 mata. Lalu kulit ulat berganti dan berubah warna seperti batu giok, dan itu lah yang disebut dengan kepompong. Ulat membuat cangkang atau kepompong dari daun yang dililitkan pada tubuhnya dengan menggunakan benang khusus dari dalam tubuhnya yang biasanya mengandung sutera.
Perubahan dari kepompong menjadi kupu-kupu bisa berlangsung selama seminggu sebulan atau lebih. Sel-sel yang dimiliki oleh larva perlahan-lahan akan berubah menjadi bagian dari tubuh kupu-kupu. Ada yang menjadi sayap, kaki, mata dan mulut yang semula berfungsi untuk mengunyah, akan berubah menjadi belalai yang berguna untuk menghisap.
Ada juga lho kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu selama kurang lebih 10 hingga 14 hari. Setelah kupu-kupu siap untuk keluar dari kepompong biasanya sayap mereka masih basah dan belum bisa terbang.

4. Kupu-kupu.
Setelah keluar dari pupa, kupu-kupu akan merangkak ke atas sehingga sayapnya yang lemah, kusut, dan agak basah dapat menggantung ke bawah dan mengembang secara normal. Selanjutnya setelah sayapnya mengering, mengembang dan kuat, kupu-kupu akan membuka dan menutup sayapnya beberapa kali. Waktu yang di butuhkan oleh kupu-kupu agar bisa mengepakkan sayapnya dan terbang adalah 4-5 jam kemudian.
Kupu-kupu adalah serangga yang beraktivitas pada siang hari dan pada waktu malam hari kupu-kupu beristirahat.

 

Daur hidup Lalat.

 

Siklus hidup lalat yaitu di mulai dari telur, larva, pupa dan lalat dewasa. Pada umumnya siklus hidup lalat dewasa adalah 21 hari. Dan untuk membedakan antara lalat betina dan lalat jantan cukup mudah yaitu di lihat dari ukuran tubuhnya. Untuk lalat jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan lalat betina.

Lalat dewasa melakukan perkawinan dan akan menghasilkan telur. Dalam sekali bertelur induk betina menghasilkan telur sebanyak 75-150 telur. Telur-telur yang dihasilkan di letakkan di tempat-tempat yang hangat sehingga akan membantu proses penetasan , seperti diatas timbunan sampah, dan di atas makanan yang terbuka. Dan telur-telur itu akan menetas dalam waktu 12-24 jam.

Setelah telur-telur itu menetas, maka akan memasuki stadium selanjutnya, yaitu stadium larva. Pada umumnya tempat-tempat yang di gunakan larva untuk berkembang adalah kotoran yang basah dan tumbuhan yang busuk. Selain itu larva akan mencari tempat-tempat yang lebih dingin dan kering. Dan dalam waktu 4-7 hari akan memasuki stadium pupa.

Selanjutnya adalah memasuki stadium pupa, pupa memiliki ketahanan yang tinggi dibandingkan dengan larva, hal ini disebabkan karena pupa memiliki cangkang yang berfungsi sebagai pelindung. Bentuk pupa lonjong, berwarna cokelat tua, dan panjang kurang lebih 7 mm. biasanya pupa berada dalam tanah dalam waktu 4-5 hari dan bertahan lebih lama pada suhu yang lebih rendah.

Setelah melewati stadium pupa lalat dewasa akan keluar dari dalam pupa. Dan selanjutnya akan terbang setelah 1 jam pada suhu yang panas.

Nah itu tadi daur hidup lalat yang sangat singkat, semoga dapat menambah pengetahuan anda. Lalat merupakan hewan yang bisa merugikan manusia maka keberadaannya harus dilenyapkan dari sekitar kita, dengan cara menjaga kebersihan serta menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat.

 

Pembelajaran 3.

A. Keragaman Kegiatan Orang-Orang dan Manfaatnya dalam Kehidupan.

Masyarakat Indonesia memiliki keragaman, baik suku, budaya, maupun agama. Ada keragaman lain yang terdapat dalam kehidupan rnasyarakat yaitu kegiatan orang-orang dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, setiap orang melakukan kegiatan atau menekuni profesi sesuai potensi din dan potensi alam wilayah setempat. Potensi alam wilayah dataran rendah berbeda dengan potensi alam wilayah dataran tinggi. Begitu juga denganpotensi alam di wilayah dataran rendah daerah pantal. Perbedaan potensi alam di berbagai wilayah tersebut otomatis memengaruhi kegiatan orang-orang dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di wilayah setempat. Apa pentingnya kesesuaian antara kegiatan orang-orang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan potensi alam setempat? Bagaimanakah bentuk keragaman kegiatan orang-orang di wilayah yang berbeda-beda potensi alamnya tersebut?
Kesésuaian antara kegiatan seseorang dan potensi alarn wilayah setenpat sangat mendukung kesuksesan seseorang yang bersangkutan. Contohnya simakkisah “Sopian, Peternak Sekaligus Pedagang Kambing Etawa” berikut.

Sopian, Peternak Sekaligus Pedagang Kambing Etawa.

Peribahasa “kegagalan adalah sukses tertunda” tepat buat Sopian. Pemuda desa yang gagal merantau ke ibu kota. Ia kembali ke desa menjemput mimpi menjadi peternak dan pedagang sukses kambing etawa.
Sopian tinggal di sebuah dusun di daerah pegunungan. Tepatnya di Dusun Gunung Kelir salah satu daerah di perbatasan Yogjakarta—Purworejo. Dusun Gunung Kelir berada di sepanjang perbukitan Menoreh yang melintas dan Magelang hingga mendekat pantai selatan. Sebagai daerah pegunungan, peternakan merupakan usaha paling tepat yang bisa ditekuni masyarakat setempat. –

Usai tamat SMA, Sopian mencoba mengadu nasib di ibu kota seperti kebanyakan pemuda di tdmpat tinggal Sopian. Sópian membangun mimpinya ingin sukses dengan merantau. Namun, keberuntungan belum berpihak kepada Sopian. Sudah hampir satu tahun di ibu kota Sopian belum mendapat pekerjaan yang cocok. Akhirnya, Sopian menjadi kuli bangunan untuk rienyambung hidUpnya di Jakarta. Orang tua Sopian selalu bertumpu dan menaruh harapan yang tinggi kepada Sopian anaklaki-laki sulungnya.

Mereka berharap kelak keberhasilan Sopian menjadi panutan adik-adiknya yang masih sekolah di desa.
Kerja sebagai kuli bangunan di ibu kota ternyata tidak sesuai dengan hati nurani Sopian. Dalam ketidakberdayaan Sopian memutuskan kembali pulang ke kampung halamannya. Tentu saja keputusan Sopian sejenak membuat kecewa kedua orang tuanya serta menjadi bahan cemoohan orang di Iingkungan dusunnya. Kegagalan yang Sopian alami tidak menjadikannya putus asa.

Sebaliknya, Sopian justru ingin membuktikan kepada masyarakat di Iingkungan tempat tinggalnya bahwa tanpa merantau pun Sopian bisa sukses dan tidak lagi menjadi bahan cemoohan.
Sopian pun bangkit dan membangun kembali mimpinya menjadi orang sukses tanpa harus merantau seperti pemuda Iainnya. Dengan menjual sepeda motor hash bekerjanya di Jakarta, Sopian membeli seekor kambing etawa. Sopian bertekad ingin menjadi peternak kambing etawa. Mulailah han-han Sopian dengan berjalAn kaki dan memiara kambing etawaniya. Dalam upaya mewujudkan mimpinya, Sopian belajar beternak kambing etawa dengan para peternak lainya:
Setiap han Sabtu Sopian menyambangi pasar kambing etawa yang terletak tidakjauh dan desa tempat ia tinggat. Seiring berjalannya waktu, Sopan mulai tertarik menjadi pedagang kambing etawa. Menurutnya, menjadi pedagang kambing etawa tidak harus memiliki modal besar Ia mengamati perdagangan kambing etawa di pasar. Ternyata menjadi pedagang kambing hanya perlu memiliki keberanian untuk menawarkan dagangan dan memiliki kepanclaian untuk menjaring pembeli. Oleh karena itu, Sopian memberanikan dir! tampil sebagai pedagang atau makelar (blantik) kambing etawa di pasar setempat.
Tekad tinggi disertai.kerja keras dalam berusaha tanpa mengenal putus asa telah membawa Sopian pada kesuksesan. Kurang Iebih tiga tahun menekuni usaha ternak dan menjadi pedagang kambing etawa, Sopian sudah kembali memiliki sepeda motor Bahkan, Sopian telah memiliki mobil sebagai sarana transportasi dalam perdagangannya. Sopian telah membuktikan kepada keluarga dan warga sekitar bahwa dia bisa sukses tanpa harus merantau ke ibu kota atau luar negeri. Tidak lupa Sopian selalu bersyukur kepada Tuhan atas kesuksesannya.
Sumber: http://wwwgunungkehrcom/sopian-rnernotong-jalanhtml

Beternak seperti yang dijalani Sopian dalam kisah di atas merupakan salah satu bentuk kegiatan yang ada di lingkungan masyarakat. Beternak merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Beternak adalah kegiatan mengembangbiakkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan manusia. Banyak hewan ternak yang bisa dikembangbiakkan dengan berbagai manfaatnya. Wilayah dataran tinggi cocok untuk beternak sapi dan kambing. Sementara betenhak hewan unggas cocok untuk kegiatan warga masyarakat di wilayah dataran rendah.

Sopian telah berhasil menekuni profesi sebagai peternak. Profesi Sopian sebagai peternak sesuai potensi wilayah tempat tinggalnya yaitu wilayah dataran tinggi. Pada dasarnya, beternak dapat dilakukan untuk hewan-hewan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Hewan-hewan yang biasa diternak beserta manfaatnya sebagai berikut.

Manfaat beternak Ayam atau bebek  : diambil telurnya, dagingnya, bulu untuk kerajinan. Coba cari kegiatan atau pekerjaan lain dan manfaatnya ?

Selain beternak, kegiatan yang -biasa ditekuni masyarakat terutama masyarakat di wilayah dataran tinggi yaitu usaha perkebunan. Usaha perkebunan adalah usaha membudidayakan tanaman tertentu di kebun untuk kesejahteraan pelaku usaha perkebunan sendiri dan masyarakat. Banyak jenis tanaman perkebunan, misalnya teh, kopi, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Demi maksimalnya manfaat usaha perkebunan, perlu dipahami terlebih dahulu jenis tanaman yang cocok ditanam di wilayah setempat. Berikut contoh buah-buahan dan sayur-sayuran yang cocok ditanam di wilayah dataran tinggi dan dataran rendah.

  • Contoh buah-buahan Dataran Tinggi : Strawberi, Apel, Pepaya, Salak, Pir.
  • Contoh buah-buahan dataran rendah : Leci, Jeruk, Mangga, Rambutan, Nanas.
  • Contoh Sayuran Dataran Tinggi : Brokoli, Wortel, Kubis, Selada, Kentang.
  • Contoh Sayuran Dataran rendah : Kangkung, Bayam, Terung, Kacang panjang, Kecipir.

itulah keberagaman tanaman sesuai potensi alam wilayah setempat. Jika di wilayah dataran tinggi sebagian besar masyarakatnya menekuni kegiatan perkebunan dan peternakan, di wilayah datáran rendah sebagian masyarakat menekuni kegiatan pertanian dan periridustrian. Sebagian besar masyarakat Indonesia berprofesi sebagai petani. Profesi tersebut sesuai kondisi alam wilayah Indonesia sebagai negara agraris.

Pertanian adalah proses budi daya tanaman pada suatu lahan yang hasilnya dapat mencukupi kebutuhan manusia, terutama kebutuhan bahan pangan. Orang yang menekuni bidang pertanian disebut petani. Petani bercocok tanam di lahan pertanian. Adapun tanaman yang biasa ditanam petani yaitu padi, jagung, kacang-kacangan, dan cabai. Petani bercocoktanam dengan cara bergantian sesuai musimnya. Pada musim penghujan petani menanam padi. Pada musim kemarau petani menanam tanaman palawija seperti jagung, kacang-kacangan, dan cabai. Hásil pertanian sangat becrnalifaat bagi pemenuhan kebutuhan pangan manusia.

Selain pertanian, kegiatan sébagian masyarakat di wilayah dataran rendah sebagai pekerja industri. Fenomena mi terjadi karena banyak usaha perindustrian di wilayah dataran rendah seperti industri pakaian, makanan, minuman, mebel, dan berbagai peralatan rumah.tangga dan gerabah. Perindustrian adalah usaha manusia mengólah bahan mentah atau bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Kegiatan mndustri dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Berbeda lagi dengan masyarakat di wilayah dataran rendah berupa daerah pantai. Sebagian besar masyarakat daerah pantai berprofesi sebagai nelayan. Nelayan adalah orang yang mata pencahariannya menangkap ikan atau biota di kawasan perairan. Nelayan sangat berarti bagi kehidupan manusia terutama sebagai penyedia kebutuhan protein tertinggi.

Keragaman profesi atau kegiatan orang-orang dalam kehidupan sehani-hani merupakan kekayaan masyarakat Indonesia. Keragaman yang ada membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Dengan perbedaan yang ada semua kebutuhan manusia, baik pangan, sandang, papan, maupun kebutuhan Iamnnya dapatterpenuhi. Perbedaan yang ada saling melengkapi menladi satu kesatuan dalarn pemenuhan kebutuhan manusia sehari-hari. Dengan perbedaan pula, komoditas negara meningkat. Dengan demikian, tercapailah masyarakat yang adil dan makmur.
Jadi, jika kamu mempunyai perbedaan cita-cita dengan temanmu itu hal yang sangat wajar. Terhadap perbedaan yang ada kamu hendaknya bisa saling menghargai dan menghormati. Dengan demikian, akan tetap terjalin kerukunan, persatuan, dan kesatuan antarteman. Meskipun berbeda cita-cita, kamu dan temanmu tetap satu bangsa yaitu bangsa lqdonesia. Satu hal yang penlu kamu pegang bahwa cita-cita hendaknya berguna bagi diridan masyarakat di sekitarmu.

B. Kegiatan Ekonomi Penduduk.

Indonesia memiliki tanah yang subur Tanah yang suburdimanfaatkan masyarakatiridonesia untuk berbagai kegiatan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Di daerah dataran tinggi, tanah tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan .perkebunan teh, kopi, serta aneka tanaman buah dan sayuran. Sementara di dataran rendah, tanah yang subur untuk kegiatan pertanian tanaman Øangan berupa padi, jagung, ubi, dan singkong. Selain itu, dataran rendah juga cocok untuk perkebunan tebu dan kelapa.
Ikhm di Indonesia juga sangat mendukung kegiatan pertanian. Iklim tropis dengan curah hujan cukup tinggi memungkinkan banyak jenis tumbuhan yang dapat ditanam oleh penduduk Indonesia. Tidak heran, banyak tanaman yang dibudidayakan di Indonesia. Dapatkah kamu menyebutkan jenis tanaman budi daya di Indonesia?

Selain sangat cocok untuk budi daya tanaman, wilayah Indonesia sangat mendukung untuk usaha budi daya hewan ternak. Berbagai macam hewán ternak dibudidayakan di Indonesia, misalnya sapi, kerbau, kambing, domba, ayam, dan itik. Kegiatan peternakan tersebut didukung oleh ketersediaan pakan, seperti rumput dan dedaunan.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 9.1.4 - Kayanya Negeriku - Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

C. Puisi Keragaman Negeriku.

Indonesia memiliki keragaman sumber daya alam dan Iingkungan. Indonesia juga memiliki keberagaman pekerjaan dan cita-cita masyarakatnya. Keragaman itu membuat hidup semakin berwarna.
Kamu dapat menyajikan puisi berdasarkan keragamart yang ada di Indonesia. Kamu dapat menyajikan puisi dengan berpedoman pada ciri-ciri puisi. Masih irigatkah kamu ciri-ciri puisi?
Kamu dapat memahami isi puisi dengan membaca saksama, Bacalah puisi tersebut berulangulang. Kemudian, pahami maksud setiap lank dalam puisi.

 

Pembelajaran 4.

A. Keragaman Cita-Cita, Ras, dan Suku Bangsa Indonesia.

Dayu rajin belajar. Sepulang sekolah Dayu makan siang dan istirahat secukupnya. Setelah istirahat, Dayu belajar. Dayu rajin belajar karena ingin menggapai citacitanya. Dayu bercita-cita menjadi dokter Dayu juga ingin menjadi penari karena menari menjadi hobi Dayu sejak kecil. Dayu sering embayangkan menjadi seorang dokter yang juga pandai menari. Dengan demikian, Dayu bisa membantu dan menghibur orang lain.

Untuk meraih cita-cita Dayu tidak hanya berpangku tangan. Dayu berusaha mewujudkan citacita dengan rajin belajar dan beriatih. Dayu berlatih menari seminggu dua kali. Dayu tidak pernah mengeluh dan putus asa saat mengalami kesulitan dalam belajardan berlatih menari. Dayu tidak segan untuk bertanya dan minta diajari anggota keluarga atau teman saat mengalami kesulitan dalam belajar Dayu belajar dan berlatih menari dengan hati senang tanpa terpaksa.

Cita-cita merupakan impian seseorang yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan (hobi). Oleh karena itu, cita-cita tidak harus berupa profesi. Minat dan kesukaan akan membantu seseorang meraih cita-cita. Untuk meraih cita-cita seseorang hendaknya berusaha dengan sungguh-sungguh.Usaha yang dilakukan tentunyg dengan belajar dan berlatih sesuai cita-cita yang dNnginkan.Contohnya Dayu ingin menjadi penari. Dayu harus rajin berlatih menari. Begitu juga dengan cita-cita yang lain, misalnya ingin menjadi peneilti di bidang tumbuhan kamu hendaknya suka berkebun dan membaca tentang tumbuhan. Ingin menjadi peternak hendaknya kamu suka memiara hewan ternak dan disiplin memberi makan kepada hewan ternak.

Apa cita-cita kamu?Apa yangsudah kamu lakukan untuk mendukung tercapainya cita-citamu? Tuliskan dalam buku tugasmu dan bacakan secara bergantian di depan kelas.
Kamu hendaknya tidak takut gagal dalam upaya meraih cita-cita.Ibarat pepatah “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”. Jadi, jika kamu ingin sukses meraih cita-cita, kamu tidak boleh takut gagal.Pada saat kamu mengalami kegagalan dalam meraih cita-cita hendaknya kamu tidak putus asa.Sebaliknya, kamu hendaknya lebih semangat lagi berusaha meraih•cita-citamu.
Banyak kisah orang-orang sukses yang meraih mimpi besarnya dengan menghadapi kegagalan terlebih dahulu. Berikut beberapa contohnya, silakan kamu simak dengan saksama.

 

Kisah Orang-Orang Sukses yang Diawali dengan Kegagalan.

1. Albert Einstein, Penggagas Teori Relativitas.

Albert Einstein adalab ilmuwan yang berhasil meraih hadiah Nobel pada tahun 1921 di bidang ilmu fisika. Einstein sangat dikenal dengan teori relativitas. Einstein juga mengembangkan teori kuantum dan teori medan menyatu.Tahukah kamu bahwa Einstein bukanlah si jenius yang tidak pernah menghadapi kegagalan?

Pada masa kecilnya Einstein baru bisa berbicara pada usia empat tahun. Einstein juga baru bisa membaca pada usia tujuh tahun. .Qleh karena itu, guru dan orang tuanya menganggapnya memiliki
keterbelakangan mental dan lambat. Einstein sangat pendiam. Dia tidak suka bermain dengan teman-temannya. Einstein lebih senang bermain sendiri. Atas sifatnya ini. Einstein dianggap anak yang
antisosial. Pada usia tujuh tahun Einstein suka marah dan melempar barang, termasuk kepada adiknya.
Dalam riwayat sekolahnya dan SMP sampai SMA Einstein tidak pernah mengantongi ijazah. Einstein hanya mendapat surat keterangan pernah bersekolah dan sekolah setempat. Semua terjadi karena Einstein hanya mau belajar mata pelajaran yang dia suka yaitu fisika dan matematika. Einstein sering membolos pada saat pelajaran bahasa, sastra. dan menggambar. Einstein menibolos untuk metakukan aktivitas yang disukainya. Kegagalan Einstein lulus dan SMP hingga SMA tidak mematahkan semangatnya untuk tetap melanjutkan sekolah yang lebih tinggi.

Akhirnya, tanpa ijazah SMA Einstein nekad melamar ke perguruan tinggi di Swiss. Dia melamar di Politeknik Federal di Zurich Swiss. tetapi sayang Einstein gagal pada ujian masuk. Pada waktu itu usia Einstein masih terlalu muda. Kegagalan bukan halangan bagi Einstein untuk tetap melamar ke perguruan tinggi yang sama. Pada kesempatan berikutnys Einstein kembali melamardan dia diterima. Pada waktu ditanya ijazahnya. dengan lantang menjawab bahwa dia tidak pernah mempunyai uazah. Akan tetapi, dia berani diadu kemampuannya terutama di bidang Matematika dan Fisika. Kebetulan kedua pelajaran tersebut memang sangat diperhitungkan di Politeknik Federal di Zunch Swiss.

Keberhasilan Albert Einstein mengatasi kegagalan itulah yang mengantarkannya pada kesuksesan. Predikat Sang Jenius Fisika Penggagas Teori Relativitas pun berhasil dia sandang dan dikenal seluruh penjuru dunia.

2. Thomas Alva Edison, Penemu Bola Lampu Pijar (Bola Lampu Listrik).

Pada masa kecilnya, Edison termasuk anak yang tidak bisa belajar di sekolah. Edison termasuk niurid yang sering tertinggal Plajaran dan tidak berbakat. Keadaan Edison tersebut sangat dirtiengerti ihunya
yang kebetulan juga berprofçsi sebagai guru. Edison hanya mendapat kesempatan belajar di sekolah selama tiga bulan sebelum akhirnya pihak sekolah memutuskan mengeluarkan Edison dan sekolah.
thu Edison menerima keputusan pihak sekolah dengan lapang dada.Ibu Edison tidak menjadikan kegagalan Edison untuk betajar di sekolah sebagai akhir dan kehidupan Edison.Sang ibu dengan
telaten mengajani Edison di rumah. Selain belajar dan sang Ibu. Edison belajar sendini dan buku-buku bacaan. Berbekal pengetahuan dan sang Ibu dan buku-buku yang dibaca. Edison mampu melakukan
berbagai macam percobaan di bidang sains. Banyak kegagatan yang dialami Edison saat melakukan percobaan. tetapi kegagalan yang ia alarni tidak rnenjadikannya patat semangat.Sebaliknya, kegagalan
telah mencambuknya untuk Iebih sening melakukan percobaan.Ibarat pepatah. “Benibu kali ia gagal, dua nibu kali ia mencoba kembali”. Tidak ada kata nienyerah dalam percobaan Edison. Semangat dan kegigihan Edison pun berbuah manis dan kita pun bisa merasakannya. Apakah itv? Ya..terangpya lampu pijar basil percobaat4 Edison.

Melalui kegagalan-kegagalan dalam hidupnya, akhirnya Edison bisa membuktikan kesuksesarrnya mefatul periemuan bela lampu pijar atau beta lampu listrik. Penemuari Edison sangat bermanfaat bagi penerangan manusia. Pada saat menceritakan rahasia kesuksesannya, terucap kata “Jika saya dItanya apakah yang dapat membuat seseorang berhasil dalam hidupnya, jawaban saya sama. Orang Ru harus terus rnenarnbah kegagalannya. Jika kamu takut gagal. kamu tidak berani mencoba dan berusaha.Nlulai sekarang. kamu jangan takut gagal karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”.

 

3. Michael Jordan, Altiet Basket Terbaik Sepanjang Masa.

Michaael Jordan adalah sosok yang sering dipuji sebagai pemain basket terbaik sepanjang masa. Tahukah kamu bahwa dalam proses Michael Jordan menuju kesuksesannya seperti saat mi banyak kegagalan yang dia alami? Ternyata tidak berbeda jauh dan Einstein dan Edison, Michael Jordan juga sering mengalami kegagalan sebelum akhirnya sukses menjadi atlet basket terbaik sepanjang masa. Bahkan, Michael Jordan berusaha bersahabat dengan kegagalaninya dengan cara menjadikan kegagalan sebagai bahan bakan menuju kesuksesan.

Dahulu, ia pernah dikeluarkan dan tim basket SMA-nya pada tahun pertama. Akan tetapi. kegagalan Ru tidak membuatnya rnenyerah. Michael Jordan terus berlatih hingga akhirnya Nsa kembali masuk ke tim basket SMA-nya pada tahun berikutnya. Bahkan, Michael Jordan berhasil masuk ke ALL American High School Team. Mehurut pengakuan Mechael Jordan, dalam sepanjang karir dia, lebih dari 9.000 tembakannya meleset. Dia pun pernat kalah dalam 300 pertandingan.

Paling tidak, 26 kati dia dipercaya melakukan tembakan peneritu kemenangan, dan dia gagal. Dia telah berkali-kali mengalami kegagalan, tetapi karenakegagatan itulah dia berhasil, Kakinya pun pernah patah pada musim sekitar tahun 1985 – 1986.Peristiwa itu pun tidak membuatnya berhenti bermain basket, Buktinya, setetah sembuh dan cedera patah kaki Michael Jordan kembali berrnain basket dan bérhasil menjadi pemain kedua terhebat serta berhasit mencetak 3.000 skor dalam satu musirm Hebat bukan?

Berdasarkan kisah-kisah orang sukses yang diawali dengan kegagalan, banyak pelajaran yang bisa kamu ambil.Beberapa di antaranya sebagai berikut.
1. Ada beragam cita-cita di dunia mi. Semua cita-cita disesuaikan dengan potensi yang ada pada din setiap orang. OIeh karena itu, hargai perbedaan cita-cita dengan teman dan anggota keluarga serta orang-orang di Iingkungan sekitarmu.
2. Cita-cita merupakan impian yang ingin diwujudkan menjadi kenyataan. OIeh karena itu, seseorang hendaknya memiliki kesungguhan dalam berusaha meraih cita-cita. Tidak mudah menyerah dan putus asa saat menghadapi kegagalan-kegagalan dalam merath cita-cita. Terus berusaha dengan giat berlatih dan berusaha akan membawa seseorang pada kesuksesan meraih cita-cita.
3. Jadikan kegagalan dalam meraih cita-cita sebagai cambuk untuk Iebih bersemangat dalam berusaha meraih kesuksesan.
4. Jadikan kegagalan sebagai tantangan dalam meraih cita-cita.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengidentifikasi cita-cita dalam satu kelompok befajarmu. Adakah perbedaan cita-cita antarteman satu kelompokmu? Tentu ada bukan? Begitu juga di kelas Dayu. Dayu mempunyai cita-cita yang berbeda dengan Udin, Siti, Beni, dan Lani. Dayu dan teman-temannya juga mempunyai ciri fisik yang berbeda. Berikut perbedaan cita-cita dan ciri fisik Dayu dengan teman-temannya.

Perbedaan Ciri Fisik dan Cita-cita :

  • Dayu berpenampilan lembut dan gemulai, dayu pandai menari, dayu bercita-cita menjadi penari.
  • Udin berpenampilan rapi, baju udin selalu di masukkan ke celana, Udin rajin belajar, Udin bercita-cita menjadi Guru.
  • Siti berpenampilan lincah dan sigap gerakannya, Siti senang berkebun, Siti bercita-cita menjadi peneliti dibidang tumbuhan.
  • Beni berpenampilan gesit dan tangkas, Tubuh Beni kecil. Beni bercita-cita menjadi olahragawan. Beni bercita-cita menjadi olahragawan. Beni selalu melatih kebugaran. Setiap hari beni lari pagi.
  • Setiap pagi Lani melakukan senam. Lari selalu menjaga kebugarannya dengan senam pagi. Lani bercita-cita menjadi atlet senam. 

Dayu dan teman-temannya memiliki perbedaan ciri fisik dan cita-cita. Meskipun demikian, Dayu dan teman-temannya tetap hidup rukun tanpa mempermasálahkan perbedaan yang ada. Mereka saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. Mereka menyadari bahwa setiap orang memiliki keinginan yang tidak sama dengan keinginan oran lain.
ltulah keragaman dalam Iingkup antarteman di sekolah. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pun banyak keragaman yang dapat memperkaya khaanah budaya bangsa. Indonesia dikenal sebagai negara yang masyarakatnya majemuk. Kemajemukan masyarakat Indonesia tampak pada berbagai keragaman seperti suku, ras, budaya, dan agama.
Keragaman masyarakat Indonesia antara lain disebabkan oleh kedatangan bangsa asing di wilayah Indonesia. Pengaruh kedatangan bangsa asing terhadap keragaman masyarakat Indonesia tampak jelas pada keragaman ras. Keragaman ras adalah keragaman masyarakat didasarkan atas ciri fisik atau ciri tubuh. Perhatikan perbedaan ciri fisik masyarakat Indonesia yang tersebar dalam berbagai suku bangsa berikut.

Ciri fisik yang paling tampak hingga mudah untuk membedakan antara suku yang satu dengan suku yang lain adalah warna kulit. Masyarakat Indonesia ada yang berkulit hitam dan berkulit putih. Meskipun berbeda warna kulit, masyaralcat Indonesia tetap hidup rukun tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada. Beberapa ras yang ada dalam masy.arakat Indonesia seperti berikut.
1. Ras Melanesoid yang mendiami daerah Papua, Pulau Aru di Maluku, dan Pulau Kai di Kepulauan Maluku.
2. Ras Negroid antara lain oràng Semang di Semenanjung Malaka dan orang Mikopsi di Kepulauan Andaman.
3. Ras Weddoidantara lain orang Sakai di Siak Riau, orang Kubu di Sumatra Selatan dan Jambi, orang Tomuna di Pulau Muna, orang Enggano di Pulau Enggano, dan orang Mentawai di Kepulauan Mentawai.
4. Ras Malayan Mongoloid yang dibedakan atas dua golongan sebagai berikut.
a. Ras Proto Melayu (Melayu Tua) antara lain Suku Batak di Sumatra Utara, Suku Toraja di Sulawesi Selatan, dan Suku Dayak di Kalimantan Barat.
b. Ras Deutro Melayu (Melayu Muda) antara lain Suku Bugis di Sulawesi Selatan, Madura, Jawa, dan Bali.
5. Ras Asiatic Mongoloid seperti orang Tionghoa, Jepang, dan Korea. Ras mi tinggal menyebar di seluruh Indonesia, tetapi ada juga yang mendiami daerah tertentu.
6. Ras Kaukasoidyaitu orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa, danAmerika. Ras inijuga menyebardi seluruh Indonesia –
Bagaimanakah dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu?Apakah dalammasyarakat juga terdapat keragaman ras?

BACA JUGA :   SD3-K2.3-Agama Katolik - Sakramen Tobat

 

B. Puisi untuk Negeri.

Indonesia adalah negeri penub dengan keberagaman. Warna-warni kehidupan yang ada di Indonesia dapat kamu tuangkan dalam sebuah puisi. Nah, kali mi karnu akan belajar tentang makna puisi. Makna puisi disebut juga isi puisi. Makna puisi adalah isi puisi yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca atau pendengar Untuk mengetahui makna puisi, kamu harus memahami isi puisi dengan benar.
Langkah-Iangkah menentukan makna puisi sebagai berikut.
‘1. Baca puisi dengan saksama.
2. Baca kembali setiap lank dalam puisi tersebut.
3. Catat beberapa kata kunci yang dianggap penting.
4. Pahami maksud yang ingin disampaikan penyair dalam puisi.
5. Berdasarkan kata kunci §ang telah ditulis, tulis maksud puisi dalam beberapa kalimat.

Bacalah puisi indonesia, Tanah Airku berikutl

Indonesia, Tanah Airku – Karya- Nirwasita.

Ada yang mengaku sebagai orang Madura.
Ada yang mengaku sebagai orang Bugis.
Ada pula yang mengaku sebagai orang Papua.
Mereka adalah arang Indonesia yang manis.

Indonesia..
Negeri kaya adat stiadat dan budaya.
Beragam bahasa dan suku bangsa.
Beragam flora dan fauna.

Indonesia, tanah airku.
Aku bangga lahir di bumi pertiwi ini.
Kaulah tanah pusakaku.
Ku kan jaga wilayah Nusantara ini.
2. Berdiskusilah dengan teman sebangkurnu. Ceritakanlah peristiwa atsu kejadian yang kamu bayangkan saat membaca bait kesatu puisi “indonesia Tanah Airku.

 

C. Kekayaan Sumber Daya Alam Negeriku.

Selain keberagaman budaya dan tradisi, Indonesia memiliki keberagaman kenampakan alam. Bentang alam pantai, pegunungan, perbukitan, dataran, dan Iembah ada di Indonesia. Di muka bumi Indonesia mi tersimpan juga keberagaman sumber daya alam. Kekayaan tambang seperti minyak bumi, berbagai jenis mineral dan logam seperti emas, fimah, nikel, batu bara, dan bauksit tersimpan di Indonesia.

Dari gambar hasil tambang di Indonesia kamu bisa melihat keberagaman bahantambang di Indonesia. Kekayaan emas Indonesia tersebar di beberapa tempat antara lain di Meulaboh (Aceh), Bengkalis (Sumatra), Logas (Riau), dan Kalimantan Timur.

 

Pembelajaran 5.

A. Menjelaskan Makna Puisi.

Kamu telah belajar menentukan makna puisi. Makna puisi dapat diketahui setelah membaca atau mendengar pembacaan puisi. Untuk menentukan makna puisi. kamu perlu menghayati. memikirkan, dan berangan-angan tentang puisi yang telah dibaca atau didengarkan. Untuk mengasah kemampuanmu menentukan makna puisi, pada pelajaran ini kamu akan rnempeiajarinya kembali.

 

B. Menyanyi dengan Tempo dan Tinggi Rendah Nada yang Tepat.

Menyanyi dengan baik membutuhkan teknik menyanyi seperti intonasi dan tempo. lntonasi merupakan ketepatan bunyi flap nada. Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara yang tidak sumbang dan enak didengar. Untuk mendapatkan intonasi yang baik kamu dapat menyanyikan nada-nada benikut secara berulang. Nada-nada tersebut dapat dinyanyikan dengan tempo lambat, sedang, dan cepat.

do, re, mi, fa, sol, la, si, do, si, la, sol, fa, mi, re, do ( 123456717654321 )

Kecepatan lagu diukur dengan alat pengukur yang disebut Metronome Maclw! atau disingkat MM. Metronome Mae!zel mi yang akan memberikan petunjuk seberapa cepat atau Iambatnya lagu dinyanyikan. Sebagai contoh lagu “Aku ingin Jadi Penerbang” ditulis dengan tempo agak cepat atau allegretto. Kecepatan tempo allegretto 104-112 MM, artinya lagu harusdinyanyikandalam. kecepatan 104-112 ketukan dalam waktu satu menit. MM 104-112 termasuk tempo cepat.
Benikut contoh kecepatan tanda tempo dengán kecepatan yang diukur dengan MM.
1. Tempo lambat, contoh !ento = lambat (56-58 MM);
2. Tempo sedang, contoh andante = seperti orang benjalan (72-76 MM);
3. Tempo cepat, contoh allegro = cepat, hidup, dan niang (132-1 38 MM).

 

C. Kegemaran dan Cita-Cita.

Dayu dan teman-temannya slap mengikuti pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Pada awal pembelajaran, Ibu Guru melakukan tanya jawab dengan Dayu dan teman-temannya. Ibu Guru bertanya tentang kegemaran Dayu dan kawan-kawannya. Apa arti kegemaràn? Kegemaran adalah suatu kegiatan atau aktivitas bermanfaat yang paling disukai, Kegemaran disebut juga hobi. Kegemaran berbeda dengan cita-cita. Cita-cita adalah impian seseorang yang ingin clicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan (hobi).
lniIah hash tanya jawab Ibu Guru dengan Dayu dan teman-temannya tentang kegemaran mereka.

Berdasarkan hasil tanya jawab thu Gum dengan Dayu dan teman-teman Dayu, dapat dipahami adanya beragam kegemaran di kelas Dayu yaitu kegemaran menari, melukis, membaca, menari, dan berolahraga. Pertanyaan selanjutnya, apakah kegemaran selalu sesuai dengan cita-cita seseorang?
Kegemaran dapat membantu seseorang dalam mencapai cita-cita. Adakalanya kegemaran sesual dengan cita-cita. Akan tetapi, tidak semua kegemaran sesuai dengan cita-cita. Perhatikan contoh adanya kesesuaian dan tidak adanya kesesualan antara kegemaran dan cita-cita berikut.

Ada perbedaan kegemaran antartemari dan antaranggota keluarga merupakan hal yang wajar. Perlu diingat bahwa setiap orang mempunyai hak sejak dilahirkan ke dunia, salah satunya hak memiJiki kegemaran. Setiap orang wajib menghargai dan menghormati hak orang lain termasuk hak memiliki kegemaran yang berbeda. Dengan demikiari? tefap akan terjalin kerukunan serta persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

Pembelajaran 6.

A. Menjelaskan Makna Puisi yang Didengar.
Pada pembelajaran di depan kamu telah belajar menentukan makna puisi dengan cara membaca.
Sekarang kamu akan nienentukan makna puisi dengan cara mendengarkan pembacaan puisi o)eh guru atau teman. Langkah menentukan makna puisi yang didengarkan
1. Dengarkan pembacaan puisi dengan saksama.
2. Catat beberapa kata kunci yang dianggap penting.
3. Pahami maksud penyair dalam puisi.
4. Berdasarkan kata kunci yang telah ditulis, tulis maksud puisi dalam beberapa kalimat.

 

B. Marl Bernyanyi.

Kamu telah mempelajani teknik intonasi dalam bemyanyi. Kamu juga sudah mempelaiani tempo bernyanyi. Selain memperhatikan intonasi dan tempo, kamu juga harus bennyanyi dengan penghayatan. Agan dapat menghayati lagu, kamu juga harus menghayati syair lagunya. Dengan begitu, kamu bisa bernyanyi dengan balk.
Bagaimana cara menghayati lagu? Kamu hanus tahu maksud syair lagu tensebut. Caranya, pahamilah kalimat demi kalimat lagu tersebut.

 
Indonesia  Pusaka. – cipt :  Izmad Marzuki;

13 = do,
4/4,
Moderato,

Ciptaan : Ismail Marzuki.

Indonesia tanah air beta.
Pusaka abadi nan jaya.
Indonesia sejak dulu kala.
Tetap di puja-puja bangsa.

Syair lagu tersebut merupakan penggalan dan lagu berjudul “Indonesia Pusaka”. Lagu tersebut menggambarkan tentang Indonesia di mata warga negaranya. Indonesia merupakan pusaka bangsa Indonesia. Indonesia negara yang patutdibnggakan karena banyak bangsa memujanya.
Lagu “Indonesia Pusaka” dinyanyikan dengan tempo mocierato. Maksudnya, syair lagu “Indonesia Pusaka” dinyanyikan dengan tempo sedang agak cepat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *