SD Kelas 4 – Tema 2 – Sub. Tema 1 – Energi Alternatif

SD Kelas 4 – Tema 2 – Sub. Tema 1 – Energi Alternatif

 

PEMBELAJARAN 1

Semua yang dapat menimbulkan panas disebut sumber energi panas. Energi panas bermanfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya, untuk mengeringkan pakaian, menyetrika pakaian, dan memasak makanan. Sumber utama panas di bumi berasal dari sinar matahari. Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan, karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia di bumi

Matahari sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas dan cahayanya ke Bumi. Cahaya matahari menerangi Bumi sehingga kita dapat melihat semua mahluk hidup dan benda disiang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan di Bumi. Berikut beberapa peran matahari bagi kehidupan di Bumi:

  1. Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam.
  2. Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan.
  3. Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan.
  4. Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.
  5. Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.
  6. Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses pembuatan garam.
  7. Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
  8. Cahaya matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak.

Begitu banyak peran matahari bagi kehidupan. Tanpa matahari maka tidak akan terjadi kehidupan di Bumi. Untuk membuktikan panas matahari sebagai sumber energi yang penting bagi kelangsungan makhluk hidup dapat dilakukan dengan sebuah percobaan seperti di bawah ini.

A. Alat dan Bahan
Kertas, tissue, kain

B. Langkah Percobaan

  1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
  2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
  3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Tabel Pengamatan

Di Bawah Sinar Matahari 15 menit 30 menit 60 menit
Tisu Masih Basah Mulai Mengering Kering
Kertas Masih Basah Mulai Mengering Kering
Sapu Tangan Masih Basah Mulai Mengering Kering
Di Bawah Pohon 15 menit 30 menit 60 menit
Tisu Masih Basah Masih Basah Mulai Mengering
Kertas Masih Basah Masih Basah Mulai Mengering
Sapu Tangan Masih Basah Masih Basah Masih Basah

Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh? Ada benda yang dijemur di bawah terik matahri lebih cepat mengering daripada benda yang dijemur di bawah pohon.

C. Kesimpulan
Dari tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu.

  1. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
  2. Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
  3. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari.
  4. Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut lebih lama.
  5. Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.

D. Laporan Hasil Percobaan

Nama percobaan: Uji Panas Matahari
Tujuan percobaan: Membuktikan bahwa panas matahari merupakan satu bentuk energi.
Alat-alat yang dibutuhkan: Kertas, tissue, kain
Langkah kerja:
  1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
  2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
  3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!
Kesimpulan “Dari hasil percobaan terbukti bahwa panas matahari mampu mengeringkan benda basah, sehingga panas merupakan salah satu bentuk energi”

Kisah Ali Si Biji Energi
Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi.
Energi Matahari
Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru. Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru. Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.

Energi panas matahari adalah salah satu sumber daya alam yang melimpah. Tumbuhan, seperti jagung juga merupakan sumber daya alam yang harus dibudidayakan. sumber daya alam tersebut diberikan Tuhan untuk umat manusia. Sebagai sumber daya alam, jagung banyak dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengolah dan menjualnya.
Jagung Bakar
1. Apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi?
Apabila permintaan jagung tinggi maka harga jagung akan naik dan stok jagung akan segera/cepat habis sehingga akan terjadi kelangkaan.

2. Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi?
Agar permintaan terpenuhi pemerintah perlu melakukan impor jagung dari Negara lain atau memperluas lahan pertanian jagung yang ada di Indonesia.

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan mempengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang bisa diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang bisa diperbaharui karena terus tersedia. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan teratur dan membatasinya.

Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya. Minyak bumi, emas, besi dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diantaranya gas bumi, minyak serta logam. Sedangkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantanya adalah padi, jagung serta tumbuhan lainnya

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, yaitu: minyak bumi, batu bara, dan bahan tambang lainnya. Sumber daya alam yang bisa diperbarui yaitu: matahari, air, angin, kekayaan laut, hasil pertanian, hewan peternakan, dan hasil perkebunan.

3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.

  • Usaha pertanian merupakan bentuk usaha mengolah tanah dan menanaminya dengan berbagai jenis tanaman. Bentuk usaha pertanian dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni sawah, tegal dan ladang.
  • Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua yakni perkebunan di dataran rendah dan perkebunan di dataran tinggi. Di atas sudah disebutkan contoh hasil perke-bunan. Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar kedua di dunia. Selain itu dalam hal rempah-rempah, sejak dahulu Indonesia terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.
  • Bentuk usaha perikanan dibedakan menjadi dua, yakni perikanan laut dan perikanan darat. Perikanan laut merupakan bentuk usaha menangkap ikan di laut. Hasil perikanan laut antara lain bandeng, tongkol, cumi-cumi, bawal dan udang.
  • Usaha peternakan merupakan usaha memelihara hewan untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual. Usaha peternakan di Indonesia masih banyak yang menggunakan cara-cara tradisional. Berdasarkan hewan yang diternakkan, usaha peternakan dibedakan menjadi tiga, yaitu: Ternak hewan besar Hewan yang termasuk hewan ternak besar antara lain sapi, kuda dan kerbau. Ternak hewan kecil. Hewan yang termasuk hewan ternak kecil antara lain kambing, kelinci dan babi. Ternak hewan unggas Hewan yang termasuk uggas antara lain ayam, itik dan angsa. Hasil dari usaha peternakan antara lain daging, telur dan susu.
  • Kerajian merupakan usaha membuat suatu barang dengan ketrampilan tertentu. Orang yang melakukan usaha kerajinan disebut perajin. Banyak bahan-bahan yang sebelumnya tidak begitu berguna jika berada di tangan yang terampil berubah menjadi barang yang lebih berguna dan menarik.
  • Perindustrian merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Usaha perindustrian ada yang dilakukan dalam skala kecil, sedang dan besar. Industri besar biasanya dilakukan dengan membuat pabrik.
  • Jasa merupakan bentuk usaha ekonomi yang memberikan pelayanan baik tenaga, pikiran maupun keahlian tertentu. Contohnya antara lain tukang becak, sopir, guru, dokter, dan kuli bangunan.
  • Pertambangan merupakan usaha ekonomi yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Usaha pertambangan ada yang dilakukan dengan peralatan sederhana. Contohnya adalah penambang pasir. Namun banyak usaha pertambangan yang harus dilakukan dengan peralatan berat dan canggih. Misalnya pertambangan minyak bumi, batu bara, bijih besi dan emas.

4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apakah ada dampaknya? Apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan sumber daya alam yang digunakan?
Kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat mengakibatkan menipisnya sumber daya alam. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya bangga dengan kekayaan alam yang berlimpah, dan wajib memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan bijak.

 

BACA JUGA :   SD Kelas 4 - Tema 2 - Sub Tema 2 - Selalu Berhemat Energi

PEMBELAJARAN 2.

Lagu merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh guru dalam berinteraksi dengan siswa. Lagu pada siswa Sekolah Dasar umumnya yang mudah diingat dan bisa dipahami oleh siswa dengan singkat. Jika lagu yang diberikan kepada siswa terlalu panjang dan kurang sesuai dengan usia siswa Sekolah Dasar maka penggunaan lagu tersebut dirasa kurang tepat dan sesuai dengan faktor psikologis anak.

Lagu anak-anak adalah lagu yang khusus diciptakan oleh orang dewasa untuk anak-anak dan sesuai dengan karakteristiknya. Karakteristik lagu anak-anak diantaranya “Melodi mudah diingat dan cukup menarik untuk dinyanyikan tanpa syair, lagu tersebut mendorong jawaban ritmis tertentu, syairnya sesuai dengan skema ritmis dan alur melodi, melodi terletak pada ambitus rata-rata” (Sudharsono, 1988:6).

Lagu merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan perkembangan kosakata anak. Lagu karya Ibu Soed yang berjudul Menanam Jagung  merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru dapat meningkatkan kosakata anak. Bukan hanya anak dapat mengenal jagung sebagai menu makan saja, tapi dapat menumbuhkan keinginan anak dalam menanam jagung. Pola pengenalan seperti ini tepat apabila lagu tersebut dikenal kepada siswa tingkat Sekolah Dasar. Melalui pengenalan tematik secara berkelanjutan maka siswa mengalami penguatan karakter dalam dirinya
Menanam Jagung

Berikut adalah urutan tinggi rendah nada
Not Angka
Semakin ke kanan nada akan semakin tinggi. Cobalah bersama gurumu. Pada teks lagu menanam jagung, tandailah
1. Nada tinggi
2. Nada rendah
b. Birama lagu adalah 4/4. Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Satu ketukan akan bernilai ¼
c. Tanda 2 2 menunjukkan bahwa kedua nada dalam satu ketukan. Masing-masing 1/8 ketukan.

Energi Air
Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.

Air juga bisa dimanfaatkan sebagi sumber energy listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.

Amatilah di sekitarmu. Tulislah sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu. Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk:

  1. Keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
  2. Keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  3. Keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  4. Keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
  5. Keperluan pertanian dan peternakan
  6. Keperluan pelayaran dan lain sebagainya

Air sangat penting bagi kita. Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih. Perhatikan gambar berikut
Manfaat Air
Diskusikan dengan temanmu.
1. Mengapa anak tersebut minum? Anak tersebut minum karena haus.

2. Mengapa anak tersebut mandi? Anak tersebut mandi agar tubuhnya bersih.

3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan? Mandi dan minum adalah kebutuhan manusia.

4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih? Ia tidak bisa minum dan mandi.

5. Apakah kita semua harus mendapatkan air bersih? Air merupakan sumber kehidupan yang tak bisa dipisahkan dengan manusia. Oleh karena air merupakan sumber kehidupan maka tentunya kita harus menggunakan air yang bersih dan sehat supaya kita tidak terserang penyakit karena mengkonsumsi air yang tidak sehat..

6. Apa yang dimaksud dengan hak? Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri.

7. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.

  • Hak atas persamaan. Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan.
  • Hak untuk memiliki nama. Setiap anak berhak untuk mempunyai nama dan tercatat dalam dokumen negara.
  • Hak untuk memiliki kewarganegaraan. Setiap anak berhak untuk diakui kewarganegaraannya oleh suatu bangsa secara resmi melalui penerbitan dokumen kewarganegaraan, meliputi akta kelahiran dan kartu tanda penduduk.
  • Hak atas perlindungan. Setiap anak berhak dilindungi baik secara fisik, psikis, spiritual, dan moral.
  • Hak atas makanan. Anak adalah cikal bakal masa depan suatu bangsa. Maka, ia harus terpenuhi kebutuhan utamanya, yang dalam hal ini adalah nutrisi.
  • Hak atas pendidikan. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan yang layak.
  • Hak atas kesehatan. Setiap anak berhak mendapatkan jaminan kesehatan yang memadai. Jaminan kesehatan mencakup imunisasi dasar saat bayi, makanan dengan gizi seimbang, akses ke Pos Layanan Terpadu (Posyandu) setiap bulannya, imunisasi dasar di sekolah, pemeriksaan gigi setiap enam bulan, termasuk juga pelayanan kesehatan reproduksi yang ramah remaja.
  • Hak bermain. Masa kanak-kanak identik dengan masa asyiknya bermain. Bermain bagi anak merupakan bentuk pembelajaran juga. Pastikan anak memiliki waktu bermain setiap harinya.

Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik.
Kewajiban Anak
1. Apa dampak yang dilakukan dari gambar A? Dengan gotong royong pekerjaan menjadi cepat selesai.

2. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A? Pekerjaan akan membutuhkan waktu yang lebih lama

3. Apa dampak yang dilakukan dari gambar B? Dengan menghemat air bersih ketersediaan air bersih teap terjaga.

4. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B? Melakukan pemborosan air menyebabkan persediaan air bersih cepat habis.

5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B? Ya karena dengan gotong royong dan menghemat air bersih kehidupa dapat berjalan lebih baik

6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban? kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan apabila tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi.

7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.

  • Kewajiban  menaati segala peraturan di lingkungan masyarakat masyarakat karena dengan menaati peraturan kita akan jadi lebih disiplin,hidup menjadi tenteram dan teratur
  • Kewajiban menjaga kebersihan karena dengan lingkungan yang bersih kesehatan masyarakat terjaga.
  • Kewajiban menjaga keamanan karena dengan lingkungan yang aman hidup tenteram dan damai
  • Kewajiban  tolong menolong pada setiap warga, dengan tolong menolong terjalin persatuan dan kesatuan
  • Kewajiban membayar pajak, karena dengan membayar pajak pembangunan dapat dilaksanakan.

Perhatikan gambar berikut!
Hak dan Kewajiban

Pertanyaan Gambar 1 Gambar 2
Apakah dia sudah mendapatkan haknya dengan baik? Sudah Sudah
Apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Belum Sudah
Apa yang sebaiknya dia lakukan? Sebaiknya menghemat air bersih Bekerja dengan ikhlas

Air merupakan salah satu energi yang paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita wajib menghemat penggunaannya. Jadi apa perbedaan hak dan kewajiban. Perbedaan kewajiban dan hak adalah kewajiban apabila tidak dilaksanakan akan dikenakan sanksi, sedangkan hak apabila tidak digunakan tidak akan dikenakan sanksi.

Siti ingin mengetahui penggunaan air bersih di rumah setiap minggunya. Berikut adalah data yang siti temukan.

Nama Siswa Penggunaan air bersih di rumah dalam satuan liter setiap minggu
Siti 273
Edo 324
Lani 363
Dayu 262
Udin 291

Hitunglah Jumlah air yang digunakah oleh semua teman-teman siti. Lakukan penaksiran untuk mempercepat menghitungnya. Untuk melakukan penaksiran kamu perlu memahami aturan pembulatan kepuluhan terdekat, ratusan terdekat atau ribuan terdekat

Pembulatan ke puluhan terdekat Pembulatan ke ratusan terdekat
Jika bilangan satuannya adalah (5, 6, 7,
8, dan 9) dibulatkan menjadi 10.
Jika bilangan puluhannya 50 sampai 99
dibulatkan menjadi 100
Jika bilangan satuannya adalah (1, 2, 3,
dan 4) dihilangkan.
Jika bilangan puluhannya kurangdari 50
dihilangkan
Contoh 543 sedikit lebihnya/mendekati
dari 540
Contoh 543 sedikit lebihnya/mendekati
dari 500

Taksirlah penjumlahan berikut ke puluhan terdekat
123 + 267 = ….
Lakukan pembulatan bilangan dahulu.
123 mendekati 120
267 mendekati 270
Hasilnya 120 + 260 = 380
Jadi hasil penaksirannya adalah 380

Nama Siswa Penggunaan air bersih di rumah dalam satuan liter setiap minggu
Siti 273 = mendekati 270
Edo 324 = mendekati 320
Lani 363 = mendekati 360
Dayu 262 = mendekati 260
Udin 291 = mendekati 290

Perhatikan Tabel berikut.

Penaksiran Cara melakukan penaksiran
Puluhan jika bilangan satuan kurang dari 5, maka dibulatkan kebawah
Ratusan jika bilangan puluhan kurang dari 50, maka dibulatkan kebawah
Ribuan jika bilangan ratusan kurang dari 500, maka dibulatkan kebawah
Puluhan ribu jika bilangan ribuan kurang dari 5000, maka dibulatkan kebawah
Ratusan ribu jika bilangan puluhan ribu kurang dari 50.000, maka dibulatkan kebawah
Jutaan jika bilangan ratusananribu kurang dari 500.000, maka dibulatkan kebawah

Isilah tabel berikut.

Bilangan penaksiran Cara melakukan penaksiran Hasil
45 Puluhan dibulatkan ke puluhan terdekat 50
477 Ratusan dibulatkan ke ratusan terdekat 500
4.567 Ribuan dibulatkan ke ribuan terdekat 5.000
23.458 Puluhan ribu dibulatkan ke puluhan ribu terdekat 23.000
236.679 Ratusan ribu dibulatkan ke ratusan terdekat 200.000
2.345.678 Jutaan dibulatkan ke jutaan terdekat 2.000.000

Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.

Nama Siswa Penggunaan air bersih di rumah
dalam satuan liter setiap minggu
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo 273 + 324 = 270 + 320 = 590
Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan Udin 363+262+291=360+260+290=910
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo 262+324 = 260+320=580
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani,
Dayu, dan Udin
273+324+363+262+291=270+320+360+260+290=1.500
Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu 273 – 262 = 270 – 260 =10
Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani 363 -262 = 360 – 260 = 100
Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo 324 – 291 = 320 – 290 = 30

 

BACA JUGA :   SD4 PENGERTIAN BUNYI
Pembelajaran 3.

Energi matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Energi panas yang dihasilkan dapat menghangatkan bumi. Energi cahaya merupakan energi yang dihasilkan atau dipancarkan dari sumber cahaya. Seperti kita ketahui, matahari merupakan sumber dari energi penerangan yang paling besar di dunia.Matahari memancarkan sebagian besar radiasi yang dinamakan elektromagnetik. Sementara manusia sendiri hanya bisa melihat sebagian kecilnya saja dari energi yang satu ini, yakni dikenal dengan nama “cahaya tampak”.

Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk berolah raga. Hari ini kamu dan temanmu akan bermain di luar.

Ayo tangkap Bolanya!
Perlengkapan: 2 Bola besar, 2 kardus besar.

Aturan bermain:
Tangkap Bolanya

  1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.
  2. Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan .
  3. Letakkan kardus besar di depan setiap kelompok (berjarak 5 meter dari barisan paling depan).
  4. Letakkan bola di depan masing-masing barisan
  5. Saat mendengar aba-aba mulai, anggota paling depan harus mengambil bola. Bola dipegang dengan kedua tangan
  6. Anggota harus melompat ke depan lima kali dan memasukkan bola ke dalam kardus.
  7. Anggota pertama mengambil bola dan meletakkan di depan anggota berikutnya.
  8. Anggota kedua melakukan hal yang sama.

Sebelum melakukan permainan lakukan kegiatan pemanasan dengan tahapan:

  1. Peregangan: mempraktikkan gerakan non lokomotor: Memutar pinggang, Menekuk badan, tangan, dan kaki, Memiringkan badan, Membentang tangan dan kaki, Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang
  2. Pemanasan: mempraktikan variasi gerak dasar Lokomotor: Jalan dengan lintasan lurus dan zig-zag, serta Lari dengan lintasan lurus dan zig-zag

Energi matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Energi panas yang dihasilkan dapat menghangatkan bumi. Di rumah kita banyak menggunakan energi listrik. Apakah ada energi pengganti energi listrik?

Selain bermanfaat untuk kebutuhan minuman, jeruk nipis pun dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif. Di hadapanmu sudah terdapat empat iris jeruk nipis, lima potong kabel (atau kawat penghantar listrik) jika kabel tidak tersedia dengan masing- masing panjangnya 10 cm, dan satu bola lampu LED.

Amatilah gambar berikut.
Baterai Jeruk
Ikutilah kegiatan yang ada pada gambar sampai lampu menyala. Diskusikan dengan temanmu bagaimana caranya agar lampu menyala. Apabila percobaanmu belum berhasil, cobalah lagi. Perhatikan gambar dengan cermat. Setelah berhasil, cobalah lagi.

Tulislah hasil percobaanmu kedalam tabel berikut.

Nama percobaan: Percobaan Baterai Jeruk Nipis
Tujuan percobaan: Membuktikan bahwa jeruk nipis sebagai sumber energi alternatif
Alat-alat yang dibutuhkan: Buah jeruk nipis
Kabel
Seng dan Tembaga (uang logam 500)
Lampu LED
Jepitan
Langkah kerja:
  1. Siapkan semua bahan dan alat untuk melakukan percobaan.
  2. Setiap jeruk ditusuk paku seng,yang berfungsi sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga (uang logam 500) yang berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk.
  3. Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil atau kabel langsung di tusukkan kedalam jeruk.
  4. Hubungkan dengan lampu LED.
  5. Amati, apakah lampu menyala atau tidak
Hasil percobaan Setelah dilakukan percobaan ternyata lampu LED dapat menyala. Energi listrik dihasilkan dari air asam jeruk nipis, dimana kutub positif terletak pada pangkal atas jeruk yang di tancapkan. Sedangkan kutub negatif dibagian yang lainya.
Kesimpulan Dari percobaan tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa jeruk nipis dapat mengalirkan arus listrik. Dari hasil percobaan yang saya lakukan buah jeruk nipis dapat menyalakan lampu setelah dihubungkan secara seri.

Kamu sudah melakukan percobaan tentang energi alternatif bersama teman-temanmu. Sekarang tulislah petunjuk bagaimana cara melakukan percobaan yang sudah kamu lakukan.

  1. Siapkan semua bahan dan alat untuk melakukan percobaan.
  2. Setiap jeruk ditusuk paku seng,yang berfungsi sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga (uang logam 500) yang berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk
  3. Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil atau kabel langsung ditusukkan kedalam jeruk.
  4. Hubungkan dengan lampu LED.
  5. Amati, apakah lampu menyala atau tidak

 

PEMBELAJARAN 4.

Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Sumber energi listrik digunakan manusia sehari-hari untuk membantu aktivitasnya. Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Energi listrik bisa membantu kita untuk menyalakan lampu, televisi, radio mensetrika dan lain-lain. Kita semua berhak mendapatkan energi listrik.

Perhatikan gambar di bawah ini,
Energi Listrik
1. Apa yang diceritakan gambar tersebut? Penggunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang mendukung alasanmu! Listrik dapat digunakan untuk menyalakan televisi, lampu, kulkas, dan AC.

3. Tulislah gagasan pokok dari gambar tadi. Pemanfaatan energi listrik.

Amatilah gambar-gambar berikut.
Hemat Energi

No. Gambar A Gambar B
1. Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan. Tidak, saat kita tidur sebaiknya TV dimatikan Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan. Ya karena melalui televisi kita bisa mendapatkan pengetahuan dan hiburan
2. Apa yang terjadi jika TV menyala, tetapi tidak ada yang menonton? Akan terjadi pemborosan energi listrik Apa manfaat kita menonton TV bersama-sama anggota keluarga? Selain mendapatkan hiburan dan pengetahuan menonton tv bersama keluarga juga menambah kedekatan antar anggota keluarga
3. Apa yang perlu kamu lakukan jika akan tidur? Jika kita akan tidur sebaiknya alat elektronik dimatikan Apa yang akan terjadi jika setiap anggota keluarga menonton TV sendiri-sendiri? Akibatnya Tidak adanya kebersamaan dan keharmonisan dalam keluarga, karena semua anggotanya bersikap individual.
4. Apa yang perlu diperbaiki dari sikap pada gambar di atas. Kita harus memanfaatkan energi listrik dengan bijak, jangan boros energi listrik Hal baik apa yang bisa kita contoh dari gambar di atas. Menonton tv dapat menambah pengetahuan, hiburan dan kedekatan antar anggota keluarga

Jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik?
Apabila penggunaannya listrik boros berdampak pada berkurangnya pasokan listrik sehingga terjadi pemadaman bergilir.

2. Apakah ketika kita tidak menghemat energi listrik akan mempengaruhi hak orang lain untuk mendapatkan energi listrik? Jelaskan? Ya dengan kita boros energi listrik maka kita boros akan sumber daya alam. Energi listrik yang kita pakai berhubungan dengan sumber bahan bakar untuk pembangkit listrik. Sumber daya alam tersebut adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga jika kita boros dalam hal energi maka suatu saat kita akan krisis energi dan dampaknya bisa sangat luas.

3. Mengapa kita perlu melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang?
Hak dan kewajiban harus seimbang keduanya sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup masyarakat. Namun, pelaksanaan keduanya harus seimbang agar terwujud keadilan.

4. Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik?

  • Gunakan peralatan rumah tangga dan peralatan kantor hanya yang bersifat hemat energi. Penghematan energi ini bisa dimulai dari penggunaan kulkas dan AC yang ramah lingkungan.
  • Matikan komputer, air, lampu, dan juga televisi jika sudah tidak digunakan, dan gunakan setrika listrik sesuai dengan kebutuhan.
  • Gunakan lampu penerang yang hemat energi namun memiliki cahaya yang cukup terang seperti pada lampu LED. Lampu ini dapat bersinar terang meskipun wattnya kecil, namun dalam penggunaannya sesuaikan juga dengan fungsinya.
  • Tidak membiasakan diri untuk berperilaku boros, sehingga gunakan listrik sesuai dengan kebutuhan, secara bergantian dan tidak berlebihan dalam menggunakannya.

Sekedar mematikan lampu saat tidur. Menyalakan barang elektronik hanya ketika kita butuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Menggunakan listrik dengan bijak adalah ketika kita menghematnya. Hemat energi listrik artinya kita sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.

Bagaimana melakukan penaksiran pada perkalian dan pembagian?
A. Perkalian
Bulatkan salah satu atau kedua bilangan ke kelipatan 5 atau 10. Kenapa 5 atau 10? Karena perkalian tersebut paling mudah dihitung.
Contoh:
37 x 9
Bulatkan 9 menjadi 10, jadi 37 x 10 = 370
6 x 26
Bulatkan 27 menjadi 25. Bulatkan 6 menjadi 5. Jadi 5 x 25 = 125

B. Pembagian
Ketika kamu ingin melakukan pembulatan pembagian, kamu harus sangat hafal perkalian. Mengapa? Karena kamu akan membulatkan ke bilangan bilangan yang habis dibagi. Kamu bisa membulatkan pembagi, bilangan yang dibagi atau dua-duanya.
Contoh
33 : 8
Ingatlah bahwa 32 habis membagi 8
Maka 32 : 8 = 4

6.123.000 : 233
Ingatlah bahwa 6 : 2 = 3
Maka dibulatkan 6.000.000 : 200 = 30.000

Di rumah Siti, terdapat lima ruangan. Setiap ruangan menggunakan lampu berukuran 18 watt. Berapa watt daya yang digunakan seluruh ruangan? Cobalah kamu menghitungnya dengan menggunakan pembulatan terlebih dahulu. Amatilah operasi hitung berikut.

Penaksiran pada perkalian Penaksiran pada pembagian
Perkalian Hasil Penaksiran Pembagian Hasil Penaksiran
24 x 7 24 x 10 = 240 17 : 4 20 : 4 = 5
33 x 9 33 x 10 = 330 21 : 5 20 : 5 = 4
123 x 11 123 x 10 = 1.230 122 : 4 120 : 4 = 30
266 x 8 266 x 10 = 2.660 251 : 5 250 : 5 = 50
24 x 6 20 x 6 = 120 362 : 6 360 : 6 = 60
Bulatkan salah satu atau kedua bilangan ke kelipatan 5 atau 10 agar mudah Bulatkan salah satu atau kedua bilangan ke kelipatan 5 atau 10 agar mudah

Hari ini Siti dan Ayahnya pergi ke toko listrik untuk membeli beberapa perlengkapan listrik yang rusak. Berikut adalah daftar harganya.
Harga Alat
1. Ayah Siti ingin membeli 4 bola lampu berapa taksiran uang yang Siti bayar?
4 x Rp15.000,00 = Rp60.000,00

2. Ayah Siti membawa uang Rp. 100.000. Berapa meter taksiran kabel yang bisa dibeli?
Rp100.000,00 : Rp9.000,00 = 11 meter.
3. Ayah Siti ingin membeli 6 stop kontak dan 7 tempat lampu. Berapa taksiran uang yang harus siti bayar?
Stop kontak = 6 x Rp15.000,00 = Rp90.000,00
Tempat lampu = 7 x Rp11.000,00 = Rp77.000,00
Jumlah + Rp90.000,00 + Rp77.000,00 = Rp167.000,00

4. Ayah Siti membawa uang 50.000. Ia ingin membeli 1 stop kontak dan sisanya ingin ia belikan kabel. Berapa panjang kabel yang ia peroleh
(Rp.50.000,00 – Rp15.000,00) : Rp9.000,00 = Rp35.000, 00 : Rp9.000,00 = 4 meter

 

BACA JUGA :   SD4 2-3 Energi Alternatif - Bagian 1
PEMBELAJARAN 5.

Sebelumnya kamu telah berlatih teknik vokal dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung. Menyenangkan, bukan? Ayo, kita nyanyikan kembali lagu tersebut dengan nada dan tempo yang tepat! Tempo adalah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat suatu lagu dimainkan, maka semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut. Nada adalah bagian terkecil daripada sebuah lagu. Nada (tone) adalah suara yang memiliki getaran dan ketinggian tertentu. Perhatikan lagu menanam jagung di bawah ini.
Menanam Jagung
Jagung adalah salah satu sumber daya alam yang berasal dari bidang pertanian. Indonesia juga kaya dengan sumber daya alam laut. Salah satunya adalah ikan. Tahukah kamu sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan? Amati gambar berikut.
Pengeringan Ikan
Energi yang digunakan dalam pengeringan ikan adalah energi panas. Dasar pengeringan adalah terjadinya penguapan air ke udara karena perbedaan kandungan uap air antara udara dengan bahan yang dikeringkan.

Proses pengeringan didasari oleh terjadinya penguapan air (pengisapan air oleh udara) sebagai akibat perbedaan kandungan air produk dengan udara sekitar. Makin tinggi perbedaan kandungan uap air di udara dengan produk, maka semakin banyak kandungan air yang dikeringkan dapat menguap karena kesanggupan udara untuk menampungnya semakin besar

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia? Sebagian besar wilayah Indonesia adalah kawasan dengan sumber daya alam yang sangat tinggi nilai ekonomisnya.

Salah satu contohnya adalah Banyuwangi. Panjang garis pantai kabupaten yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar 175 kilometer. Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil ikan laut terbesar setelah Bagan Siap-iapi. Dan bahkan, hingga kini masih terus mendominasi hasil perikanan di Indonesia, baik perikanan tangkap maupun industri perikanan lainnya. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini telah berhasil melakukan ekspor hingga ke 18 negara.

Sistem pengalengan sudah cukup maju. Ditambah lagi industri besar di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi terus berkembang. Kabupaten ini sendiri mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap yang konsisten, yaitu sebesar 31.600 ton pada 2011 dan naik cukup besar menjadi 44.570 ton pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2013, produksi ikan tangkap Banyuwangi mencapai 49.539 ton, dengan jenis ikan tangkap terbanyak adalah ikan layang dan lemuru. Dalam bidang perikanan, Bayuwangi menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan, hingga industri rumahan.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Bagaimana kaitan antara letak Banyuwangi dengan sumber daya alam di wilayah tersebut? Jelaskan. Panjang garis pantai kabupaten Banyuwangi yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar 175 kilometer. Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil ikan laut terbesar setelah Bagan Siap-iapi.

Bagaimana kaitan antara sumber daya alam dengan kehidupan masyarakat Banyuwangi? Jelaskan. Kabupaten ini sendiri mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap yang konsisten. Bayuwangi menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan, hingga industri rumahan.

Perhatikan informasi yang diambil dari bacaan tadi.
Pertumbuhan produksi ikan tangkap di Banyuwangi sebesar 31.600 ton pada 2011, 44.570 ton pada tahun 2012, dan 49.539 ton pada 2013.

Taksirlah jumlah produksi ikan selama 3 tahun berdasarkan informasi di atas.
Jumlah produksi = 32.000 + 45.000 + 50.000 = 127.000 ton

Jelaskan bagaimana cara kamu melakukan penaksiran.
31.600 dibulatkan ke atas menjadi 32.000, 44.570 dibulatkan ke atas menjadi 45.000, dan 49.539 dibulatkan ke atas menjadi 50.000.

Perhatikan soal berikut.
Seorang nelayan memperoleh ikan sebanyak 120 kg hari ini. Ikan tersebut dijual sama rata kepada 4 pembeli.

Taksirlah berat ikan yang didapatkan oleh setiap pembeli.
120 : 4 = 30 kg

Jika setiap pembeli membayar Rp 17.000 per kg, taksirlah berapa uang yang harus dibayar masing-masing pembeli.
30 x Rp17.000,00 = 510.000,00

Berapa jumlah total yang diterima penjual?
120 x Rp17.000,00 = 2.040.000,00.

Sebanyak 148 warga desa Muara Baru bekerja sebagai petani, 257 warga bekerja sebagai nelayan, 106 warga bekerja sebagai buruh pabrik, 167 bekerja sebagai pedagang, 325 warga bekerja sebagai ibu rumah tangga, dan sisanya tidak mempunyai pekerjaan. Jika jumlah warga desa Muara Baru adalah 1.100 orang, taksirlah jumlah warga yang tidak mempunyai pekerjaan.
1.100 – (100 +200+100+300+300) = 1.100 – 1.000 = 100.

 

PEMBELAJARAN 6.

Minyak bumi adalah merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.

Minyak bumi adalah merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun. Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah menghimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas.
1. Kita sebagai warga negara mempunyak hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan beberapa contoh. Kita memang memiliki hak tersebut. tapi kita sebagai manusia harus dapat mengolahnya dengan baik. karena jika minyak tersebut digunakan secara berlebihan maka lama kelamaan akan habis.

2. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya?
Ketimpangan akan hak dan kewajiban yang terjadi akan menimbulkan gejolak dalam kehidupan masyarakat. Gejolak tersebut merupakan bentuk ketidakpuasan atas tidak berjalannya hak dan kewajiban secara seimbang. Untuk menghindari adanya gejolak pada masyarakat mengenai ketimpangan akan hak dan kewajiban tersebut diperlukan kesadaran secara mendasar pada individu akan kewajiban yang harus dipenuhi guna mendapatkan hak yang pantas dan sesuai atas pelaksanaan kewajiban tersebut.

3. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya. Ketersediaan sumber daya alam minyak bumi sangat terbatas, kewajiban sebagai warga negara adalah menghemat penggunaan minyak bumi. Kita harus berhemat seperti gas , bensin dan sebagainya

4. Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan, dan apabilah kita melakukan kewajiban kita akan menerima hak.  jadi ketika kita tidak melaksanakan kewajiban dengan baik kita maka tidak dapat menerima hak kita.

5. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak!
Memanfaatkan minyak bumi dengan bijak adalah menggunakan semua poduk hasil turunannya dengan bijak, misalnya:

  • Menghemat penggunaan bbm dengan menggunakan transportasi umum
  • Mengurangi pemakaian kantong plastik karena plastik jg salah satu turunan minyak bumi
  • Menggunakan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti matahari, air, atau angin. Jika belum tersedia di tempat tinggal kita, bisa dimulai dengan hal sederhana seperti menghemat pemakaian listrik dan air.

Minyak Bumi adalah merupakan sumber energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia dapat melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas karena dukungan dari minyak bumi.
Hemat BBM
Amati gambar di atas dan jawab pertanyaan berikut.
1. Apa yang diceritakan gambar di atas?
Minyak bumi (BBM) digunakan untuk berbagai macam kendaraan.

2. Sebutkan gambar-gambar yang mendukung alasanmu?
Bermacam-macam jenis kendaraan membutuhkan BBM, misalnya saja mobil pribadi, bus, truk, dan kendaraan lainnya.

3. Tulislah gambar-gambar lain yang mendukung pendapatmu?

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawaban di atas. Sekarang buatlah gambar yang menceritakan ajakan untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak.
Hemat BBM
Bacalah aturan permainan berikut.
Ayo, Tangkap Bola
Perlengkapan : Bola besar
Lempar Tangkap
Aturan bermain:

  1. Kelas dibagi atas dua kelompok, kelompok A dan B
  2. Setiap kelompok membentuk lingkaran.
  3. Siswa dalam setiap kelompok berdiri di dalam gambar lingkaran yang telah dibuat oleh guru.
  4. Kelompok A dan B bermain secara bersamaan.
  5. Setiap siswa berdiri menggunakan satu kaki (seperti terlihat pada gambar). Kaki kiri dan kanan dapat digunakan secara bergantian.
  6. Setiap kelompok mendapatkan satu bola besar.
  7. Setiap anggota kelompok akan mengoper bola kepada anggota kelompok lain yang berdiri berseberangan (tidak diperkenankan mengoper bola ke anggota kelompok yang berdiri di sebelah kanan atau kiri)
  8. Ketika bola ditangkap seluruh peserta berpindah ke lingkaran di sebelah kiri mereka searah jarum jam.
  9. Apabila bola jatuh ke tanah atau anggota kelompok tidak berdiri dengan satu kaki, maka dianggap sebagai pelanggaran.
  10. Kelompok yang melakukan pelanggaran paling sedikit akan menjadi pemenang.

 

referensi : www.tematiku.blogspot.co.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *