BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Part 5



BSE 2013 – SD Kelas 6 Tema 1.3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan. Pembelajaran 5.

Kondisi geografis yang berbeda mendorong negara-negara ASEAN untuk bekerja sama di berbagai bidang.

Negara-negara ASEAN memiliki flora dan fauna langka. Bacalah teks berikut dalam hati.

Bunga Rafflesia hidup di Taman Nasional Bengkulu. Bunga ini mempunyai ukuran diameter bunga hampir mencapai 1 meter. Bunga Rafflesia disebut juga bunga bangkai karena baunya yang sangat kuat.
Saat ini Bunga Bangkai terancam punah karena habitat yang terbatas.
Pembangunan yang dilakukan oleh manusia berakibat buruk terhadap habitat tanaman ini.
Tanaman dan hewan langka banyak diburu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Indonesia dan negara-negara yang tergabung di ASEAN bekerja sama untuk ikut melestarikan flora dan fauna langka.
Negara-negara di Asia Tenggara yang bernaung di bawah ASEAN memiliki kesamaan geografis. Oleh sebab itu, banyak persamaan dari sisi budaya, flora fauna, kegiatan ekonomi, dan politiknya. Kekayaan alam dan budaya negara-negara ASEAN sangat menarik perhatian negara lain.

Kamu sudah memiliki informasi tentang dua negara ASEAN dan mengumpulkan informasi tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politiknya.
Ambillah seluruh informasi yang kamu miliki. Tulislah informasi lengkap dari kedua negara ASEAN tersebut meliputi kehidupan sosial budaya, ekonomi,dan politiknya.

Sudah siapkah patungmu? Lanjutkan mewarnai patungmu.
Setelah selesai, perlihatkan kepada gurumu.

Letakkan meja di depan kelasmu. Kumpulkan patungmu dan patung teman-temanmu. Susunlah patung-patung tersebut di atas meja. Ajak adik kelasmu untuk menikmati keindahan patung-patung tersebut.

Kamu sudah memberi contoh kepada adik kelasmu tentang kreativitas dan ketekunan dalam menghasilkan patung. Berbagilah ilmu dengan adik kelasmu cara membuat patung.

BACA JUGA :   SD6 - IPA - Kondisi yang Mempengaruhi Perubahan pada Benda

Setelah belajar hari ini, renungkanlah hal-hal berikut.
-Apa yang kamu pelajari hari ini?
-Apakah masih ada yang membuat kamu bingung? Jelaskan.

-Perhatikan makanan di rumahmu. Apakah banyak sisa sayuran dan lauk? Bagaimana menurutmu sikap kamu terhadap makanan di rumahmu? Apakah kamu sudah ikut melestarikan hewan dan tumbuhan melalui cara kamu memperlakukan makanan di rumah?
-Sampaikan pendapatmu kepada gurumu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *