SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 3

    SD3.Tema8.1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 3. Masih ingatkah kamu dengan permainan rotasi dan revolusi pada pertemuan sebelumnya? Amati kembali data yang sudah kamu peroleh dari permainan tersebut. Buatlah laporan berdasarkan data yang kamu kumpulkan bersama kelompokmu. Laporan berisi tentang perbedaan waktu yang diperlukan planet dalam mengelilingi Matahari. Jelaskan pula bagian planet yang akan terkena sinar Matahari saat rotasi. Buat kesimpulan dari pengamatanmu.…

    SD3.Tema8-1-2.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 2

    SD3.Tema8-1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 2. Ketika pergi ke planetarium, Siti dan temanteman berkesempatan melihat benda langit. Mereka melihat benda langit menggunakan teropong. Mereka harus mengantri untuk menggunakan alat-alat tersebut. Siswa yang berada di antrian paling depan akan mendapatkan giliran terlebih dahulu untuk menggunakan teropong bintang. Siti dan teman-teman perempuan lainnya mendapat antrian…

    SD3.Tema8-1-1-Bumi Bagian Dari Alam Semesta

    SD3.Tema8-1.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 1 Pada siang hari kita dapat merasakan sinar matahari yang hangat. Pada malam hari kita bisa mengamati bintang dan bulan di langit. Semua itu adalah benda-benda langit. Bumi tempat kita tinggal juga adalah benda langit. Semua benda langit bergerak dengan teratur. Mari kita pelajari lebih lanjut susunan benda-benda…

    SD3-7.3- Energi Alternative.

    ENERGI ALTERNATIVE; Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Selain karena penduduk dunia semakin banyak juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) Energi panas matahari, energi gerak angin, energi gerak air dan energi gas bumi adalah contoh sumber energi alternatif. Energi-energi tersebut tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas.adalah energi yang jumlah penggunaannya paling…

    SD3-7.2-Perubahan Energi

    PERUBAHAN ENERGI. Energi tidak dapat diciptakan atau dihilangkang oleh manusia. Energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dengan berubah bentuk itulah energi dapat  dimanfaatkan. Bagaimanakah perubahan energi terjadi? Bagaimana manusia memanfaatkan perubahan energi tersebut? Ayo kita mempelajarinya! Energi dapat digunakan saat mengalami perubahan bentuk. Perubahan energi terjadi setiap saat di sekitar kita.…

    SD3-7.1-Sumber Energi

    Sub. Tema 7.1. Sumber Energi. Perhatikan benda-benda pada gambar di atas! Pada gambar kita lihat ada matahari, air, tanah, dan tumbuhan. Tahukah kamu hubungan benda-benda tersebut dengan hidup kita? Ciptaan-ciptaan Tuhan tersebut adalah sumber-sumber energi. Kehidupan bisa berjalan karena adanya energi. Ada beragam sumber energi. Energi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan apa saja yang membutuhkan…

    SD3 – Ramling – Susunan dan Fungsi Bagian Tumbuhan

    MAteri Pengembangan. Susunan dan Fungsi Bagian-bagian Tumbuhan . Bagian tubuh tumbuhan memiliki bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. 1.      Akar Akar mempunyai susunan dari luar ke dalam yaitu kulit luar (epidermis), kulit pertama (korteks), dan silinder pusat. Bagian-bagian akar terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang akar, cabang akar dan pangkal akar. Fungsi akar…

    SD3 – Ramling – Mengamati Bagian dari Tanaman.

    Mengamati Bagian-bagian Tumbuhan. 1. Bagian-bagian Tumbuhan : Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah, Biji. 2. Guna Bagian Tumbuhan : a. Akar : berguna untuk menyerap sari-sari makanan dari dalam tanah. b. Batang : Menompang. c. Daun : Tempat memasak makanan dengan bantuan sinar matahari. Proses memasak makanan pada tumbuhan di sebut Fotosintesis. Fotositesis terjadi pada daun…

    SD3 – Ramling – Penggunaan Lahan Di Desa

    Penggunaan Lahan Di Desa.   1. Lahan di desa dimanfaatkan untuk : sawah, ladang, kebun, perkebunan, sekolah, Pasar, Perumahan, tempat ibadah, dan lain-lain. 2. Sawah adalah tanah yang di tanami dengan cara diairi. 3. Tanaman yang ditanam di sawah : Padi. 4. Tanaman yang di tanam di ladang : misalnya jagung, cabe, ketela. 5. Padi…

    SD3-Ramling- Udara , Lingkungan dan Pencemaran.

      LINGKUNGAN & PENCEMARAN Makhluk hidup tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Lingkungan tempat hidup berpengaruh terhadap kehidupannya. Kita akan mempelajari tentang lingkungan sehat dan tidak sehat. Kamu diharapkan dapat mengenali ciri- ciri lingkungan sehat dan tidak sehat, menceritakan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan, dan menjelaskan pula cara menjaga kesehatan lingkungan. Komposisi Udara : Nitrogen / N2…

    SD3-RAMLING – Manfaat Tumbuhan dan Hewan

    Manfaat Tumbuhan dan Hewan. Hewan merupakan makhluk hidup  yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Hewan  dapat digunakan sebagai bahan pangan (makanan), sandang (pakaian), obat-obatan, perhiasan dan kerajinan, membantu pekerjaan manusia dan percobaan/penelitian. Berikut ini adalah contoh-contohnya. A. Manfaat hewan bagi manusia. 1. Hewan sebagai bahan pangan (makanan), hewan-hewan yang biasa dijadikan bahan makanan terutama…

    SD3-PJOK GERAK LOMOTOR & NON LOKOMOTOR

    PJOK GERAK LOMOTOR & NON LOKOMOTOR. Salah satu ruang lingkup pendidikan jasmani adalah pembentukan gerak, yang meliputi keinginan untuk bergerak, menghayati ruang waktu dan bentuk termasuk perasaan irama, mengenal kemungkinan gerak diri sendiri, memiliki keyakinan gerak dan perasaan sikap (kinestetik) dan memperkaya kemampuan gerak.(Husdarta dan Yudha M. Saputra (2000 : 73). Kemampuan gerak dasar ada…

    SD3-K2.4-Agama Katolik – Iman

    D. Iman. Mari berdoa. Doa Aku Percaya atau Syahadat Para Rasul. Aku percaya akan Al lah, Bapa yang Mahakuasa. pencipta langit dan bumi. Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria; yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus. disalibkan, wafat dan dimakamkan; yang turun ke tempat…

    SD3-K2.2-Agama Katolik-Sakramen Ekaristi

    Mari mendengar cerita : Ada seekor induk Pelikan yang tinggal di sebuah pulau kecil di tengah laut bersama dua anaknya yang masih kecil. Setiap hari, induk pelikan terbang jauh mencari makan dan sore hari dia baru pulang membawa makanan untuk anak-anaknya.  Suatu hari induk Pelikan sudah terbang ke mana-mana, tetapi dia tidak mendapatkan makanan. Dengan sedih dia mendekati sarangnya. Dari…

    SD3-K2.1- Agama Katolik – Sakramen Baptis

      GEREJA. A. Sakramen Baptis. Kisah Yesus dibaptis di sungai Yordan. Pada waktu itu Yesus berusia kira-kira tiga puluh tahun. Yosef sudah meninggal. Yesus tinggal bersama ibu-Nya, di Nasaret. Nasaret terkenal sebagai wilayah yang miskin dan tak berarti. Pada suatu hari Yesus meninggalkan Nasaret dan pergi ke sungai Yordan tempat Yohanes pembaptis berkotbah dan membaptis orang yang bertobat. Ketika…

    SD3-TIK-Pengolah Gambar

    Ikon dan Pengolah Gambar. Ikon adalah lambang kecil dikomputer. setiap ikon memiliki fungsi yang berbeda. Menu Bar,  adalah papan / tempat menu perintah-perintah. Pop Up, Muncul keluar, biasanya untuk menu, klik dan keluar menunya. Menu Pop Up, perintah yang muncul keluar setelah 1 klik dilakukan. Memori, Alat untuk penyimpanan / pengingat sementara. Clipboard,  Papan/tempat untuk…

    SD3-Tema6.1-Temanku Sahabatku

    Judul : Sahabat. Senangnya memiliki sahabat. Kegiatan-kegiatan di sekolah lebih ceria bersama sahabat di sekolah. Sahabat membuat jalan-jalan dan bersepeda bersama lebih menyenangkan. Sahabat membuat bermain lebih mengasyikan. Belajar bersama sahabat membuat kita lebih semangat. Dengan sahabat pena, kita saling mengirim surat. Sahabat akan bersama kita dalam suka dan duka. Sahabat adalah teman terbaik. Apakah kamu memiliki sahabat? Apa saja yang kamu lakukan bersama…

    SD3-Tema5.3-Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku #4

    Dalam rangka melestarikan permainan dan olahraga tradisional, sekolah Siti mengadakan acara Pekan Festival Permainan Tradisional. Sekolah mengundang sekolah-sekolah lain untuk ikut berpartisipasi di dalamnya. Sekolah juga mengundang orangtua murid untuk hadir. Kepada Orang Tua Murid SDK Santa Maria – Blitar Dalam rangka Pekan Permainan Tradisional, kami mengundang Ibu dan Bapak untuk hadir menyaksikan acara tersebut. Acara akan dilaksanakan pada : Hari…

    SD3-Tema5.3-Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku #3

    Pada pembelajaran sebelumnya, kita pernah bermain peran. Kita tampil  emerankan sebuah tokoh dalam cerita. Bermain peran adalah salah satu bentuk seni teater. Pernahkah kamu menonton pertunjukan teater sebelumnya? Indonesia kaya akan jenis teater. Beberapa jenis teater tradisional adalah sebagai berikut: Pertunjukan Wayang : Seni teater ini berasal dari Pulau Jawa dan Bali. Tokoh utamanya berupa wayang-wayang yang dimainkan oleh seorang dalang. Lenong berasal dari Betawi. Pertunjukan ini kadang diiringi alat musik…

    SD3-Tema5.3-Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku #2

    Mari kita bermain Boling Kelapa! Tak kalah seru dengan permainan sepak takraw, di Bali ada permainan yang dikenal dengan nama Pende. Pende adalah olah raga yang mirip dengan olahraga boling. bola digelindingkan untuk meruntuhkan pin-pin. Anak-anak di Bali memainkannya pada sore hari sepulang sekolah atau usai membantu orang tua bekerja di ladang. Bola digantikan dengan kelapa, sedangkan pin-pin diganti dengan bambu sebanyak 12 buah. Siapa…

    SD3-Tema5.3-Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku #1

    Subtema 3: Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku. Semua anak senang bermain. Permainan yang baik adalah permainan yang mengajakmu untuk bergerak dan berpikir. Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku. Permainan tradisional selain mengajakmu untuk bergerak dan berpikir, juga banyak mengajarkan kebersamaan, kerjasama, tenggang rasa dan sikap adil. Permainan tradisional juga menampilkan kebiasan-kebiasaan baik bangsa kita. Selain itu permainan tradisional menunjukkan ciri khas dan kekayaan budaya masing-masing…

    SD3.Tema5.2-Permainan Tradisional di Daerahku #5

    Permainan tradisional dapat dilakukan di tempat terbuka maupun tertutup. Permainan yang dilakukan di tempat terbuka umumnya membutuhkan area yang luas seperti lapangan. Contohnya bermain layang-layang, tarik tambang, dan gobak sodor. Beberapa permainan juga dapat dimainkan di dalam kelas atau rumah. Contohnya congklak, bekel, atau catur. Coba sebutkan permainan lain yang belum disebutkan, baik yang dimainkan di dalam maupun di luar ruangan. Salah satu contoh permainan…

    SD3.Tema5.2-Permainan Tradisional di Daerahku #4

    Bacalah teks berikut! Kelereng Kelereng adalah mainan berbentuk bola kecil yang terkenal di seluruh dunia. Awalnya, kelereng terbuat dari batu atau tanah liat. Sekarang, kebanyakan kelereng terbuat dari kaca. Kelereng dapat dimainkan oleh anakanak maupun orang dewasa di segala waktu. Waktu terbaik, tentunya ketika cuaca cerah. Salah satu cara bermain kelereng yaitu setiap pemain membawa dua buah kelereng, kelereng pertama dikumpulkan dalam satu lingkaran.…

    SD3.Tema5.2-Permainan Tradisional di Daerahku #3 Pencerminan

    Tahukah kamu permainan Goncang Kaleng? Permainan goncang kaleng adalah permainan yang berasal dari provinsi Riau. Permainan ini bercerita tentang seekor kucing yang mencari tikus-tikus yang bersembunyi. Permainan Goncang kaleng hampir serupa dengan permainan petak umpet. Cara memainkannya adalah: Mainkanlah dengan beberapa temanmu. Siapkanlah sebuah kaleng yang memiliki tutup, isi dengan batu kerikil agar bersuara nyaring ketika digoncangkan. Gambar sebuah lingkaran dan letakkan kaleng…

    SD3.Tema5.2-Permainan Tradisional di Daerahku #2

    Sebuah permainan dapat dimainkan sendirian, berpasangan, atau berkelompok. Coba sebutkan permainan tradisional di daerahmu yang dilakukan sendiri, berpasangan, serta berkelompok. Kali ini, kita akan melakukan permainan individu sekaligus mempelajari tiga jenis gerak non lokomotor. Gerak membungkuk, mengayun, dan menekuk. Perhatikanlah gambar di bawah ini. Ingatlah setiap nama hewan dan gerakannya. Setelah ingat seluruh gerakan tersebut, berbarislah di lapangan. Latihlah gerakan sesuai dengan instruksi gurumu!…

    SD3.Tema5.2-Permainan Tradisional di Daerahku

    Subtema 2 – Permainan Tradisional di Daerahku. Tahukah kamu? Indonesia memiliki beragam permainan tradisional yang menarik. Setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ingatkah kamu tentang permainan egrang, ular naga, atau gobak sodor? Permainan itu hanya sebagian dari permainan tradisional yang ada di Indonesia. Selain menyenangkan, bermain permainan tradisional dapat melatih ketangkasan fisik dan kerjasama. Coba pelajari salah satu jenis permainan tradisional didaerahmu. Yuk, Bermain! Permainan Tradisional.…

    SD3-Tema5.1-Penilaian Pelajaran 1

    Indonesia memiliki banyak ragam olahraga tradisional. Pencak silat, sepak takraw dan karapan sapi adalah contoh olahraga tradisional a. Apakah yang dimaksud dengan olahraga tradisional? Jawab : Olahraga asli yang berasal dari Indonesia. b. Menurutmu, apakah olah raga tradisional Indonesia banyak diminati orang? Jawab : Ya , karena permainan tradisional menarik. c. Berikanlah pendapatmu! Pada saat akan bermain, kamu ingin bermain congklak…

    SD3-Tema5.1-Memasyarakatkan Olahraga Tradisional Indonesia

    Memasyarakatkan Olahraga Tradisional Indonesia. Memasyarakatkan olahraga tradisional artinya mengajak masyarakat berolahraga tradisional. Banyak olahraga tradisional yang digemari masyarakat. Bahkan, ada sebagian olahraga tradisional seperti Karapan Sapi, Sepak Takraw, dan Pencak Silat yang dikenal sampai ke luar negeri. Namun, sekarang banyak yang melupakan olahraga tradisional. Banyak orang lebih tertarik melakukan olahraga modern. Olahraga modern lebih banyak dipertandingkan. Olahraga modern dimainkan secara internasional. Olahtraga tradisional perlu dilestarikan. Olahraga…

    SD3-Tema5.1-Permainan Sepak Takraw

    Bacalah teks di bawah ini dengan cermat! Sepak Takraw. Sepak takraw adalah olahraga yang unik. Olahraga tradisional ini berasal dari zaman Kesultanan Malaka Sulawesi. Jumlah pemain dalam sebuah permainan adalah tiga orang untuk masing-masing regu. Bola Sepak Takraw terbuat dari rotan yang dililit sebanyak 9 sampai 11 lilitan. Pemain Sepak Takraw tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Pemain hanya…