SD Kelas 4 – Tema 5.3 – Pahlawanku – Sikap Kepahlawanan

SD Kelas 4 – Tema 5.3 – Pahlawanku – Sikap Kepahlawanan.

PEMBELAJARAN 1.

Salah satu peninggalan raja-raja di masa Islam yang diwariskan adalah sikap kepahlawanan. Sikap ini mempengaruhi sikap para pejuang di masa penjajahan Belanda. Banyak pahlawan dari berbagai wilayah di Indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pahlawan Indonesia
Pahlawan adalah seseorang yang berjuang untuk negara. Setiap negara mempunyai pahlawan nasional. Ia melakukan sesuatu yang berani dan membanggakan.

Indonesia memiliki banyak pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Mereka berjuang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah dari Indonesia.

Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini tidak terlepas dari perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan. Mereka bukan hanya mengorbankan harta, namun juga jiwa dan raga.
Karena perjuangan mereka, kita dapat menikmati kebebasan; kebebasan dalam menentukan cita-cita, mendapatkan pendidikan, serta kebebasan mengemukakan pendapat.

Berikut adalah pahlawan yang dimiliki oleh Indonesia pada masa penjajahan. Sikap kepahlawanan mereka tidak jauh berbeda dari sikap kepahlawanan yang dimiliki raja-raja di masa Islam yang memerangi penjajah.
Amatilah gambar berikut!
Pahlawanku
Berdasarkan gambar pahlawan yang telah kamu amati, jawablah pertanyaan berikut!

Apa yang kamu ketahui tentang
sikap kepahlawanan yang dimiliki
para pahlawan nasional?
Apa yang ingin kamu ketahui lebih
lanjut tentang sikap kepahawanan dari
pahlawan nasional?
Cut’nyak Dhien dari Aceh, Pangeran Antasari
dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Sikap kepahlawanan dari pahlawan nasional

Apa saja yang dilakukan oleh tokoh-tokoh tersebut sehingga mereka disebut sebagai pahlawan nasional? Ayo, kita pelajari lebih lanjut!

  1. Cut Nyak Dhien adalah seorang wanita Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan penjajahan Belanda pada masa Perang Aceh. Cut Nyak Dhien bersama Teuku Umar bertempur bersama melawan Belanda. Namun, Teuku Umar gugur saat menyerang Meulaboh pada tanggal 11 Februari 1899, sehingga ia berjuang sendirian di pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecilnya.
  2. Pangeran Antasari adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Ia adalah Sultan Banjar. Perang Banjar pecah saat Pangeran Antasari dengan 300 prajuritnya menyerang tambang batu bara milik Belanda di Pengaron. Pertempuran yang berkecamuk makin sengit antara pasukan Pangeran Antasari dengan pasukan Belanda, berlangsung terus di berbagai medan. Berkali-kali Belanda membujuk Pangeran Antasari untuk menyerah, namun dia tetap pada pendirinnya.
  3. Pattimura bangkit memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku.Pada tahun 1817, perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin oleh Pattimura berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Perlawanan Pattimura meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya.
  4. Sisingamangaraja XII adalah seorang raja di negeri Toba, Sumatera Utara. Antara tahun 1883-1884, Singamangaraja XII berhasil melakukan konsolidasi pasukannya. Kemudian bersama pasukan bantuan dari Aceh, secara ofensif menyerang kedudukan Belanda antaranya Uluan dan Balige pada Mei 1883 serta Tangga Batu pada tahun 1884.
  5. Dewi Sartika adalah pahlawan pendidikan, pahlawan nasional, sekaligus tokoh panutan di kalangan masyarakat Sunda. Sejak tahun 1902 dengan mengajarkan membaca, menulis, memasak, dan menjahit bagi kaum perempuan di sekitarnya. Pada tanggal 16 Juli 1904, Raden Dewi Sartika mendirikan Sakola Istri atau Sekolah Perempuan. Dewi Sartika berusaha keras mendidik anak-anak gadis agar kelak bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik, bisa berdiri sendiri, luwes, dan terampil.
  6. Perang Diponegoro terjadi pada tahun 1825- 1830. Perang Diponegoro merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara. Peperangan ini terjadi secara menyeluruh di wilayah Jawa sehingga disebut Perang Jawa.Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati.
  7. Silas Papare adalah seorang pejuang penyatuan Irian Jaya (Papua) ke dalam wilayah Indonesia. Perkenalannya Sam Ratulangie semakin menambah keyakinan ia bahwa Papua harus bebas dan bergabung dengan Republik Indonesia. Akhirnya, ia mendirikan Partai Kemerdekaan Indonesia Irian (PKII). Pada bulan Oktober 1949 di Yogyakarta, ia mendirikan Badan Perjuangan Irian di Yogyakarta dalam rangka membantu pemerintah Republik Indonesia untuk memasukkan wilayah Irian Barat ke dalam wilayah RI.

KAPITAN PATTIMURA

Kapitan Pattimura adalah pahlawan dari Maluku. Beliau lahir pada tanggal 8 Juni 1783 dan meninggal pada tanggal 16 Desember 1817.

Pattimura bangkit memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah dan bahkan harus menyerahkan beberapa bahan pangan kepada Belanda.

Pada tahun 1817, perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin oleh Pattimura berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Perlawanan Pattimura meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya.

Setelah berulang kali kalah melawan pasukan Pattimura, Belanda akhirnya meminta bantuan pasukan dari Jakarta. Keadaan jadi berbalik, Belanda makin kuat dan rakyat Maluku terdesak. Akhirnya, Pattimura tertangkap Belanda. Pada tanggal 16 Desember 1817, Pattimura menjalani hukuman mati di tiang gantungan.

Tulislah sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Pattimura dan Raja-Raja di masa Islam! Sifat-sifat kepahlawanan antara lain

  1. Rela berkorban, maksudnya berbuat apapun dilandasi rasa ikhlas, tanpa mengharap pujian, imbalan pada orang lain maupun negara.
  2. Kesatria, maksudnya berani mengakui kesalahan bila salah, bertanggung jawab segala ucapan dan tindakan yang dilakukan.
  3. Berjuang tanpa pamrih, maksudnya selalu berbuat ikhlas
  4. Pemberani, maksudnya pemberani dalam bidang kebenaran.
  5. Pantang menyerah, maksudnya tak mudah putus asa semua usaha pekerjaan harus berhasil, kegagalan merupakan pelajaran diulangi lagi sampai berhasil.
  6. Berperilaku terpuji, maksudnya segala tindakan perilaku, tutur kata dapat dijadikan contoh orang lain

Tulislah sikap-sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh masyarakat sekitar!

  1. Membantu tanpa pamrih dan ikhlas
  2. Berani membela kebenaran dan keadilan
  3. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
  4. Jujur dan bertanggung jawab
  5. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara/kepentingan umum
  6. Memiliki rasa cinta tanah air dan pantang menyerah
  7. Bertindak terpuji dalam kehidupan sehari-hari
  8. Memiliki jiwa pengabdian yang tinggi

Pattimura berjuang melawan penjajah Belanda supaya kekayaan alam Indonesia yang berupa rempah-rempah tidak dikuasai oleh mereka. Selain Pattimura, Indonesia memiliki Pahlawan nasional lainnya, yaitu Bung Tomo.

Perjuangan Bung Tomo turut membakar semangat pemuda Indonesia untuk berjuang. Karena itulah, ia pantas dijuluki Pahlawan Nasional. Untuk mengenang jasa Bung Tomo, ada beberapa barang milik Bung Tomo yang disimpan di Tugu Pahlawan Surabaya. Salah satunya adalah mobil.

Mobil Bung Tomo berjenis Opel Kapitan. Mobil itu berwarna hitam dan menjadi koleksi Museum Tugu Pahlawan di Surabaya.

Salah satu hal yang membedakan mobil Bung Tomo dengan mobil sekarang adalah posisi kaca spion mobil yang hanya ada satu dan di dalam mobil. Salah satu bagian mobil yang penting adalah kaca spion. Kaca ini bisa menghasilkan bayangan yang lebih kecil dari benda sebenarnya. Tahukah kamu bagaimana sifat cermin?

Bagian lain dari mobil adalah lampu. Pada lampu terdapat permukaan cekung yang menyerupai cermin cekung. Cermin cekung ini berfungsi untuk menyorotkan cahaya sampai jarak jauh.

Sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang cermin. Siapkan peralatan berikut!
Percobaan Cermin

  1. Cermin cembung: Bagian cembung sendok atau spion
  2. Cermin cekung : Bagian cekungan sendok atau spion
  3. Cermin datar

Lihatlah bayangan pada tiap cermin, lalu tulislah bayangan yang dihasilkan.

No. Nama cermin Bayangan Yang Dihasilkan
1. Cermin Datar
  1. Bayangan yang terjadi sama besar dengan benda.
  2. Bayangan yang terjadi sama tegak.
  3. Jarak benda sama dengan jarak bayangan
  4. Bayangan cermin tertukar sisinya, artinya bagian kanan benda menjadi bagian kirinya.
  5. Bayangan cermin merupakan bayangan semu, artinya bayangan tidak dapat ditangkap oleh layar.
2. Cermin Cembung Sifat bayangan pada cermin cembung selalu maya, tegak, dan diperkecil.
3. Cermin Cekung
  1. Jika benda berada di ruang I, maka bayangan berada di ruang IV. Sifat bayangannnya adalah maya, tegak, dan diperbesar.
  2. Jika benda berada di ruang II, maka bayangan berada di ruang III. Sifat bayangannnya adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.
  3. Jika benda benda berada di ruang III, maka bayangan berada di ruang II. Sifat bayangannya adalah nyata, terbalik, dan diperkecil

 

PEMBELAJARAN 2.

Pahlawan adalah orang yang melakukan perbuatan baik tearhadap orang lain tanpa dilandasi keinginan untuk mendapatkan pujian atau imbalan. Pahlawan juga disebut orang yang telah berjasa pada negara.

Sedangkan patriotisme yaitu sikap yang mewujudkan semangat cinta tanah air untuk bersedia mengorbankan segala-galanya. Pahlawan yang berjuang untuk negara memiliki jiwa patriotisme untuk kejayaan bangsa dan negaranya. Para pejuang kemerdekaan disebut mewujudkan indonesia yang merdeka.

Pahlawan pada masa penjajahan adalah mereka yang gugur dalam membela negara. Para pejuang mengguanakan senjata seadanya misalnya bambu runcing, keris, panah, pedang. Para pejuang berani mengorbankan harta, benda, waktu, pikiran, jiwa, raga, dan nyawa untuk kepentingan bangsa dan negara.
Pahlawan
Berkat pengorbanan para pahlawan sekarang kita dapat menikmati kemerdekaan. Tugas dan tanggung jawab kita sekarang adalah menjaga tetap utuhnya bangsa dan negara kita dan mengisi kemerdekaan dengan membangun serta dapat mewarisi sikap-sikap para pahlawan. Kamu telah belajar tentang sikap-sikap kepahlawanan. Sikap-sikap tersebut telah mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila.

No. Sikap Definisi Sila Pancasila
1. Keberanian Keberanian adalah suatu sikap untuk berbuat sesuatu/mengambil tindakan dengan tidak terlalu merisaukan hal-hal buruk.Contoh

  • Berani beramal dengan sifat-sifat terpuji,
  • Berani menjauhi sifat-sifat yang buruk,
  • Berani menghadapi kritikan,
  • Berani memberi kritikan yang menyenangkan,
  • Berani menghadapi kegagalan.
Sila Kedua
2. Rela berkorban Rela berkorban adalah sikap yang mencerminkan adanya kesediaan memberikan  sesuatu yang dimiliki untuk orang lain walaupun akan memberikan penderitaan bagi diri sendiri. Contoh

  • Ikut kerja bakti membersihkan jalan dan sekolah
  • Ikut berpartisipasi menjaga keamanan kampung
  • Menyingkirkan benda berbahaya ditengah jalan
  • Membantu mengantarkan adik yang mau belajar kelompaok
  • Membantu pekerjaan orang tua atau orang yang disekitarnya
Sila Ketiga
3. Membela kebenaran dan Keadilan Membela keadilan maksudnya tidak memihak kepada sesuatu yang telah diketahui salah. Contoh

  • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  • Menghormati hak-hak orang lain.
  • Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  • Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.
  • Tidak bersifat boros.
  • Tidak bergaya hidup mewah.
  • Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
  • Suka bekerja keras.
  • Menghargai hasil karya orang lain.
  • Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
Sila Kedua
4. Cinta Tanah Air Cinta tanah air adalah suatu kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau tanah airnya. Contoh

  • Belajar dengan tekun hingga kita juga dapat ikut mengabdi dan membangun negera kita agar tidak ketinggalan dari bangsa lain.
  • Menjaga kelestarian lingkungan.
  • Tidak memilih-memilih teman.
  • Berbakti pada nusa dan bangsa
  • Berbakti pada orang tua (Ibu, Bapak, Guru)
  • Menggunakan barang produksi dalam negeri
Sila Ketiga
5. Ksatria Kesatria, maksudnya berani mengakui kesalahan bila salah, bertanggung jawab segala ucapan dan tindakan yang dilakukan. Contoh

  • Meminta maaf atas segala kesalahan yang dilakukan.
  • Cepat belajar dari kesalahan dan tidak terlalu lama berkubang dalam rasa penyesalan
  • Bekerja dengan tim terbaik untuk menunjukkan performa terbaik.
  • Jangan menyalahkan pihak lain atau aturan.
  • Tidak berputus asa, bahkan menjadikan kegagalan sebagai pemicu terhadap kesuksesan-kesuksesan di masa berikutnya.
Sila Kelima
6. Pantang menyerah Pantang menyerah, maksudnya tak mudah putus asa semua usaha pekerjaan harus berhasil, kegagalan merupakan pelajaran diulangi lagi sampai berhasil. Contoh.

  • Selalu berusaha menjadi yang terbaik
  • Menjadikan kegagalan sebagai batu loncatan
  • Bersabar dan selalu berusaha dan tidak kenal menyerah
  • Belajar dengan giat dan tekun agar memperoleh nilai terbaik
  • Selalu optimis dalam menghadapi segala tantangan
Sila Ketiga

Perhatikan gambar berikut. Apakah sikap mereka sudah mengaplikasikan nilai- nilai Pancasila?
Pahlawan

  1. Menyumbang untuk korban bencana alam sesuai dengan sila kedua
  2. Kerja bakti sesuai dengan sila ketiga
  3. Minta maaf kepada teman sesuai dengan sila kedua

Karena perjuangan para pahlawan, Indonesia mencapai kemerdekaannya. Coba bayangkan jika mereka tidak berjuang? Apa yang akan terjadi? Sekarang, nyanyikan lagu “Hari Merdeka”!
Hari Merdeka
Nyanyikan kembali lagu syair “ Hari Merdeka” sesuai dengan tinggi rendah nada. Nyanyikan secara berkelompok dengan temanmu.

Sekarang kita akan kembali belajar tentang sudut. Menurutmu sikap apa yang harus kamu aplikasikan saat kamu mempelajarinya? Apakah sikap tersebut
mencerminkan sikap kepahlawanan? Amati gambar berikut.

Sekarang praktikkan dengan tali.

Pegang tali dan bentuk seperti gambar berikut.
Sudut Satu
8 orang akan masuk ke dalam sudut yang dibentuk oleh tali.
Semua orang menghadap ke titik sudutnya masing-masing. Pasangan mana saja yang menghadap ke arah yang sama?
Orang pada sudut O1 dan O3 saling membelakangi. Sudut 1 dan sudut 3 dinamakan sudut bertolak belakang. Tulislah pasangan-pasangan sudut yang bertolak belakang.O2 dan O4, P1 dan P3, dan P2 dan P4.

Semua orang membelakangi titik sudut. Siapakah yang menghadap ke arah yang sama?
Sudut Sehadap
Orang pada sudut O1 dan P1 menghadap ke arah yang sama. Sudut O1 dan sudut P1 dinamakan sudut sehadap. Tulislah pasangan-pasangan sudut yang sehadap. O2 dan P2, O3 dan P3, O4 dan P4.

Apa yang dimaksud dengan sudut sehadap? Sudut-sudut sehadap adalah sudut-sudut yang menghadap ke arah yang sama.

Apa itu sudut bertolak belakang? Dua sudut yang letaknya saling membelakangi disebut dua sudut yang saling bertolak belakang

Identifikasi sudut-sudut yang sehadap dan bertolak belakang pada gambar berikut!
Sudut Sehadap dan Bertolak Belakang

  1. Sudut bertolak belakang : LOK dan MON, KON dan LOM, AOF dan BOP, AOB dan FOP, DPE dan CPO, EPO dan CPD.
  2. Sudut sehadap : AOF dan EPO, AOB dan CPO, FOP dan EPD, BOP dan CPD.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 Tema 8.3.3 - Daerah Tempat Tinggalku - Sub.Tema 3 - Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku
PEMBELAJARAN 3.

Cedera olahraga (sport injury) yaitu segala macam cedera yang timbul, baik pada waktu latihan maupun pada waktu berolahraga (pertandingan) ataupun sesudah pertandingan”. Biasanya cara yang efektif dalam mengatasi cedera adalah dengan memahami beberapa jenis cedera dan mengenalai bagaimana tubuh kita memberi respon terhadap cedera tersebut.

Menurut Bahr (2003) secara umum macam-macam cedera yang mungkin terjadi adalah: cedera memar, cedera ligamentum, cedera pada otot dan tendo, perdarahan pada kulit, dan pingsan. Struktur jaringan di dalam tubuh yang sering terlibat dalam cedera olahraga adalah: otot, tendo, tulang, persendian termasuk tulang rawan, ligamen, dan fasia.

Memar adalah keadaan cedera yang terjadi pada jaringan ikat dibawah kulit. Memar biasanya diakibatkan oleh benturan atau pukulan pada kulit. Jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah dan cairan seluler merembes ke jaringan sekitarnya. Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit.Penanganan Cedera Memar anatara lain

  1. Kompres dengan es selama 12-24 jam untuk menghentikan pendarahan kapiler.
  2. Istirahat untuk mencegah cedera lebih lanjut dan mempercepat pemulihan jaringanjaringan lunak yang rusak.
  3. Hindari benturan di daerah cedera pada saat latihan maupun pertandingan berikutnya..

Luka didefinisikan sebagai suatu ketidaksinambungan dari kulit dan jaringan dibawahnya yang mengakibatkan pendarahan yang kemudian dapat mengalami infeksi. Seluruh tubuh mempunyai kemungkinan besar untuk mengalami luka, karena setiap perenang akan melakukan kontak langsung pada saat latihan dan bisa juga luka karena peralatan yang dipakai. Penanganan Luka antara lain sebagai berikut

  1. Luka dibersihkan dari kotoran dengan jalan dicuci dengan hidrogen peroksida bersifat antiseptik (membunuh bibit penyakit), detol atau betadine, PK (kalium permangat) ataupun dengan sabun.
  2. Setelah luka dikeringkan lalu diberikan obat-obatan yang mengandung antiseptik dan bersifat mengeringkan luka, misalnya: obat merah, yodium tingtur, larutan betadine pekat. Apabila luka robek lebih dari 1cm, sebaiknya dijahit.
  3. Apabila lepuhnya robek, kulit dipotong kemudian dibersihkan dan dibebat dengan bahan yang tidak melekat. Apabila lepuh utuh dan tidak mudah robek luka langsung dibersihkan dan dibebat dengan bahan yang tidak melekat.

Lepuh merupakan gelembung bendalir pada atas kulit, yang biasanya disebabkan oleh tindak balas terhadap kesan kebakaran, kerengasan kulit, jangkitan atau geseran kasar. Kebanyakkan lepuh dipenuhi dengan bendalir yang dipanggil sebagai serum atau plasma. Walau bagaimanapun, lepuh juga boleh dipenuhi dengan darah (dikenali sebagai lepuh darah) atau nanah (jika ia dijangkiti). Penanganan lepuh antara lain sebagai berikut.

  1. Dinginkan bagian yang lepuh dengan air bersih.
  2. Bersihkan dan keringkan bagian yang lepuh.
  3. Balut longgar dengan perban.
  4. Jangan mengompres luka bakar dengan es karena dapat merusak kulit dan memperburuk cedera.

Masih ingatkah kamu dengan perjuangan para tokoh pada masa kerajaan Hindu, Buddha, Islam, dan masa penjajahan? Bagaimana sikap kepahlawanan yang mereka miliki? Bagaimana pengaruh sikap kepahlawanan mereka terhadap masyarakat di sekitarmu? Ayo, kita buat urutan masa perjuangan dan sikap kepahlawanan mereka! Garis waktu adalah garis yang menunjukkan urutan peristiwa.
Lini Masa
Sikap kepahlawanan bisa kamu temukan di lingkunganmu. Kamu bisa belajar tentang sikap kepahlawanan seorang penjaga pintu kereta. Isilah tabel berikut.

Yang aku ketahui tentang sikap
kepahlawanan dari penjaga
pintu kereta
Yang ingin aku ketahui lebih lanjut
tentang sikap kepahlawanan dari
penjaga pintu kereta
Penjaga kereta api adalah orang yang
bertugas di perlintasan kereta api.
Sikap kepahlawanan dari penjaga pintu kereta api


Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Gimin tinggal di Desa Lemah Abang, Karawang. Pekerjaannya sangat mulia. Banyak orang yang telah ia selamatkan. Namun demikian, banyak orang yang tidak peduli terhadap apa yang ia lakukan. Tidak ada ucapan terima kasih yang diberikan kepadanya. Pendapatannya sangat kecil dan tentunya kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Jam istirahatnya tidak menentu. Bahkan suatu saat, ia tidak bisa menikmati makan siangnya karena tibatiba ada pekerjaan yang harus ia lakukan. Hari raya pun terkadang ia harus masuk bekerja. Namun, Gimin tetap berusaha untuk bekerja sepenuh hati. Gimin sangat mencintai pekerjaannya. Ia sudah melakukan pekerjaannya hampir 30 tahun lamanya. Apa sebenarnya pekerjaan Gimin? Mengapa ia sangat senang dengan pekerjaannya?

Gimin adalah seorang penjaga pintu rel kereta api. Ia sangat bangga dengan apa yang ia lakukan karena ia bisa menyelamatkan banyak orang, mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda motor, penumpang mobil atau pengguna kendaraan lainnya. Panas terik atau guyuran air hujan tidak pernah ia pedulikan. Begitu juga dengan suara bising kendaraan. Ia tidak pernah terganggu dengan semua itu. Bahkan, umpatan dari mereka yang marah karena Gimin menutup pintu rel pun ia abaikan. Di dalam pikirannya yang ada hanyalah cara untuk menyelamatkan orang-orang.

Menjadi penjaga pintu rel kereta api yang bertanggung jawab adalah salah satu cerminan dari sikap kepahlawanan. Jawablah rasa ingin tahumu pada kolom sebelah kanan tabel. Kamu dapat mengisinya berdasarkan teks yang sudah kamu baca atau berdasarkan hasil diskusimu dengan teman kelompokmu serta jawaban dari gurumu. Tulislah semua informasi yang ada pada tempat yang sudah disediakan.

  1. Gimin adalah seorang penjaga pintu rel kereta api. Sebagai penjaga rel kereta api ia bisa menyelamatkan banyak orang, mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda motor, penumpang mobil atau pengguna kendaraan lainnya.
  2. Jika tidak ada Pak Gimim dan teman-teman tentunya keadaan lalu lintas akan menjadi kacau dan mungkin sering terjadi kecelakaan.
  3. Sikap kepahlawanan yang ditunjkkan oleh Pak Gimin adalah bekerja keras dan pantang menyerah, dan bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan keahliannya.
  4. Beliau bekerja demi keselamatan orang lain yaitu para pengguna jalan yang melintasi rel kereta api. Beliau tetap sabar walaupun umpatan, hujan dan terik matahari tak pernah ia pedulikan, keselamatan pengguna jalan adalah yang terpenting.

Sikap kepahlawanan pun dimiliki oleh mereka yang bekerja di kapal selam. Mereka membantu perairan Indonesia tetap terjaga dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya kapal selam menggunakan sebuah ‘jendela’ yang membantunya melihat keadaan sekeliling. Jendela ini berfungsi seperti mata pengintip. ‘Jendela’ pada kapal selam ini disebut Periskop. Periskop bisa kita buat secara sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang ada. Kamu juga bisa berkreasi untuk menghias periskop yang kamu buat. Ayo, membuat periskop bersama teman dan gurumu!

Alat dan bahan:

  1. Kardus bekas
  2. Cermin datar 2 buah
  3. Lem/selotip
  4. Busur derajat
  5. Gunting
  6. Kertas biasa atau kertas koran maupun kertas pembungkus kado.

Prosedur Pembuatan
Periskop

  1. Bagi kardus bekas menjadi lima bagian.
  2. Empat bagian sama besar dengan ukuran masing-masing 30 cm x 6 cm. Satu bagian lagi berukuran 30 cm x 2 cm.
  3. Buat 2 lubang persegi panjang pada bagian B dan D.
  4. Buat kotak berukuran 6 cm x 6 cm pada setiap ujung bagian A dan C. Gunakanlah pensil untuk menggambarnya. Setelah itu, buat garis diagonal pada dua kotak tersebut, potonglah persegi panjang kecil membentuk sudut 45 derajat pada dua sisi yang lain.
  5. Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip.Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap ke bawah.
  6. Gunakan periskopmu untuk melihat benda-benda di sekitarmu!

Tulislah laporan percobaanmu pada tabel berikut!

Nama percobaan: Percobaan Periskop Sederhana
Tujuan percobaan: Membuktikan bahwa sifat cahaya dapat dipantulkan
Alat-alat yang dibutuhkan: Kardus bekas
Cermin datar 2 buah
Lem/selotip
Busur derajat
Gunting
Kertas biasa atau kertas koran maupun kertas pembungkus kado.
Langkah kerja:
  1. Bagi kardus bekas menjadi lima bagian.
  2. Empat bagian sama besar dengan ukuran masing-masing 30 cm x 6 cm. Satu bagian lagi berukuran 30 cm x 2 cm.
  3. Buat 2 lubang persegi panjang pada bagian B dan D.
  4. Buat kotak berukuran 6 cm x 6 cm pada setiap ujung bagian A dan C. Gunakanlah pensil untuk menggambarnya. Setelah itu, buat garis diagonal pada dua kotak tersebut, potonglah persegi panjang kecil membentuk sudut 45 derajat pada dua sisi yang lain.
  5. Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip.Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap ke bawah.
  6. Gunakan periskopmu untuk melihat benda-benda di sekitarmu!
Kesimpulan Berdasarkan hasil pengamatan pada periskop sederhana yang telah dibuat cahaya yang memantul dari objek cermin pada bagian atas periskop. Karena sudut cermin ini, maka cahaya dipantulkan kembali pada cermin bagian bawah periskop. Maka di cermin bagian bawah akan terlihat bayangan objek yang ada di balik penghalang.
 
PEMBELAJARAN 4.
 
Bung Tomo
Sutomo, yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA. Perlawanan itu berakhir dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.Bung Tomo adalah tokoh populer pada peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya. Ia seorang pembakar semangat juang untuk bertempur sampai titik darah penghabisanBeliau mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.Teks Bung Tomo merupakan teks nonfiksi. Teks Non fiksi adalah sebuah tulisan atau karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata. Atau, cerita kehidupan sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dengan kata lain, Non Fiksi adalah karya seni yang bersifat faktual. Hal-hal yang terkandung di dalamnya adalah nyata, benar-benar ada dalam kehidupan kita.Berdasarkan teks di atas tulislah informasi mengenai hari pahlawan. Hari pahlawan jatuh pada tanggal 10 Nopember. Hari pahlawan diperingati untuk mengenang peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya.Tulislah sikap-sikap bung Tomo! Bung Tomo membangkitkan semangat rakyat melawan Belanda.

BACA JUGA :   SD4 - Tema 1- SubTema 1 - Indahnya Kebersamaan

Apakah sikap-sikap bung Tomo mencerminkan nilai-nilai Pancasila? Beliau mepertahankan harga diri tanah air dan bangsa yang telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1045. Tindakan tersebut mencerminkan sila ketiga Pancasila.

Apa yang bisa kamu contoh dari Bung Tomo? Semangat untuk mempertahankan kemerdekaan.

Ceritakan pengalamanmu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila!
Rajin beribadah dan saling menghargai agar teman keluarga dan para masyarakat sekitar tidak merasa di beda-bedakan, lebih toleran terhadap orng yang berbeda agama agar tidak ada perbedaan pada saat bermusyawarah dan agar tidak canggung satu sama lain Meski berbeda keyakinan mereka tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa indonesia

Gigih mempertahankan kemerdekaan. Itulah sikap dari bung Tomo Sikap itu harus kita contoh. Kamu harus gigih dalam belajar. Termasuk mempelajari garis berikut
Macam Sudut

  1. Ambilah kertas, lalu buat seperti di atas!
  2. Berilah nama tiap bagian sama dengan gambar di atas
  3. Gunting sudut sesuai dengan garis. Berapa sudut yang kamu hasilkan?
  4. Tempelkan sudut satu ke sudut lainnya, tulislah pasangan sudut yang sama besar.

Apa hubungan posisi sudut (berhadapan, bertolak belakang) dengan besar sudut? Sudut berhadapan dan bertolak belakang memiliki besar sudut yang sama.

Perhatikan gambar sudut berikut. Tulislah pasangan sudut yang sama besar!
Macam Sudut
Pasangan sudut yang sama besar :

  1. Sudut bertolak belakang : KOL dan MON, KON dan LOM, AOB dan FOP, AOF dan BOP, OPE dan CPD, DPE dan CPO.
  2. Susut sehadap : AOF dan APE, AOB dan, CPO, FOP dan DPE, BOP dan CPD
PEMBALAJARAN 5.
 

Salah satu tokoh yang berjuang untuk kemakmuran rakyatnya adalah Sultan Iskandar Muda. Bagaimana perjuangan Sultan Iskandar?

Sultan Iskandar Muda Sultan Iskandar Muda adalah sultan yang memimpin Kerajaan Aceh. Beliau berani melawan penjajah yang ingin menguasai perdagangan di Nusantara. Sultan Iskandar Muda membangun militer yang kuat sehingga wilayah kekuasaannya makin luas.

Cari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber dan tuliskan dalam bentuk peta pikiran berikut

Sultan Iskandar Muda merupakan sultan yang paling besar dalam masa Kesultanan Aceh, yang berkuasa dari tahun 1607 sampai 1636. Aceh mencapai kejayaannya pada masa kepemimpinan Iskandar Muda, dimana daerah kekuasaannya yang semakin besar dan reputasi internasional sebagai pusat dari perdagangan dan pembelajaran tentang Islam.
Sultan Iskandar Muda
Masa kekuasaan Sultan Iskandar Muda yang dimulai pada tahun 1607 sampai 1636. Kejayaan Aceh pada zaman Sultan Iskandar Muda Meukuta Perkasa Alam, kekuasaan Aceh mencapai pesisir barat Minangkabau. Kekuasaan Aceh pula meliputi hingga Perak.

Ketika Iskandar Muda mulai berkuasa pada tahun 1607, ia segera melakukan ekspedisi angkatan laut yang menyebabkan ia mendapatkan kontrol yang efektif di daerah barat laut Indonesia. Pelayaran penaklukannya dilancarkan sampai jauh ke Penang, di pantai timur Semenanjung Melayu, dan pedagang asing dipaksa untuk tunduk kepadanya. Kerajaannya kaya raya, dan menjadi pusat ilmu pengetahuan.

Sultan Iskandar Muda, manusia yang seluruh hidupnya diserahkan mutlak bagi negara dan kebesaran bangsa yang peduli terhadap kesejahteraan rakyat Aceh. Bagaimana seluruh pelosok Aceh dan rakyat menikmati kesejahteraan yang berkeadilan dan meraih kemerdekan di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sultan Iskandar Muda adalah salah satu pahlawan nasional yang mencurahkan hidupnya demi kemerdekaan rakyatnya. Ayo, Menyanyikan lagu Hari Merdeka!
Hari Merdeka

HARI MERDEKA
Karangan / Ciptaan : H. Mutahar

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Pesan yang tersirat dalam lagu perjuangan ini adalah kewajiban kita semua sebagai anak bangsa Indonesia untuk mencintai tanah air, mempertahankan kedaulatan negara, dan juga mensuyukuri rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada kita dengan kemerdekaan yang telah kita perjuangkan bersama. Tentu saja ini semua membutuhkan tekad yang mesti diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata ─ kita tetap setia, tetap sedia mempertahankan dan membela negara kita.

Setelah kamu berlatih menyanyikan notasi dan lirik lagu Hari Merdeka, sekarang saatnya kamu menampilkan lagu tersebut di depan kelas secara berkelompok. Sebelum kamu tampil, perhatikan arahan dari guru tentang kriteria menyanyikan lagu dengan baik.

Setelah menyanyikan lagu Hari Merdeka, ayo kita pelajari lebih lanjut tentang garis sejajar dan berpotongan. Amati gambar berikut!
Garis Sejajar
Buatlah gambar yang terdapat garis paralel dan garis berpotongan (sedikinya terdiri atas 3 pasang garis paralel dan 3 pasang garis berpotongan pada kertas berpetak.
Garis Sejajar

 
PEMBELAJARAN 5.

Salah satu tokoh yang berjuang untuk kemakmuran rakyatnya adalah Sultan Iskandar Muda. Bagaimana perjuangan Sultan Iskandar?

Sultan Iskandar Muda Sultan Iskandar Muda adalah sultan yang memimpin Kerajaan Aceh. Beliau berani melawan penjajah yang ingin menguasai perdagangan di Nusantara. Sultan Iskandar Muda membangun militer yang kuat sehingga wilayah kekuasaannya makin luas.

Cari informasi lebih lanjut dari berbagai sumber dan tuliskan dalam bentuk peta pikiran berikut

Sultan Iskandar Muda merupakan sultan yang paling besar dalam masa Kesultanan Aceh, yang berkuasa dari tahun 1607 sampai 1636. Aceh mencapai kejayaannya pada masa kepemimpinan Iskandar Muda, dimana daerah kekuasaannya yang semakin besar dan reputasi internasional sebagai pusat dari perdagangan dan pembelajaran tentang Islam.
Sultan Iskandar Muda
Masa kekuasaan Sultan Iskandar Muda yang dimulai pada tahun 1607 sampai 1636. Kejayaan Aceh pada zaman Sultan Iskandar Muda Meukuta Perkasa Alam, kekuasaan Aceh mencapai pesisir barat Minangkabau. Kekuasaan Aceh pula meliputi hingga Perak.

Ketika Iskandar Muda mulai berkuasa pada tahun 1607, ia segera melakukan ekspedisi angkatan laut yang menyebabkan ia mendapatkan kontrol yang efektif di daerah barat laut Indonesia. Pelayaran penaklukannya dilancarkan sampai jauh ke Penang, di pantai timur Semenanjung Melayu, dan pedagang asing dipaksa untuk tunduk kepadanya. Kerajaannya kaya raya, dan menjadi pusat ilmu pengetahuan.

Sultan Iskandar Muda, manusia yang seluruh hidupnya diserahkan mutlak bagi negara dan kebesaran bangsa yang peduli terhadap kesejahteraan rakyat Aceh. Bagaimana seluruh pelosok Aceh dan rakyat menikmati kesejahteraan yang berkeadilan dan meraih kemerdekan di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sultan Iskandar Muda adalah salah satu pahlawan nasional yang mencurahkan hidupnya demi kemerdekaan rakyatnya. Ayo, Menyanyikan lagu Hari Merdeka!
Hari Merdeka

HARI MERDEKA
Karangan / Ciptaan : H. Mutahar

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Pesan yang tersirat dalam lagu perjuangan ini adalah kewajiban kita semua sebagai anak bangsa Indonesia untuk mencintai tanah air, mempertahankan kedaulatan negara, dan juga mensuyukuri rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada kita dengan kemerdekaan yang telah kita perjuangkan bersama. Tentu saja ini semua membutuhkan tekad yang mesti diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata ─ kita tetap setia, tetap sedia mempertahankan dan membela negara kita.

Setelah kamu berlatih menyanyikan notasi dan lirik lagu Hari Merdeka, sekarang saatnya kamu menampilkan lagu tersebut di depan kelas secara berkelompok. Sebelum kamu tampil, perhatikan arahan dari guru tentang kriteria menyanyikan lagu dengan baik.

Setelah menyanyikan lagu Hari Merdeka, ayo kita pelajari lebih lanjut tentang garis sejajar dan berpotongan. Amati gambar berikut!
Garis Sejajar
Buatlah gambar yang terdapat garis paralel dan garis berpotongan (sedikinya terdiri atas 3 pasang garis paralel dan 3 pasang garis berpotongan pada kertas berpetak.
Garis Sejajar

 
 
PEMBELAJARAN 6.
Banyak sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh orang-orang di sekitar kita.
 
 

Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih.

sd4-pahlawan-lingkungan
 
 

 Setiap orang bisa menjadi pahlawan, asalkan dia melakukan hal-hal yang berguna untuk lingkungannya. Apakah sikap yang dimiliki sosok di bawah ini mencerminkan sikap kepahlawanan?

Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih
Berbuat baik tidak harus menunggu kaya. Itulah falsafah hidup seorang pria 65 tahun di Sumedang, Jawa Barat. Dengan ketekunan dan kesederhanaan, sang kakek mampu mengubah lahan yang tandus di kaki Gunung Tampomas menjadi lahan hijau.

Kaki Gunung Tampomas dulunya hanyalah padang tandus yang rusak karena penambangan pasir. Setelah habis ditambang, tempat tersebut ditinggal begitu saja meranggas dan gersang. Tidak ada yang bertanggung jawab. Tidak ada yang dikenai sanksi karena kerusakan ekosistem ini.

Duha Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha yang tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.

Oleh ketekunannya pula, sang kakek rajin ini berhasil menjadi peternak. Namun, Juhaeri bukanlah tipe orang egois. Ketika berhasil, dia membagi kebahagiaan itu ke penduduk sekitar untuk diajak menjadi peternak.

Kini Kakek Juhaeri menuai kebahagiaan dari apa yang ditabur. Hanya dengan upaya sederhana, Juhaeri ternyata mampu mengubah dari tiada menjadi ada. Dari kerusakan menjadi keteduhan. Untuk berbuat baik, perlu usaha yang tiada henti.(JUM)Sumber: Liputan6.com

Kakek Duha Juhaeri mempunyai tanggung jawab sosial yang sangat tinggi. Apa yang dilakukan oleh Kakek Juhaeri adalah sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jelaskan masksud dari pernyataan di atas sehubungan dengan sila kelima Pancasila. Sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai pancasila sila ke-5, antara lain membiasakan hidup sederhana, hemat, guna menciptakan keseimbangan kehidupan

Kamu juga dapat menerapkan sikap yang menunjukkan tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari, khususnya terhadap lingkungan. Berikan contoh!

  1. Melakuakan penghijauan di sekitar rumah
  2. Membuang sampah pada tempatnya
  3. Membantu korban bencana alam

Apa yang akan terjadi jika kita tidak mempunyai tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari? Jika tidak ada tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari maka terjadi kesenjangan sosial.

Membantu orang-orang di sekitar kita yang mengalami kecelakaan adalah merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang sesuai denga sila ke- 5 Pancasila. Kamu telah belajar bagaimana menangani cedera akibat luka, luka memar, dan luka melepuh. Sekarang kamu akan mencoba melakukan simulasi secara berkelompok bagaimana memberi pertolongan kepada orang-orang yang mengalami cedera tersebut.


Cedera Luka
Cedera Luka

  1. Bersihkan bagian yang terluka dengan sabun anti septik
  2. Tekan perlahan bagian luka dengan perban atau kain bersih
  3. Oleskan bagian luka dengan krem antiseptik

Lepuh
Lepuh

  1. Dinginkan bagian yang lepuh dengan air bersih.
  2. Bersihkan dan keringkan bagian yang lepuh.
  3. Balut longgar dengan perban.
  4. Jangan mengompres luka bakar dengan es karena dapat merusak kulit dan memperburuk cedera.
Aku Cinta Membaca.
Cintailah membaca, karena semakin banyak membaca,
semakin banyak tempat yang kamu pahami,
semakin sering membaca, semakin sering kamu berpetualang, semakin beragam bacaanmu,
semakin beragam pula pengalaman yang kamu rasakan.
Apa yang kamu baca akan membuatmu kaya,
karena apa yang kamu baca akan mengisi dirimu dengan ilmu, menambah jiwamu dengan pengetahuan,
dan membuka wawasan cakrawala benakmu, seluas-luasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *